Comscore Tracker

Gak Perlu Ribet! Inilah 5 Tips Mudah Mengatasi Kapalan di Kaki

Kapalan auto minggat, Bro!

Kapalan (callus) adalah bagian kulit yang menebal atau mengeras sebagai bentuk perlindungan kulit terhadap tekanan dan gesekan berlebihan. Bagian kulit yang mengalami kapalan biasanya akan berwarna kekuningan dan menjadi kurang sensitif. Pada umumnya, kapalan akan muncul di bagian kaki yang nantinya akan sangat menganggu kenyamanan ketika beraktivitas. 

Nah, agar kapalan di kaki tidak menggangu aktivitas, kamu perlu simak cara yang tepat untuk mengatasinya. Berikut telah dirangkum, mengenai 5 cara mudah untuk mengatasi kapalan di kaki. Keep reading!

1. Rendam kaki dalam air hangat sambil menghaluskannya menggunakan batu pualam

Gak Perlu Ribet! Inilah 5 Tips Mudah Mengatasi Kapalan di KakiUnsplash.com/Rune Enstad

Jika selama ini kamu berpikir, kalau mengatasi kapalan adalah suatu perkara yang sulit buat dilakukan, maka hal tersebut salah besar. Kamu hanya membutuhkan rendaman air hangat dan beberapa batu apung yang dimasukkan ke dalam air. Cara ini sangat efektif untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat permukaan kulit yang terkena kapalan menjadi halus.

Rendam kakimu selama 5 hingga 10 menit, kemudian haluskan permukaan kaki yang kapalan dengan bantuan batu pualam. Gosoklah secara melingkar atau menyamping untuk mengangkat sel kulit mati. Saat melakukan proses ini berhati-hati lah agar tidak melepaskan terlalu banyak kulit. Karena hal tersebut bisa menyebabkan pendarahan dan infeksi.

2. Oleskan krim pelembap setiap harinya

Gak Perlu Ribet! Inilah 5 Tips Mudah Mengatasi Kapalan di KakiUnsplash.com/Jan Romero

Menjaga kelembapan area kulit yang terkena kapalan merupakan hal penting yang wajib kamu lakukan. Pengaplikasian krim pelembap ataupun lotion setiap hari memang sangat membantumu dalam proses penyembuhan kapalan. Coba lah cari pelembap yang mengandung asam salisilat, amonium laktat, atau urea. P

asalnya, bahan-bahan tersebut akan membantu kamu untuk menaklukkan kapalan secara bertahap. Ingat, Bro! Kalau kamu ingin cara ini memberikan hasil maksimal, kamu harus melakukannya secara konsisten, ya!

Baca Juga: Tangan Tetap Lembut, 5 Tips Atasi Kapalan Saat Kendarai Sepeda Motor!

3. Gunakan bantalan saat menggunakan sepatu

Gak Perlu Ribet! Inilah 5 Tips Mudah Mengatasi Kapalan di Kakicorrecttoes.com

Hal ini sangat perlu kamu lakukan untuk melindungi kapalan dari iritasi yang lebih parah saat kamu menjalani aktivitas. Dengan adanya bantalan, maka hal tersebut dapat membantu mengurangi gesekan atau tekanan, serta membuat area yang kapalan itu sembuh secara alami.

Kamu bisa membeli bantalan extension yang lembut dan nyaman di toko-toko sepatu maupun toko online. Jika sudah membelinya, letakkan bantalan tersebut pada bagian tumit yang kapalan. Sehingga tumitmu yang kapalan tersebut tidak akan bersentuhan secara langsung dengan sepatumu. 

4. Kenakan sepatu dengan ukuran yang sesuai

Gak Perlu Ribet! Inilah 5 Tips Mudah Mengatasi Kapalan di KakiUnsplash.com/Anika Huizinga

Asal kamu tahu Bro, kalau penyebab utama dari munculnya kapalan adalah ukuran dan bentuk sepatu yang tidak pas untuk kakimu. Nah, karena itulah, sangat penting untuk memastikan bahwa kamu telah memakai sepatu yang ukurannya pas, maupun memiliki bentuk yang sesuai dengan kakimu. Jika kamu mengenakan sepatu yang ukuran dan bentuknya tak sesuai dengan kaki, maka hal ini bisa membuat kondisi kapalan menjadi lebih parah.

Saat membeli sepatu, pastikan sepatu tersebut sesuai dengan ukuran kakimu dan terasa nyaman saat dipakai, tanpa membuat kaki terasa sakit. Kesalahan yang sering dilakukan adalah membeli sepatu yang ukurannya tidak sesuai. Hal ini terjadi ketika membeli sepatu melalui online shop. Terkadang sepatu yang dibeli di online shop tidak sesuai dengan ukuran dan bentuk kakimu yang sebenarnya. So, you have to be wiser!

5. Lakukan proses eksfoliasi dengan bantuan pasta baking soda

Gak Perlu Ribet! Inilah 5 Tips Mudah Mengatasi Kapalan di KakiUnsplash.com/imani_bht

Proses eksfoliasi ataupun pengangkatan sel-sel kulit mati juga bisa membantu untuk mengatasi kapalan di kakimu. Baking soda adalah salah satu bahan alami yang boleh kamu manfaatkan untuk membantu proses eksfoliasi dan memberikan hasil yang maksimal. 

Pertama-tama, campurkan dua sendok makan air dengan baking soda secukupnya. Aduk lah kedua campuran itu, hingga membentuk pasta. Lalu, tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis. Setelah itu, kamu bisa langsung mengoleskan pasta tersebut ke area kaki yang kapalan. Kemudian, tutupi dengan kaus kaki, sarung tangan, ataupun perban kasa.

Lakukan cara ini setiap malam, tepatnya sebelum tidur sampai kapalan hilang.

Nah, itulah tadi kelima cara mudah untuk memabantumu mengatasi kapalan di kaki. Konsistensi adalah kunci dari keberhasilan kelima cara di atas. So, jangan pernah bermalas-malasan untuk melakukannya, Bro!

Baca Juga: Sering Diabaikan, 5 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebab Kulit Kapalan

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya