Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Mencukur Bulu Kemaluan Itu Penting, Cek Langsung!

Jangan biarkan bulu kemaluan tumbuh terlalu panjang

Tumbuhnya bulu atau rambut kemaluan adalah hal yang wajar. Pasalnya hal ini hampir dialami oleh semua orang yang tengah masuk dalam fase puberitas. Namun, adakalanya rambut kemaluan yang terlalu lebat membuat sebagian orang merasa tidak nyaman.

Akhirnya, beberapa orang memutuskan untuk mencukur rambut kemaluannya agar lebih nyaman dan memperoleh beberapa manfaat positif lainnya. Padahal rambut kemaluan juga bermanfaat untuk untuk mengurangi gesekan dan memberikan perlindungan dari bakteri maupun patogen.

Jika kamu memutuskan mencukur bulu atau rambut kemaluan, pahami dulu 5 alasan penting di bawah ini. Yuk, scroll ke bawah!

1. Menghilangkan bau tidak sedap

5 Alasan Kenapa Mencukur Bulu Kemaluan Itu Penting, Cek Langsung!ilustrasi orang membau (unsplash.com/Taufiqu)

Area kemaluan adalah organ intim yang lokasinya tertutup olah pakaian dalam dan celana. Hasilnya, area ini mudah sekali berkeringat apalagi saat kamu banyak beraktivitas.

Keringat yang bercampur kotoran ditambah bulu kemaluan yang terlalu lebat akan mudah mengeluarkan bau tidak sedap. Maka dari itu, kamu perlu mencukurnya secara berkala paling tidak 30-45 hari sekali.

2. Terhindar dari beragam penyakit

5 Alasan Kenapa Mencukur Bulu Kemaluan Itu Penting, Cek Langsung!ilustrasi orang disuntik (unsplash.com/CDC)

Rambut yang terlalu lama dibiarkan lebat dan panjang akan berisiko membuat jamur dan bakteri tumbuh subur dan bisa menyebabkan penyakit. Pasalnya, area kemaluan yang dipenuhi rambut yang terlalu lebat akan membuatnya lembap, apalagi setelah buang air kecil.

Dengan kamu rutin memotong atau mencukur rambut kemaluan hal itu bisa dihindari, dan kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit kulit di bagian kelamin. Maka jangan malas mencukur rambut kemaluan, ya!

3. Terhindar dari kutu

5 Alasan Kenapa Mencukur Bulu Kemaluan Itu Penting, Cek Langsung!ilustrasi pria (gillette.co.uk)

Bulu kemaluan yang lebat menjadi tempat yang nyaman bagi banyak kutu untuk tinggal. Maka dari itu, agar hal tersebut tidak terjadi cukurlah bulu kemaluanmu ketika dirasa terlalu lebat.

Karena, apabila sudah terlanjut terkena kutu akan membuatmu tidak nyaman karena terasa sangat gatal. Sehingga membuatmu harus sering menggaruk-garuk area kemaluanmu.

Baca Juga: 7 Penyebab Bulu Kemaluan Gatal dan Cara Mengatasinya

4. Lebih mudah untuk membersihkan

5 Alasan Kenapa Mencukur Bulu Kemaluan Itu Penting, Cek Langsung!ilustrasi orang mandi (unsplash.com/JohnFornander)

Dengan bulu kemaluan yang pendek akan memudahkanmu untuk membersihkannya ketika mandi. Hal tersebut tentu akan membuat bakteri atau kuman tidak bisa lama-lama berada di area kemaluan.

Karena apabila dibiarkan tumbuh tebal, rambut kemaluan bisa menjadi penghalang, sehingga air yang dibasuh tidak bisa sampai ke organ tersebut. Walhasil banyak penyakit yang bisa saja kamu alami.

5. Bermanfaat untuk menambah keintiman hubungan suami istri

5 Alasan Kenapa Mencukur Bulu Kemaluan Itu Penting, Cek Langsung!ilustrasi hubungan suami istri (insplash.com/WomanizerToys)

Terakhir, hal penting yang membuat mencukur bulu kemaluan itu penting dilakukan adalah punya manfaat positif ketika kamu melakukan hubungan suami istri. Selain itu setelah rambut kemaluan dicukur akan membuat sensitivitas kemaluanmu akan bertambah.

Hal ini tentu akan membuat hubungan suami istri akan semakin nyaman, intim dan bergairah. Selain itu, juga menghindarkan pasanganmu dari penyakit, jamur, atau juga bakteri.

Nah, itulah 5 alasan yang membuat mencukur rambut kemaluan penting untuk dilakukan. Kamu bisa mencukur menggunakan alat cukur rambut modern atau gunting yang steril agar tidak terkena infeksi. Ada yang masih malas mencukur bulu kemaluan?

Baca Juga: 5 Cara Merapikan Bulu Hidung biar Gak Ganggu Penampilan, Simak!  

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya