Comscore Tracker

Cegah Kebotakan, Lakukan 5 Cara Ini untuk Mempertebal Rambutmu

#IDNTimesMen Jangan tunggu sampai botak ya, Bro!

Rambut rontok memang menjadi masalah yang wajar pada pria. Namun, jika rambutmu rontok secara berlebihan, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kebotakan, Bro! Jika sudah begitu, maka penampilanmu jadi kurang maksimal dan kurang menarik. 

Nah, bagi kamu yang mengalami hal tersebut, gak perlu merasa khawatir. Pasalnya, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kerontokan dan membuat rambutmu jadi lebih tebal. Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini. Let's start it!

1. Cuci rambut dengan lembut dan rutin setiap minggunya

Cegah Kebotakan, Lakukan 5 Cara Ini untuk Mempertebal RambutmuIlustrasi pria yang berambut tebal (Unsplash.com/SHTTEFAN)

Meski mencuci rambut sendiri gak akan menyebabkan kerontokan pada rambut, namun cara kamu membersihkan dan merawat rambut dapat membantu memperkuat dan melindunginya. 

Saat mencuci rambut, pastikan untuk menggunakan sampo yang lembut di kulit kepala dan tidak membuat rambutmu menjadi kering. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kondisioner setelah keramas untuk memberikan lapisan perlindungan pada rambutmu. Sehingga, rambutmu tidak mudah rontok dan menjaga ketebalan rambutmu, Bro!

Gak cuma itu saja, frekuensi mencuci rambut juga menjadi salah satu faktor penentu untuk menjaga ketebalan rambut. Ingat, meskipun kamu mandi setiap hari namun kamu tidak perlu mencucinya setiap hari. Kamu bisa mencuci rambut sebanyak tiga kali dalam seminggu ataupun disesuaikan dengan kebutuhanmu, ya!

2. Keringkan rambut dengan lembut

Cegah Kebotakan, Lakukan 5 Cara Ini untuk Mempertebal RambutmuIlustrasi pria berambut tebal (Unsplash.com/Andres Hernandez)

Fakta mengatakan bahwa rambut manusia tiga kali lebih lemah ketika basah. Oleh karena itulah, menyisir rambut dalam keadaan yang basah dapat merusak dan menyebabkan kebotakan pada rambut. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan handuk yang lembut saat hendak mengeringkan rambut

Kamu lebih disarankan untuk mengeringkan rambut secara alami, yakni ditepuk-tepuk dengan lembut dan tata dengan jari-jarimu untuk memberi lebih banyak tekstur. 

Baca Juga: Ini 9 Prediksi Gaya Rambut Cowok yang Bakal Tren di 2021, Catat!

3. Berhenti merokok

Cegah Kebotakan, Lakukan 5 Cara Ini untuk Mempertebal RambutmuIlustrasi pria yang berambut tebal (Unsplash.com/Jordan Koons)

Selain tidak baik buat kesehatan, kebiasaan merekok juga memiliki dampak negatif terhadap pertumbuhan rambutmu, Bro! Menurut sebuah penelitian oleh Harvard School of Public Health di Amerika, merokok tidak hanya meningkatkan kadar hormon yang dapat memicu kerontokan rambut, tetapi juga menyempitkan pembuluh darah kecil yang memasok kulit kepala. Alhasil, membuat rambutmu mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Jadi, jika kamu ingin memiliki rambut yang tebal, maka cobalah untuk tinggalkan kebiasaan merokok, Bro!

4. Lindungi rambut dari paparan sinar matahari yang berlebihan

Cegah Kebotakan, Lakukan 5 Cara Ini untuk Mempertebal RambutmuIlustrasi pria yang berambut tebal (Unsplash.com/Justin Chen)

Membiarkan rambutmu terkena paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab terjadinya kerontokan para rambutmu, Bro! Sengatan matahari tersebut menyebabkan kulit kepala menghasilkan senyawa yang disebut superoksida, dimana senyawa tersebut dapat menyebabkan folikel rambut beralih dari fase pertumbuhan ke fase pelepasan. Oleh karena itulah, saat sedang beraktivitas di tengah teriknya sinar matahari, ada baiknya untuk melindungi rambutmu dengan topi, ya!

5. Gunakan produk perawatan rambut yang diformulasikan untuk menebalkan rambut

Cegah Kebotakan, Lakukan 5 Cara Ini untuk Mempertebal RambutmuIlustrasi pria berambut lebat (Unsplash.com/NONRESIDENT)

Di masa sekarang ada banyak sekali produk perawatan rambut yang diformulasikan untuk membantu menebalkan rambut. Meski sering dianggap tidak maksimal, namun penggunaanya secara teratur dapat meningkatkan ketebalan rambut hingga 20 persen, lho!

Salah satu kandungan yang sering digunakan dalam berbagai produk penebal rambut adalah lidah buaya. Beberapa produk komersial yang mengandung lidah buaya sebagai bahan aktif sudah banyak tersedia di pasaran. Produk ini sering kali berbentuk gel dan krim yang dioleskan langsung ke kulit kepala dan rambut.

Jika kamu masih kesulitan menemukan produk perawatan rambut yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasarnya, maka kamu bisa mencoba mengoleskan gel lidah buaya murni ke kulit kepala dan membiarkannya selama 30 menit sebelum dibilas. Beberapa orang mencampurkan lidah buaya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Kamu bisa menggunakan perawatan ini sekali atau dua kali seminggu.

Nah, itulah tadi kelima cara efektif untuk mempertebal rambutmu. Pastikan untuk melakukan kelima cara di atas secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Let's try, Bro!

Baca Juga: Catat Bro, Ini 9 Model Rambut ala Cowok Korea untuk Wajah Bulat 

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya