Comscore Tracker

5 Model Potongan Rambut Pria Sesuai dengan Bentuk Wajah, Cobain Bro!

Baca ini sebelum cukur rambut

Terkadang bagi seorang pria dihadapkan dengan kebingungan dalam memlih model potongan rambut yang sesuai atau cocok dengan bentuk wajahnya. Di dalam hati ingin mengikuti tren potongan terkini namun secara bentuk wajah padahal tidak sesuai.

Potongan rambut yang tidak mempertimbangkan bentuk wajah akan membuat tampilan kalian kurang maksimal. Karena tiap bentuk wajah ada gaya potongan tersendiri agar ketika selesai cukur tampilan kalian bisa lebih fresh dan ganteng maksimal.

Nah, agar tidak salah pilih model potongan rambut, berikut adalah lima model potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah yang bisa kalian coba.

1. Under cut

5 Model Potongan Rambut Pria Sesuai dengan Bentuk Wajah, Cobain Bro!ilustrasi potongan rambut (unsplash.com/Allyson Carter)

Potongan under cut seperti namanya yaitu menitikberatkan pemotongan rambut pada sisi bawah rambut pada bagian kanan, kiri, dan belakang kepala. Dan, pada bagian atas kepala tidak terlalu banyak dicukur.

Meskipun model lama, under cut masih cocok kalian gunakan pada saat ini karena memberikan kesan rapi dan elegan sehingga cocok dipakai untuk acara formal dan resmi. Potongan model ini cocok dipakai untuk model wajah bulat, kotak atau oval.

2. Bowl cut

5 Model Potongan Rambut Pria Sesuai dengan Bentuk Wajah, Cobain Bro!ilustrasi potongan rambut (unsplash.com/Sergey Vinogradov)

Seperti halnya namanya, bowl, potongan ini memiliki bentuk layaknya mangkuk. Potongan ini cocok untuk pria dengan bentuk wajah bulat, segitiga, dan oval.

Potongan ini pada awalnya dinilai sebagai potongan jadul atau kuno, namun seiring dengan munculnya KPop model rambut ini justru menjadi kegemaran terutama untuk pria Asia. Karakteristik potongan ini adalah pada bagian samping dipotong sangat tipis dan pada bagian atas masih cukup panjang dengan model melingkar.

3. Short and spiky

5 Model Potongan Rambut Pria Sesuai dengan Bentuk Wajah, Cobain Bro!ilustrasi potongan rambut (unsplash.com/Štefan Štefančík)

Buat kalian yang berwajah kotak, lonjong, segitiga, atau oval, model potongan ini bisa kalian terapkan pada rambut kesayangan kalian. Potongan ini tenar pada tahun 1990-an hingga awal 2000-an. Pada saat itu banyak artis dunia dan pesepakbola seperti David Beckham memakai cukuran model ini.

Karakteristik potongan rambut ini adalah dibuat berantakan dan merucing berdiri pada bagian atasnya. Kemudian di bagian samping kanan, kiri dan belakang dibuat agak tipis. Cocok buat kalian yang tidak ingin terlalu rapi tapi ingin tampil cool.

Baca Juga: 5 Tips Perawatan Rambut Untuk Pria dengan Rambut Kering, Ampuh!

4. Buzz cut

5 Model Potongan Rambut Pria Sesuai dengan Bentuk Wajah, Cobain Bro!ilustrasi potongan rambut (unsplash.com/Aiman Zenn)

Buzz cut merupakan salah satu potongan yang menjadi favorit pria-pria yang tidak ingin ribet dengan bersisir atau penataan rambut. Karena model potongan ini hampir mendekati gundul, hanya saja pada bagian atas masih ada rambut yang berukuran 0,5-1cm.

Potongan ini cocok untuk pria dengan bentuk wajah oval. Namun, apabila rambut kalian berketombe potongan ini sangat tidak dianjurkan karena bisa menampak ketombe dengan begitu jelas.

5. Top knot

5 Model Potongan Rambut Pria Sesuai dengan Bentuk Wajah, Cobain Bro!ilustrasi potongan rambut (unsplash.com/ Taylor)

Top knot menjadi model rambut yang sangat digemaro pria penyuka rambut gondrong. Model ini memberikan kesan garang, cool, dan santai bagi pria pengguna model top knot.

Potongan ini cocok untuk pria dengan model wajah oval dan kotak. Karakteristik potongan ini adalah pada bagian samping kanan dan kiri dibuat tipis, memiliki jambang dan rambut bagian atas dibuat memanjang dan kemudian dikuncir atau dibiarkan terurai. 

Itulah lima model potongan rambut yang bisa kalian sesuaikan dengan bentuk wajah kalian. Dengan pemilihan model rambut yang pas tentu akan menambah kepercayaan diri kalian. Selamat mencoba!

Baca Juga: 12 Model Rambut Ikal Pria untuk Tampil Beda, Anti Norak Bro!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya