Comscore Tracker

Catat Bro! 5 Tips Merawat Rambut Ketiak agar Tetap Rapi dan Bersih 

Jangan tunggu sampai orang ilfeel, ya!

Banyak orang berkata, jika ketiak merupakan salah satu aset yang dimiliki pria. Karena itulah kamu harus sadar jika menjaga kebersihan dan merawat ketiak itu sangat penting. Alasannya, ketiak yang tidak terawat bisa menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah bau badan.

Nah, gak mau kan, orang-orang akan menjauh darimu, karena merasa ilfeel dengan bau ketiakmu? Oleh karena itulah, kamu gak boleh cuek dan malas untuk merawat serta menjaga kebersihan ketiakmu. Salah satunya adalah menjaga kebersihan dan merawat rambut ketiak.

Berikut ini telah dirangkum mengenai 5 tips merawat rambut ketiak agar tetap rapi dan bersih. Check this out!

1. Bersihkan setiap hari dan lakukan eksfoliasi

Catat Bro! 5 Tips Merawat Rambut Ketiak agar Tetap Rapi dan Bersih timesofindia.com

Membersihkan ketiak setiap hari memang sudah menjadi hal yang tak boleh kamu lewatkan. Saat membersihkannya, fokuskan pada bagian rambut. Alasannya, bakteri penyebab bau badan biasanya akan bersarang di sana. Gunakan pembersih yang lembut dan bernutrisi, sehingga petumbuhan bakteri penyebab bau badan dapat dicegah.

Selain dibersihkan secara rutin, kamu juga perlu melakukan eksfoliasi atau scrub. Lakukan proses ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Pilih produk exfoliant yang lembut dan berbahan natural. Selain membantu mencegah ketiakmu hitam, proses eksfoliasi juga bisa mempermudah pencukuran rambut pada ketiak.

Terjadinya pengelupasan sel-sel kulit mati pada ketiak secara rutin juga dapat membantu merangsang pergantian sel, menghilangkan sel-sel kulit mati, dan membuka pori-pori. Alhasil, rambut-rambut yang tumbuh pada ketiak akan terbentuk secara rapi dan terawat.

2. Perhatikan kondisi pisau cukur sebelum mencukur 

Catat Bro! 5 Tips Merawat Rambut Ketiak agar Tetap Rapi dan Bersih www.menshealth.com

Pada umumnya pria sangat cuek terhadap kondisi pisau cukur yang digunakan untuk mencukur rambut ketiak. Bro, sangat penting untuk memperhatikan kebersihan dan ketajaman pisau cukurmu. Pisau cukur yang bersih dan tajam akan memberikan hasil cukuran yang sempurna dan rapi. Tak hanya itu, pisau cukur yang bersih juga mencegah terjadinya iritasi pada permukaan kulit ketiakmu.

Perhatikan juga masa pakai penggunaan pisau cukurmu, ya! Jangan pernah menggunakan pisau cukur secara berulang-ulang hingga lebih dari lima kali. Ingat itu ya, Bro!

Baca Juga: 6 Cara Mudah Merawat Rambut Curly Supaya Terlihat Menarik & Sehat

3. Gunakan krim cukur, untuk hasil pencukuran yang rapi 

Catat Bro! 5 Tips Merawat Rambut Ketiak agar Tetap Rapi dan Bersih Ilustrasi Alat Pencukur Rambut (IDN Times/Mardya Shakti)

Kulit ketiak yang sensitif, membuat kamu harus hati-hati saat mencukur rambut ketiak. Penggunaan krim cukur, bisa membantumu untuk memudahkanmu ketika mencukur. Selain itu, krim cukur juga bisa mencegah iritasi pada kulit ketiak.

Penggunaan krim cukur akan memberikan hasil pencukuran yang rapi dan dapat membuat rambut ketiakmu tertata dengan baik. Lebih disarankan untuk menggunakan produk krim cukur yang terbuat dari bahan-bahan alami.

4. Jangan cukur rambut ketiak jika masih tipis

Catat Bro! 5 Tips Merawat Rambut Ketiak agar Tetap Rapi dan Bersih gayety.co

Siapa nih yang suka mencukur rambut ketiak meski masih tipis? Kamu harus ingat jika kulit ketiakmu sangat sensitif. Sehingga, mencukur rambut ketiak yang masih tipis, bisa memicu terjadinya iritasi. Selain itu, juga dapat menyebabkan perkembangan dan proses pertumbuhan rambut ketiakmu akan terganggu.

Sebaiknya, biarkan rambut ketiakmu tumbuh agak lebat. Jika telah lebat, kamu bisa mencukur rambut ketiakmu. Setiap orang memiliki kecepatan pertumbuhan rambut yang berbeda-beda. Oleh karena itu, waktu pencukuran rambut ketiak yang tepat tidak ada patokannya. Hal itu tergantung terhadap cepat atau lambatnya pertumbuhan rambut pada ketiakmu, Bro!

5. Lakukan proses after shaving

Catat Bro! 5 Tips Merawat Rambut Ketiak agar Tetap Rapi dan Bersih doctorshealthpress.com

Proses after shaving sangat penting untuk kamu lakukan, karena akan membantu tumbuhnya rambut ketiak yang rapi. Bilas dan tepuk-tepuk bagian ketiakmu dengan lembut menggunakan handuk bersih. Oleskan pelembap atau minyak yang bebas dari kandungan alkohol. Hal ini berfungsi untuk membantu menjaga kulit ketiak agar tetap terhidrasi dan mengurangi kemungkinan timbulnya luka bakar, serta benjolan akibat pisau cukur.

Nah, itu dia 5 tips merawat rambut ketiak agar tetap rapi dan bersih. Yuk, mulai pahami hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan saat merawat rambut ketiak. Perhatikan juga hal-hal apa saja yag harus kamu hindari. Semoga dapat bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mudah Merawat Rambut Gondrong Biar Tetap Kece dan Rapi

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya