Comscore Tracker

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Jangan Asal!

Sesuaikan dengan kulitmu

Sunscreen merupakan salah satu produk skincare penting yang wajib kamu gunakan untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, sunscreen juga efektif mencegah kerutan, garis halus, flek hitam, hingga kanker kulit. 

Namun, memilih sunscreen juga harus disesuaikan dengan kondisi kulitmu. Apalagi bagi kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat, asal memilih sunscreen dapat memperparah jerawat di wajah. Biar gak salah lagi, simak beberapa tips memilih sunscreen di bawah ini, ya!

1. Pilih sunscreen dengan tekstur yang ringan

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Jangan Asal!Ilustrasi pria memakai skincare (freepik.com/drobotdean)

Jika kamu memiliki masalah kulit berjerawat yang disebabkan karena rentan berminyak, kamu perlu memilih sunscreen dengan tekstur ringan, misalnya lotion, gel, atau spray agar lebih cepat terserap.

Kebanyakan sunscreen memang tidak direkomendasikan untuk pemilik kulit tipe ini. Biasanya karena tekstur sunscreen yang cukup tebal sehingga bisa berpotensi menyumbat kulit berminyak dan berjerawat.

2. Memiliki kandungan SPF 30

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Jangan Asal!Ilustrasi pria memakai skincare (pexels.com/Ron Lach)

Kandungan Sun Protection Factor atau yang lebih dikenal dengan SPF merupakan salah satu bahan dalam sunscreen yang menentukan kemampuan produk untuk melindungi wajah dari sengatan sinar matahari langsung. Semakin tinggi SPF suatu produk, semakin besar pula perlindungannya terhadap kulit kamu.

Sunscreen dengan SPF 15 sudah dapat melindungi kulit terbakar dari sinar matahari, baik untuk pemilik kulit normal ataupun berjerawat. Akan tetapi, kamu bisa memilih produk dengan SPF 30 ke atas untuk mendapatkan perlindungan optimal. 

3. Gunakan sunscreen yang berbahan dasar mineral

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Jangan Asal!ilustrasi cowok memakai skincare (unsplash.com/The Creative Exchange)

Pilihlah sunscreen berbahan dasar mineral yang minim alergi, seperti kandungan titanium dioksida dan zinc dioksida. Sunscreen mineral dinilai lebih bersahabat untuk pemilik kulit sensitif dan mudah berjerawat. 

Sementara itu, hindari bahan-bahan seperti oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, dan octinoxate. Hal ini disebabkan karena bahan-bahan dalam sunscreen kimia dapat menimbulkan reaksi alergi dan iritasi begitu terserap oleh kulit.

Baca Juga: 5 Sunscreen yang Pas untuk Kulit Sensitif, Melindungi Skin Barrier!

4. Memiliki perlindungan yang luas

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Jangan Asal!Pria memakai sunscreen (pexels.com/Kindel Media)

Matahari memancarkan dua jenis radiasi, yakni UVA dan UVB. Paparan sinar UVA dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini, dan memicu kanker. Sementara itu, sinar UVB adalah sinar yang membuat kulit kamu menjadi gelap dan terbakar.

Beberapa jenis sunscreen hanya melindungi kulit dari satu jenis sinar UV. Namun, sunscreen berspektrum luas cocok untuk pemilik kulit mudah berjerawat karena dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sekaligus.

5. Pilih produk yang terdapat label non-komedogenik

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Jangan Asal!Ilustrasi pria yang sedang memakai sunscreen (Pexels.com/cottonbro)

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli sunscreen, pastikan kamu memilih produk yang terdapat label non-komedogenik yang artinya produk ini telah dirancang agar tidak menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Selain itu, sebaiknya kamu juga tidak memilih sunscreen yang mengandung banyak minyak atau parfum.

Nah, itu dia beberapa tips memilih sunscreen untuk tipe kulit yang berjerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa memakai skincare lanjutan seperti moisturizer dan pelembap yang khusus untuk kulit berjerawat juga ya, Bro!

Baca Juga: 5 Toner Korea untuk Hilangkan Bekas Jerawat, Wajah Jadi Flawless!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya