Comscore Tracker

5 Kesalahan Skincare Pria yang Menyebabkan Komedo, Sering Disepelekan!

Bukan makin glowing, kulitmu bakal tambah masalah baru

Siapa nih yang sudah mulai rajin melakukan rutinitas skincare? Pastinya, setiap orang yang melakukan rutinitas skincare memiliki tujuan utama untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit.

Namun, dalam pelaksanaannya, kerap kali para pria melakukan kesalahan yang tidak disadari bisa menyebabkan masalah baru pada kulit wajah, seperti munculnya komedo. Meski ukurannya kecil, namun kehadiran komedo pada wajah membuat penampilan jadi kurang maksimal. Pada umumnya, munculnya komedo pada kulit wajah pria disebabkan oleh sekresi minyak berlebih yang menyumbat pori-pori wajah. 

Nah, gak mau kan rutinitas skincare yang kamu lakukan jadi sia-sia? Makanya, coba simak lima kesalahan pemakaian skincare pria di bawah ini yang bisa menyebabkan munculnya komedo. Baca baik-baik, ya!

1. Intensitas mencuci muka yang kurang atau berlebihan

5 Kesalahan Skincare Pria yang Menyebabkan Komedo, Sering Disepelekan!Ilustrasi pria yang sedang mencuci muka (Unsplash.com/Lumin)

Setelah mengetahui bahwa sekresi minyak menjadi salah satu penyebab utama munculnya komedo, jangan langsung memutuskan untuk menambah intesitas mencuci mukamu. Pasalnya, semakin sering kamu mencuci muka, hal ini akan menghasilkan sekresi minyak yang berlebihan juga.

Pastikan kalau kamu mencuci muka tidak kurang ataupun lebih dari dua kali dalam sehari. Lebih atau kurang dari itu akan menyebabkan lebih banyak penyumbatan dan sebum yang bisa memicu munculnya komedo, Bro!

2. Tidak menggunakan produk skincare yang mengandung clay

5 Kesalahan Skincare Pria yang Menyebabkan Komedo, Sering Disepelekan!Ilustrasi pria yang sedang memakai masker dengan kandungan clay (Unsplash.com/Isabell Winter)

Bagi kamu yang sedang berjuang melawan komedo, menggunakan produk skincare dengan bahan dasar clay memang menjadi suatu keharusan. Pasalnya, kandungan clay ini akan membantu membersihkan kulit dan pori-porimu dari minyak berlebih dengan cara yang sangat lembut.

Pada umumnya, kandungan clay bisa kamu temukan pada produk masker wajah. Bahkan, kini sudah ada beberapa produk face wash yang diperkaya oleh kandungan clay, lho!

3. Self-extracting komedo

5 Kesalahan Skincare Pria yang Menyebabkan Komedo, Sering Disepelekan!Ilustrasi pria yang sedang melakukan ekstraksi komedo (Unsplash.com/No Revisions)

Siapa nih yang suka mengekstraksi komedo sendiri di rumah? Bukan malah membersihkan komedo, kegiatan ekstraksi komedo malah akan menambah masalah baru pada kulit, lho! Sebab, jika tidak dilakukan dengan benar dan berhati-hati, tindakan ini justru dapat dapat menyebabkan pigmentasi, jerawat, bahkan infeksi kulit.

Daripada melakukan ekstraksi komedo, lebih baik manfaatkan produk eksfoliasi untuk membantu mengangkat komedomu. Meskipun hasilnya tidak langsung terlihat secara instan, namun cara ini jauh lebih aman untuk kesehatan kulit dalam jangka panjang.

Baca Juga: 5 Skincare yang Jadi Favorit Pria di Sepanjang Tahun 2021, Sudah Coba?

4. Menggunakan oil-based skincare

5 Kesalahan Skincare Pria yang Menyebabkan Komedo, Sering Disepelekan!Ilustrasi pria yang sedang memakai oil-based skincare (Unsplash.com/Lumin)

Memperhatikan kandungan dari sebuah produk skincare sering menjadi hal yang diabaikan oleh banyak pria. Gak cuma memperhatikan khasiatnya, kamu juga harus memastikan kalau produk tersebut tidak mengandung minyak sebagai formula utama.

Apalagi bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, coba periksa bahan-bahannya dan perhatikan apakah produk skincare tersebut mengandung minyak sebagai fotmula utama, seperti minyak almond, gliserin, dan sejenisnya. Pasalnya, penggunaan skincare oil-based dapat memicu penyumbatan pada pori-pori yang akan menyebabkan komedo dan jerawat.

Solusinya, kamu bisa memilih produk water-based skincare yang jauh lebih ringan dari segi teksturnya. Berkat formulanya yang ringan, water-based skincare ini akan lebih mudah meresap ke lapisan-lapisan kulit untuk membawa kandungan yang dibutuhkan kulit.

5. Tidak melakukan proses exfoliating

5 Kesalahan Skincare Pria yang Menyebabkan Komedo, Sering Disepelekan!Ilustrasi pria yang sedang melakukan eksfoliasi (Unsplash.com/Safia Shakil)

Seperti apa yang telah disinggung pada poin tiga, proses eksfoliasi menjadi salah satu dari beberapa step skincare yang gak boleh dilewatkan untuk mengatasi masalah komedo. Melalui proses eksfoliasi, kamu akan dibantu untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk. FYI, sel-sel kulit mati inilah yang menjadi salah satu penyebab utama di balik pori-pori tersumbat dan komedo. 

Gunakan scrub wajah setidaknya dua kali dalam seminggu. Namun perlu diingat, untuk tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan, ya!

Nah, setelah membaca ulasan di atas, yuk coba evaluasi penggunaan rangkaian skincare kamu. Jangan lagi sepelekan lima hal di atas, ya!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Skincare Cowok yang Cocok Dipakai Saat Cuaca Panas

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

🤙

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya