Comscore Tracker

5 Cara Tepat Memakai Sunscreen untuk Pria, Jangan Sampai Salah!

Biar wajah gak gosong

Sunscreen atau yang juga disebut sebagai tabir surya merupakan jenis produk perawatan untuk melindungi kulit yang penting kamu miliki. Pasalnya, sunscreen memiliki beragam manfaat bagi kulit, mulai dari meratakan warna kulit, menjaga elastisitas, sampai menekan risiko terkena kanker kulit akibat paparan sinar matahari langsung.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus memakainya dengan tepat, Bro. Mungkin cara pakainya terkesan sepele karena tinggal diaplikasikan langsung ke wajah. Padahal, ini harus benar-benar diperhatikan supaya efektif dalam memberi proteksi bagi kulit. Biar gak salah, simak cara tepat memakai sunscreen berikut ini.

1. Pilih sunscreen dengan kandungan SPF30

5 Cara Tepat Memakai Sunscreen untuk Pria, Jangan Sampai Salah!Ilustrasi produk sunscreen (unsplash.com/Arthur Pereira)

Salah satu cara agar sunscreen memiliki hasil yang maksimal adalah memilih produk tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30. Sun protection factor atau SPF adalah standar ukuran perlindungan yang dimiliki sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Semakin tinggi SPF-nya, semakin tinggi pula perlindungannya terhadap sinar matahari. Maka dari itu, pastikan kamu memakai sunscreen sesuai jenis kulit dengan kadar SPF yang dipakai minimal 30, ya!

2. Gunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar ruangan

5 Cara Tepat Memakai Sunscreen untuk Pria, Jangan Sampai Salah!Ilustrasi pria memakai sunscreen (unsplash.com/The Creative Exchange)

Berbeda dengan sunblock yang bisa langsung bekerja begitu selesai dioleskan ke kulit, penggunaan sunscreen membutuhkan waktu untuk bisa menyerap ke dalam kulit dan memberikan perlindungan maksimal. Sunscreen sebaiknya digunakan sekitar 15-30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. 

Jadi kalau kamu baru menggunakan sunscreen lalu langsung beraktivitas keluar rumah atau menggunakannya saat berada di bawah sinar matahari, kulit kamu gak akan mendapatkan perlindungan apa pun dan berisiko terbakar matahari. Gak mau kan skincare kamu jadi sia-sia?

3. Kocok sebelum menggunakan

5 Cara Tepat Memakai Sunscreen untuk Pria, Jangan Sampai Salah!Ilustrasi pria yang sedang memegang produk skincare (Pexels.com/Ron Lach)

Cara memakai sunscreen berikutnya adalah dengan mengocok wadahnya terlebih dulu sebelum digunakan. Langkah ini bertujuan untuk mencampur seluruh partikel yang mungkin menggumpal pada wadahnya.

Hal ini dilakukan karena beberapa produk sunscreen memiliki anjuran pemakaian tersendiri. Salah satunya adalah sunscreen yang berbentuk cair serta sunscreen dalam wadah tube atau spray. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Jangan Asal!

4. Gunakan secukupnya

5 Cara Tepat Memakai Sunscreen untuk Pria, Jangan Sampai Salah!Ilustrasi pria yang sedang memakai sunscreen (Pexels.com/cottonbro)

Pemakaian sunscreen memang bertujuan agar melindungi kulit secara menyeluruh. Namun, dalam pengaplikasiannya juga disarankan secukupnya atau tidak berlebihan. Kamu bisa memakainya dengan takaran sepanjang 2 ruas jari yakni 1 jari telunjuk dan 1 jari tengah.

Oleskan sunscreen ke seluruh permukaan wajah seraya memijat kulit dengan gerakan memutar searah jarum jam secara perlahan. Kamu juga perlu berhati-hati saat mengoles sunscreen pada area sekitar mata.

5. Re-apply penggunaan sunscreen

5 Cara Tepat Memakai Sunscreen untuk Pria, Jangan Sampai Salah!ilustrasi pria pakai skincare (freepik.com/freepik)

Memakai sunscreen tidak cukup hanya sekali oles saja karena perlindungan tabir surya bisa luntur akibat keringat, produksi minyak, atau melakukan aktivitas yang berat. Kamu tetap perlu re-apply atau mengulangi pemakaian supaya kulit tetap terjaga dengan baik.

Hal itu dikarenakan kadar SPF pada sunscreen memiliki batasan waktu sehingga ketahanannya dapat berkurang. Itu sebabnya, cara memakai sunscreen yang benar adalah kamu harus re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali atau bila perlu sebelum 2 jam.

Baca Juga: 5 Sunscreen yang Pas untuk Kulit Sensitif, Melindungi Skin Barrier!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya