Comscore Tracker

Catat Bro, Begini Cara Merawat Wajah Sesuai Tipe Kulitmu

Apakah produk yang kamu miliki sudah tepat?

Setiap pria pasti mendambakan memiliki wajah yang tampan, namun sebenarnya letak ketampanan itu tidak hanya pada bentuk wajah saja. Memiliki wajah yang bersih juga salah satu kunci agar terlihat menarik.

Sayangnya pria terbiasa dengan gaya hidup yang simpel, sehingga tidak terlalu ambil pusing dalam memilih produk perawatan wajah. Padahal hal ini sangat penting. Sembarangan memilih produk perawatan wajah dapat berakibat pada kerusakan kulit seperti kekeringan atau bahkan memerah.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui tipe kulitmu; apakah kamu memiliki kulit yang sensitif atau tidak, karena keduanya membutuhkan perawatan yang berbeda. Jadi, simak baik-baik penjelasan di bawah ini, ya.

1. Tipe kulit kering

Catat Bro, Begini Cara Merawat Wajah Sesuai Tipe Kulitmueffortlessskin.com

Jika kamu memiliki jenis kulit yang seperti ini, maka kamu harus menghindari produk-produk pembersih wajah yang mengandung banyak bahan kimia, khususnya salicylic acid. Carilah pembersih wajah yang memiliki kandungan minyak kelapa dan pelembab berbahan aloe agar kulitmu tidak terlalu mengering dan pecah-pecah.

Asal bisa, jangan mencuci wajahmu lebih dari sekali dalam sehari dengan pembersih wajah. Waktu terbaik untuk mencuci wajah agar mencegah kekeringan adalah di saat malam hari. Produk pembersih wajah terbaik untuk tipe kulit ini harus mengandung aloe, charcoal, dan olive oil.

2. Tipe kulit berminyak

Catat Bro, Begini Cara Merawat Wajah Sesuai Tipe Kulitmutheidleman.com

Saat wajahmu berminyak, kamu pasti berpikir untuk membersihkannya sampai kering. Sayangnya, hal ini justru membuat kulit wajahmu memproduksi lebih banyak minyak, karena ini adalah salah satu mekanisme perlindungan alami kulitmu.

Daripada menggunakan produk pembersih yang penuh dengan bahan kimia, lebih baik kamu gunakan saja pembersih wajah alami dan gunakan secara beberapa kali dalam sehari. Jika memang kulitmu berminyak secara berlebihan, kamu boleh menggunakan pembersih wajah di siang hari.

Produk pembersih wajah yang tepat untuk kulit berminyak harus mengandung minyak kelapa, geranium, dan aloe.

3. Tipe kulit campuran

Catat Bro, Begini Cara Merawat Wajah Sesuai Tipe Kulitmulorealparisusa.com

Tipe kulit campuran adalah tipe kulit yang memiliki bagian yang berminyak dan sementara bagian yang lain tidak berminyak. Memilih produk perawatan wajah yang tepat untuk tipe kulit seperti ini sangat susah.

Bagian wajah yang biasanya tidak berminyak adalah pipi, sedangkan bagian sekitar hidung dan dahi berminyak. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah mencari produk pembersih wajah untuk kulit sensitif (tidak berminyak) namun bersihkan bagian yang berminyak seperti dahi dan sekitar hidung lebih sering. Bahan pembersih yang kamu perlukan tidak jauh berbeda dengan tipe kulit di atas, yaitu; aloe, charcoal, dan olive oil.

4. Kulit berjerawat

Catat Bro, Begini Cara Merawat Wajah Sesuai Tipe Kulitmu10luxury.com

Jerawat biasanya muncul karena kelebihan minyak pada wajah atau tidak membersihkan wajah secara menyeluruh setelah mengeluarkan banyak keringat. Untuk kulit seperti ini, kamu memerlukan produk pembersih wajah yang dapat menghilangkan minyak, namun ikut melembabkan kulit, serta tidak menyumbat pori-pori kulitmu.

Sebenarnya perawatan kulit yang kamu butuhkan tidak jauh berbeda dengan merawat kulit berminyak. Pada dasarnya kamu harus tetap mengurangi jumlah minyak yang berlebihan pada wajahmu.

Produk pembersih wajah yang tepat untuk tipe kulit ini adalah yang mengandung minyak kelapa, geranium, aloe, dan essential oil.

5. Kulit sensitif

Catat Bro, Begini Cara Merawat Wajah Sesuai Tipe Kulitmujoshrharrison.com

Ciri-ciri kulit sensitif adalah mempunyai bagian yang kering dan berminyak, namun mudah memunculkan bercak-bercak merah atau iritasi pada permukaan kulit yang dapat disebabkan oleh alergi. Menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung banyak bahan kimia akan membuat kulit terasa panas dan memerah.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan iritasi pada kulitmu, seperti terkena paparan sinar matahari terlalu lama, menggunakan produk perawatan berbahan kimia, dan make-up yang berlebihan.

Hindari juga produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, exfoliant (penghilang sel-sel kulit mati), sodium lauryl sulfatepetrochemicals, acids, pewarna dan pengharum buatan. Jika kamu masih bingung memilih produk perawatan yang tepat untuk kulit sensitif, pilih saja yang memiliki label “hypo-allergenic” atau “bebas bahan pengharum”.

Pria sebenarnya juga memerlukan cara perawatan kulit yang bisa dibilang tidak sederhana, khususnya pada bagian wajah. Menjaga agar kulit wajah tetap bersih dan sehat dapat memberikan kesan yang cerah dan ceria. Jadi, jaga kulit wajahmu baik-baik, ya.

Harum Wibowo Photo Community Writer Harum Wibowo

An English teaching enthusiast.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You