Comscore Tracker

5 Bahaya yang Mengintai Jika Terlalu Sering Memakai Pomade

Dari ketombe hingga jerawatan bro!

Jika dulu pomade hanya sebatas tren di kalangan cowok-cowok kekinian, sekarang ini pomade menjelma menjadi sebuah kebutuhan. Bahkan tidak sedikit yang merasa gak pede kalau belum menata rambutnya dengan pomade. 

Di balik fungsinya yang mampu menambah kadar kegantengan seseorang, ternyata ada 5 bahaya dari pomade yang mengancam kesehatan kamu. Khususnya kesehatan rambut dan kulit kepala. Ini dia ulasannya.

1. Ketombe

5 Bahaya yang Mengintai Jika Terlalu Sering Memakai Pomadewww.baldingbeards.com

Terlalu sering menggunakan pomade ternyata dapat membuat kulit kepala kamu rusak alias ketombean.

Hal ini biasanya terjadi karena minyak yang terkandung dalam pomade yang kamu gunakan menghambat minyak alami pada rambut susah keluar dari pori-pori kulit kepala. Alhasil, minyak alami tersebut menggumpal dan menyebabkan kulit kepala kamu pecah-pecah dan menjadi ketombe.

2. Rambut mudah rontok

5 Bahaya yang Mengintai Jika Terlalu Sering Memakai Pomadewww.bebeautiful.in

Buat kamu yang memiliki kulit kepala sensitif, bahan-bahan yang terdapat dalam pomade, khususnya yang bersifat kimia, ternyata dapat membuat rambut kamu mudah rontok. 

Gak cuma itu, jarang membersihkan rambut setelah menggunakan pomade juga memicu kerontokan rambut. Apalagi kalau rambut kamu diwarnai. Jadi, jangan malas buat keramas setelah memakai pomade seharian, ya!

Baca Juga: 5 Tips untuk Kamu yang Gemar Memakai Pomade, Dicatat Bro!

3. Rambut kering

5 Bahaya yang Mengintai Jika Terlalu Sering Memakai PomadeGentlemansbox.com

Gak cuman rontok, bahan kimia yang terkandung dalam pomade juga dapat membuat rambut kamu kering. Itu terjadi karena rambut kamu kehilangan nutrisi yang di dapat dari minyak rambut alami itu sendiri. 

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kamu menggunakan vitamin rambut secara rutin. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan pomade agar rambut dan kulit kepala kamu bisa bernapas dengan lega. 

4. Jerawat

5 Bahaya yang Mengintai Jika Terlalu Sering Memakai Pomadewww.shopify.com

Terlalu sering memakai pomade juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat di sekitar dahi, tengkuk, kulit kepala, dan bagian kulit lainnya yang sering terkena pomade. 

Hal ini biasa terjadi karena kulit kamu sensitif terhadap bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam pomade. Kalau sudah timbul reaksi seperti ini, ada baiknya kamu berhenti menggunakan pomade.

5. Pusing dan mual-mual

5 Bahaya yang Mengintai Jika Terlalu Sering Memakai Pomadewww.pexels.com/GerdAltmann

Reaksi yang satu ini hanya terjadi pada orang-orang yang super sensitif dan tidak toleran terhadap bahan kimia. Ditambah bau pomade yang cukup menyengat, bukan gak mungkin lho seseorang mengalami pusing, mual-mual, hingga muntah. Serem juga, ya.

Hal ini biasa terjadi karena kulit kamu sensitif terhadap bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam pomade. Kalau sudah timbul reaksi seperti ini, ada baiknya kamu berhenti menggunakan pomade.

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut, rajin-rajinlah keramas setelah menggunakan pomade. Beralih menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa dan minyak kemiri juga bisa jadi pilihan. Minim risiko dan yang pastinya jauh lebih sehat. 

Baca Juga: 7 Gaya Rambut Pria Trendi ala Hip Hop Masa Kini, Coba Yuk!

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya