Comscore Tracker

5 Cara Eksfoliasi Kulit Wajah Sensitif, Jangan Sembarangan!

Lakukan dengan tepat agar hasilnya maksimal

Eksfoliasi merupakan perawatan wajah yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah semakin cerah dan bersinar. Selain itu, eksfoliasi juga bermanfaat untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat serta mengurangi minyak berlebih.

Namun, bagi kamu pemilik kulit sensitif harus ekstra hati-hati dengan rutinitas ini. Jika dilakukan dengan cara yang tak tepat, eksfoliasi dapat memicu peradangan yang menyebabkan jerawat hingga penuaan yang lebih cepat. Biar hasilnya maksimal, simak 5 cara eksfoliasi wajah untuk kulit sensitif berikut ini!

1. Pertimbangkan jadwal eksfoliasi yang tepat

5 Cara Eksfoliasi Kulit Wajah Sensitif, Jangan Sembarangan!Ilustrasi pria memakai skincare (pexels.com/Ron Lach)

Kalau kamu berencana menggunakan chemical eksfolian ke dalam rangkaian perawatan wajah, mulailah secara perlahan dan jangan terburu-buru. Biasanya eksfoliasi dilakukan 2-3 kali seminggu.

Namun, bagi pemilik kulit sensitif cukup melakukan eksfoliasi seminggu sekali. Jika dirasa terlalu banyak, mulailah dua minggu sekali dan tingkatkan perlahan sesuai toleransi kulit kamu.

2. Gunakan produk dengan bahan yang menenangkan

5 Cara Eksfoliasi Kulit Wajah Sensitif, Jangan Sembarangan!Ilustrasi pria yang sedang memegang produk skincare (Pexels.com/Ron Lach)

Untuk menghindari masalah kulit akibat eksfoliasi pilihlah eksfoliator dengan bahan yang menenangkan. Kamu bisa memilih produk dengan kandungan seperti chamomile, sea whip extract, azulene, dan white tea dapat membantu mencegah iritasi.

Namun, jika kamu lebih suka dengan eksfoliator berbentuk scrub wajah, sebaiknya memilih produk dengan bahan bulir jojoba sebagai pilihan yang lembut. Jadi, pastikan kamu memilih skincare yang tepat agar proses eksfoliasi aman bagi kulitmu, ya!

3. Pahami aturan pakainya

5 Cara Eksfoliasi Kulit Wajah Sensitif, Jangan Sembarangan!Ilustrasi pria yang sedang memegang produk skincare yang memiliki kandungan Tea Tree Oil (Pexels.com/cottonbro)

Menggunakan produk skincare bukanlah hal yang mudah. Setiap produk memiliki cara pemakaian yang berbeda, dan hal ini sangat penting bagi pemilik kulit sensitif. Ada banyak produk eksfoliator yang bisa digunakan semalaman tapi ada juga yang hanya boleh digunakan selama 10-15 menit lalu dibilas.

Nah, untuk menghindari masalah seperti kulit kemerahan dan iritasi, sebaiknya kamu benar-benar membaca petunjuk pemakaiannya. Jangan sampai kesalahan dalam memahami aturan pakai berakibat buruk pada kulitmu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare Merek Lokal dengan Kandungan Kayu Cendana 

4. Hindari menggosok wajah terlalu kasar

5 Cara Eksfoliasi Kulit Wajah Sensitif, Jangan Sembarangan!Ilustrasi pria yang sedang menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan Wotch Hazel (Pexels.com/cottonbro)

Saat melakukan eksfoliasi, sebaiknya hindari menggosok kulit wajah terlalu kasar. Hal ini bisa membuat kulit kemerahan. Alhasil, wajahmu akan lebih rentan terhadap bahan kimia. Selain itu, akan membuat kulit wajahmu menjadi iritasi. 

Kamu bisa aplikasikan produk eksfoliasi dengan lembut menggunakan gerakan melingkar yang kecil. Lakukan cara eksfoliasi wajah tersebut selama 30 detik, lalu bilas dengan air hangat. Bila kamu menggunakan sikat atau spons, gunakan alat tersebut dengan cara membuat gosokan ringan yang pendek.

5. Lengkapi dengan penggunaan skincare yang tepat

5 Cara Eksfoliasi Kulit Wajah Sensitif, Jangan Sembarangan!ilustrasi produk skincare (unsplash.com/Poko Skincare)

Melakukan eksfoliasi kulit dapat menyebabkan kulit kering dan lebih sensitif. Maka dari itu, diperlukan produk skincare yang tepat untuk menjaga keseimbangan dan kondisi kulit. Apalagi bagi kamu pemilik kulit sensitif, tipe kulit jenis ini memang perlu nutrisi yang lebih banyak dibandingkan jenis kulit lainnya.

Untuk itu, kamu perlu menambahkan serangkaian produk skincare yang tepat seperti serum, sleeping mask, dan pelembap wajah. Tentunya, kamu cari yang dikhususkan untuk kulit sensitif ya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kondisi kulit yang maksimal tanpa banyak masalah.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Sering Jadi Kandungan Utama untuk Produk Body Care

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya