Comscore Tracker

5 Cara Menumbuhkan Brewok dan Jenggot, Agar Makin Maskulin!

#CowokBanget mengikuti sunnah Rasul di bulan yang suci

Menumbuhkan rambut pada wajah tidak hanya membuat tampilan wajah menjadi lebih macho dan laki banget, tapi juga memberikan efek positif seperti berfungsi sebagai pelindung terhadap sinar UV, menjaga kelembaban kulit, mencegah keriput, dan juga mencegah akumulasi bakteri pada kulit. Menumbuhkan jenggot juga merupakan sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW, lho. 

Berikut IDN Times kasih beberapa tips atau cara menumbuhkan brewok dan jenggot secara ilmiah agar penampilanmu semakin terlihat maskulin. Penasaran seperti apa langkah-langkahnya, yuk simak dibawah ini!

1. Optimalkan gaya hidup sehatmu

5 Cara Menumbuhkan Brewok dan Jenggot, Agar Makin Maskulin!Eyeem.com

Hormon testosteron disebut sebagai penentu kesuburan rambut pada wajah. Pola hidup tidak sehat dapat menurunkan kadar hormon testosteron secara signifikan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidur dengan cukup, hindari stress berlebihan, hindari minuman beralkohol, serta hindari obat-obatan dan bahan kosmetik yang menghambat produksi testosteron.

Latihan angkat beban merupakan salah satu olahraga yang mampu meningkatkan jumlah hormon testosteron. Ssst, berpuasa juga berpengaruh dalam meningkatkan kadar hormon testosteron loh!

2. Konsumsi makanan bergizi

5 Cara Menumbuhkan Brewok dan Jenggot, Agar Makin Maskulin!Urbanasian.com

Pertumbuhan rambut dari folikelnya memerlukan asupan vitamin dan mineral yang sesuai. Proporsi diet yang dianjurkan untuk meningkatkan kadar testosteron adalah diet tinggi karbohidrat dan lemak, dengan protein sedang. Untuk itu kalian dapat mengkonsumsi 30% kalori dari lemak, 50% kalori dari karbohidrat, dan 20% kalori dari protein.

Sebaiknya hindari makan gorengan karena mengandung lemak jenuh, sebagai gantinya konsumsi lemak tak jenuh yang dapat kalian konsumsi dari minyak zaitun dan alpukat. Lebih baik mengkonsumsi protein hewani seperti daging, keju, susu, dan gelatin dibandingkan protein nabati. Penuhi asupan karbohidrat dari buah, nasi, dan kentang namun hindari karbohidrat tinggi gluten.

3. Kombinasikan dengan suplemen yang menstimulasi pertumbuhan jenggot dan brewok

5 Cara Menumbuhkan Brewok dan Jenggot, Agar Makin Maskulin!Verywellfit.com

Suplemen penumbuh rambut wajah berfokus pada multivitamin yang diperlukan untuk nutrisi rambut serta suplemen peningkat kadar testosteron. Pilih multivitamin berkualitas tinggi yang mengandung vitamin dan mineral lengkap khususnya yang mengandung biotin. Suplemen yang diketahui dapat meningkatkan kadar testosteron antara lain Mucuna pruriens, sorghum, creatine, carnitine, nicotine, dan glycine (dapat diperoleh dari gelatin). Semua tersedia di toko obat terdekat.

4. TIngkatkan aliran darah ke area wajah

5 Cara Menumbuhkan Brewok dan Jenggot, Agar Makin Maskulin!Skynformen.com

Untuk dapat mengaktifkan folikel-folikel rambut pada wajah diperlukan peningkatan aliran darah ke wajah. Cara yang dapat digunakan adalah dengan microneedling atau penyinaran dengan laser sinar merah. Namun prosedur ini sebaiknya dilakukan oleh profesional ya, Guys.

5. Gunakan formula penumbuh jenggot atau brewok

5 Cara Menumbuhkan Brewok dan Jenggot, Agar Makin Maskulin!Glyder.io

Setelah langkah-langkah sebelumnya terpenuhi, kamu dapat merangsang pertumbuhan rambut di wajah dengan berbagai ramuan penumbuh rambut. Secara turun temurun, minyak kemiri telah diketahui dapat mempercepat pertumbuhan dan menyuburkan rambut. Kalian dapat mengoleskan minyak kemiri langsung ke area wajah yang diinginkan. Lebih baik lagi jika dibarengi dengan microneedling.

Kalian juga dapat menggunakan Minoxidil yang terkenal ampuh mengaktivasi kanal kalium pada folikel rambut sehingga folikel rambut terpenuhi dengan nutrien dan hormon testosteron.

Selain minyak kemiri dan Minoxidil, kalian dapat mencoba ramuan penumbuh jenggot komersial yang biasa dijual bebas.

Nah, itulah beberapa cara menumbuhkan brewok agar kamu makin maskulin. Selamat mencoba ya Guys!

 

Dhita Hana Photo Writer Dhita Hana

Newbie writer with special interest in science literacy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya