Comscore Tracker

5 Alasan Logis Kenapa Cowok juga Perlu Skincare, Biar Keren Maksimal! 

Salah satu usaha biar jadi lebih terawat adn pede ~

Kita semua tahu, mayoritas perempuan senang merawat kulit mulai dari menggunakan ramuan yang dibuat sendiri, produk skincare yang banyak dijual di pasaran, hingga rela membayar mahal dokter kulit. Sebaliknya, umumnya laki-laki tergolong lebih cuek dalam urusan penampilan, bahkan bisa dibilang enggan menggunakan produk skincare.

Padahal sebenarnya, tidak hanya perempuan yang perlu melakukan perawatan, laki-laki pun perlu melakukan rutinitas perawatan kulit. Berikut beberapa alasannya!

1. Kulit wajah laki-laki lebih berminyak dan rentan mengalami masalah kulit

5 Alasan Logis Kenapa Cowok juga Perlu Skincare, Biar Keren Maksimal! unsplash.com/Drew Hays

Salah satu perbedaan utama antara kulit laki-laki dan perempuan adalah kulit laki-laki umumnya jauh lebih berminyak. Hal ini karena laki-laki memiliki hormon testosteron, sehingga kulit laki-laki menghasilkan lebih banyak minyak, yang membuatnya lebih rentan terhadap masalah kulit, salah satunya jerawat.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit. Nah, produk pembersih wajah yang dibuat khusus untuk laki-laki umumnya mampu membersihkan lebih dalam dan seringkali sedikit terkonsentrasi daripada produk pembersih wajah untuk perempuan.

2. Kulit wajah laki-laki memiliki pori-pori yang besar dan rentan mengalami penumpukan kotoran dan minyak

5 Alasan Logis Kenapa Cowok juga Perlu Skincare, Biar Keren Maksimal! beardbrand.com

Laki-laki memiliki pori-pori yang lebih besar dan lebih sering berkeringat. Karena itu, laki-laki lebih berpeluang mengalami penumpukan kotoran dan minyak berlebih. Untuk itu, laki-laki juga perlu membersihkan wajah setiap hari.

Hal ini diperlukan untuk mengurangi penumpukan kotoran dan melakukan eksfoliasi satu atau dua kali seminggu untuk membersihkan kulit secara mendalam. Hal ini berguna untuk mencegah berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh kotoran dan minyak, seperti komedo dan jerawat.

Baca Juga: Di Bawah Rp50 Ribu, 9 Sabun Muka ini Bikin Jerawatmu Kabur Bro!

3. Kulit dapat mengalami masalah akibat aktivitas mencukur jenggot

5 Alasan Logis Kenapa Cowok juga Perlu Skincare, Biar Keren Maksimal! semiformalmen.com

Aktivitas mencukur jenggot dapat menyebabkan luka bakar, ruam, dan iritasi. Untuk mencegah masalah kulit, kamu perlu menggunakan gel atau krim cukur. Tak cukup sampai di situ, ketika bercukur, secara langsung kamu turut menghilangkan lapisan kulit.

Untuk itu, kamu perlu segera menenangkan, memulihkan, dan melembabkan kembali kulit yang tekena pisau cukur, salah satunya adalah menggunakan soothing gel atau moisturizer.

4. Laki-laki lebih rentan terkena polusi

5 Alasan Logis Kenapa Cowok juga Perlu Skincare, Biar Keren Maksimal! unsplash.com/Emre Gencer

Daripada perempuan, laki-laki umumnya lebih banyak menghabiskan waktu untuk beraktivitas di luar ruangan. Hal ini mengakibatkan kulit lebih sering terkena sinar UV, polusi lingkungan, angin, dan radikal bebas lainnya yang semuanya berkontribusi dalam menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat, flek hitam, warna kulit yang tidak rata, kerutan, hingga penuaan dini. Untuk itu, laki-laki juga perlu melakukan perawatan kulit, minimal dengan selalu menggunakan tabir surya.

5. Untuk meningkatkan kepercayaan diri

5 Alasan Logis Kenapa Cowok juga Perlu Skincare, Biar Keren Maksimal! unsplash.com/Austin Distel

Kepercayaan diri adalah salah satu bagian penting dari kehidupan. Dan salah satu hal yang sangat memengaruhi kepercayaan diri adalah penampilan, seperti busana, riasan, hingga kebersihan dan kesehatan kulit.

Cara utama untuk membuat kulit tampak sehat adalah dengan rutin membersihkan kulit dengan sabun khusus dan menggunakan berbagai produk perawatan kulit, minimal menggunakan pelembap.

Gimana? Terbukti kan kalau produk skincare tidak hanya menjadi kebutuhan perempuan, tapi juga laki-laki. Untuk itu, jangan terlalu cuek dan pelit mengeluarkan dana untuk membeli skincare ya.

Baca Juga: 5 Tips Grooming yang Bisa Kamu Pelajari dari Cewek, Tetap Maskulin Kok

Ekaay Ekaay Photo Community Writer Ekaay Ekaay

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You