Comscore Tracker

Catat Bro! 7 Langkah Sederhana Cara Mencukur Rambut Kaki yang Lebat

Yuk, dicoba

Rambut kaki yang lebat dan panjang menjadi masalah bagi sebagian besar pria. Rambut kaki yang lebat bisa membuat pria menjadi kurang percaya diri dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Apalagi, seorang pria tidak bisa leluasa dalam mengekspresikan gayanya gara-gara memiliki rambut kaki lebat. 

Nah, karena itulah sebagian besar pria memilih untuk mencukur rambut kakinya ketika telah lebat. Sebelum kamu mencukur rambut kakimu, yuk simak 7 cara mencukur rambut kaki yang panjang. Check this out.

1. Siapkan pisau cukurnya

Catat Bro! 7 Langkah Sederhana Cara Mencukur Rambut Kaki yang LebatIlustrasi Alat Pencukur Rambut (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelum mencukur, kamu perlu mempersiapkan pisau cukur manual yang bakal digunakan. Jangan asal menggunakan pisau cukur. Pakailah pisau cukur yang tajam. 

Selain itu, pastikan pisau cukurmu aman dari bakteri. Kamu bisa mengoleskan alkohol di cartridge pisau cukurmu untuk membunuh bakteri yang menempel. Disarankan juga untuk memakai cartridge yang baru setiap kali mencukur rambut kaki.

Akan tetapi, jika kamu memakai alat cukur rambut elektrik, sebelum bercukur coba basahi kapas dengan alkohol. Lalu, kapas beralkohol tadi oleskan pada silet dan sisir alat cukur rambut listrik agar bersih dari bakteri. 

2. Basahi kaki lalu gunakan scrub

Catat Bro! 7 Langkah Sederhana Cara Mencukur Rambut Kaki yang LebatUnsplash.com/fifteensunflowers

Langkah kedua adalah basahi kakimu dengan air hangat sebelum memberi scrub. Setelah itu, coba diamkan selama 2-4 menit. Tujuannya, agar pori-pori kulitmu dan folikel rambut bisa lebih terbuka, sehingga kamu bakal lebih mudah mencukurnya. Jangan mencukur rambut dalam kondisi kering, karena hal itu bisa melukai kulit. 

Setelah kaki mengering, saatnya untuk gunakan scrub. Selama ini scrub berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran. Karena itulah, sebelum mencukur ada baiknya kamu menggunakan scrub terlebih dahulu. Selain itu, penggunaan scrub dapat membuat rambut-rambut kecil yang bersembunyi di bawah kulit muncul ke permukaan. Sehingga, kamu dapat mencukur rambut kakimu sampai bersih. 

3. Oleskan gel cukur rambut

Catat Bro! 7 Langkah Sederhana Cara Mencukur Rambut Kaki yang LebatUnsplash.com/lucassankey

Kamu mencukur rambut kaki dengan pisau cukur manual? Jangan lupa untuk mengolesi kakimu dengan gel sebelum dicukur. Kamu bisa mengoleskan gel dimulai dari lokasi rambut kecil yang bakal kamu cikur.

Jangan oleskan gel terlalu banyak ke rambut kaki. Hal ini karena saat gel yang menempel di kakimu mulai mengering bisa menghambat proses mencukur. Yang perlu diingat dari penggunaan gel adalah, jika kamu punya alergi terhadap gel rambut, ya, jangan memakai gel.   

Jika lebih memilih menggunakan alat cukur elektrik, kamu bisa mengoleskan bedak pada kaki yang bakal dicukur. Bedak yang dioleskan pada kaki ini bisa menjadi pelumas bagi alat cukur elektrik, sehingga mencukur pun bakal lebih mudah.

4. Mulai mencukur rambut kaki

Catat Bro! 7 Langkah Sederhana Cara Mencukur Rambut Kaki yang LebatIlustrasi Alat Pencukur Rambut (IDN Times/Mardya Shakti)

Jika sudah ingin mencukur rambut kaki, jangan lupa mencukurnya searah. Ini karena jika mencukurnya tak searah, maka cukuranmu tidak akan sampai mendekati akar rambut. Sedangkan kalau kamu mencukur rambut kaki searah, maka rambut kakimu tidak cepat tumbuh.

Nah, kalau kamu memakai pisau cukur manual, bisa memulai mencukur rambut kaki dengan gerakan-gerakan kecil. Jangan lupa untuk sering membilas pisau cukur dengan air bersih di sela-sela mencukur.

Akan tetapi, jika menggunakan pencukur elektronik, sering-sering lah membuka kepala pisau cukur untuk membersihkan rambut yang tersangkut di kepala pisau cukurnya. Jika tidak sering dibersihkan, maka rambut yang masuk ke kepala pisau cukur bisa memperlambat kinerja motornya. 

5. Bersihkan rambut kaki hasil cukuran

Catat Bro! 7 Langkah Sederhana Cara Mencukur Rambut Kaki yang LebatUnsplash.com/Michał Parzuchowski

Seusai mencukur, sudah saatnya kamu membilas potongan rambut hasil cukuran dan gel cukur yang masih menempel di kaki dengan air. Kamu bisa melakukannya dengan mandi agar membersihkannya lebih muda. 

Jangan lupa juga untuk membilas pisau cukur yang baru digunakan sampai bersih. Sebaiknya gunakan air mengalir untuk memudahkanmu membersihkan pisau cukurmu.

6. Keringkan kaki yang basah dengan handuk

Catat Bro! 7 Langkah Sederhana Cara Mencukur Rambut Kaki yang Lebatpexels.com/Dương Nhân

Setelah kaki dibilas, gunakan handuk untuk mengeringkannya. Sangat penting untuk memilih handuk yang bersih agar bakteri tidak menempel pada kulitmu. Sehingga kulit kakimu menjadi sangat bersih. 

7. Pakai antiseptik hingga pelembap

Catat Bro! 7 Langkah Sederhana Cara Mencukur Rambut Kaki yang Lebatpixabay.com/Counselling

Gunakan antiseptik pada kakimu usai mencukur. Tujuannya, mencegah luka bakar akibat penggunaan pisau cukur, iritasi kulit, membunuh bakteri, dan membantu menutup pori-pori kulit. Kamu bisa menggunakannya selama beberapa hari setelah bercukur, Bro. 

Tak hanya itu, kamu juga disarankan untuk memakai pelembap pada kaki yang habis dicukur. Mengapa memakai pelembap? Ini karena pelembap bisa menjaga kulitmu tetap halus dan lembap. Oleskan pelembap saat kulit kakimu masih lembap setelah bercukur. Jika kakimu terasa kering dan gatal seusai bercukur, coba oleskan pelembap khusus yang bisa mencegah kulit gatal dan kering. 

Itulah tujuh langkah sederhana cara mencukur rambut kaki yang bisa kamu lakukan, Bro. Selamat mencoba, ya.  

Baca Juga: Tips Potong Rambut Sendiri Selama #DiRumahAja, Gak Perlu Ke Salon!

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya