6 Kesalahan Umum Para Pria Saat Mengenakan Setelan Jas

Mau berapapun kancingnya, jas itu cukup dikancing satu aja

Jas adalah pakaian yang wajib dimiliki oleh pria manapun. Pemakaian jas gak pernah tergerus zaman, berbeda dengan pakaian branded lainnya yang perlahan terganti oleh produk baru. Beberapa orang percaya jas dapat meningkat kegantengan pria menjadi berlipat ganda.

Untuk urusan fashion, kebanyakan pria percaya kombinasi jas, kemeja, dasi, celana dan sepatu sudah mampu meningkatkan kepercayaan diri sebesar 60%. Wanita mana sih yang nggak terpikat ketika ada pria yang mengenakan jas pada kesempatan tertentu. 

Walau perkembangan teknologi dan fashion telah memudahkan pria untuk mencari setelan yang pas. Fakta di lapangan justru mengecewakan, masih banyak pria yang salah memilih jas. Khususnya kaum bapak-bapak yang sering pakai jas tapi gak tahu tata cara berpakaian.

Untuk kamu yang masih muda, jangan khawatir karena kamu tetap bisa memakai jas tanpa terlihat norak. Selama kamu memilih jas yang sesuai dengan postur tubuhmu dan mengikuti cara berpakaian yang benar, dijamin auto charming bukan auto norak.

1. Berapapun jumlah kancingnya, cukup mengacingkan satu kali saja

6 Kesalahan Umum Para Pria Saat Mengenakan Setelan Jasinstagram.com/therock

Kesalahan yang sering kita temui pada orang yang memakai jas adalah mengancingkan semua sekaligus. Salah satunya banyak kita temui ketika dikenakan oleh orang Indonesia. Mungkin dikiranya kalau semua kancing dipasang itu artinya auto rapi. 

Sejak zaman dahulu, orang yang memakai jas hanya mengancingkan satu kancing saja. Mau itu jumlahnya ada dua atau tiga kancing, tetap satu yang dikancing. Ini merupakan aturan tak tertulis dalam mengenakan jas. Hal ini berlaku di seluruh dunia. 

Ada dua asalan mengapa perlu mengacingkan satu kancing saja. Alasan pertama adalah agar terlihat lebih bagus. Sedangkan alasan kedua adalah banyak jas modern gak dirancang untuk dikancing semuanya dan justru terlihat gak menarik di mata orang. 

Apalagi kalau sedang duduk, selalu lepas kancing ketika mau duduk. Lalu pasang kancing kembali ketika berdiri atau berpindah tempat. 

2. Sesuaikan dengan panjang lengan ketika memilih jas

6 Kesalahan Umum Para Pria Saat Mengenakan Setelan Jasinstagram.com/jakegyllenhaal

Hal sepele tetapi bisa menjadi bencana yaitu panjang lengan jas. Pilihlah jas yang sesuai dengan panjang lenganmu. Jika terlalu panjang maka kamu terlihat ceroboh tapi kalau terlalu pendek malah kelihatan seperti orang bodoh. Ukuran idealnya adalah lengan baju adalah 1-1,5 cm di ujung jas. 

Jika kamu merasa ada yang nggak beres dengan kombinasi jas dan baju. Coba periksa kembali, siapa tahu antara jasmu yang kependekan atau kepanjangan. Begitu juga dengan baju, apakah kepanjangan atau kependekan.

3. Memilih celana yang kepanjangan

6 Kesalahan Umum Para Pria Saat Mengenakan Setelan Jasinstagram.com/jakegyllenhaal

Setelah masalah atasan, jangan lupa perhatikan bagian bawahan. Sebuah kesalahan kalau kamu masih memakai celana yang kepanjangan. Mau harganya setara satu Lamborghini, kalau celanamu kepanjangan ya tetap aja jelek.

Idealnya celana panjang seharusnya hanya menyentuh sepatu bagian atas saja dan nggak ada sisa kain yang terlihat. Berbeda lagi kalau mau menggulung celana, gulunglah dengan catatan tanpa memakai kaos kaki dan sepatu perahu. 

Baca Juga: Catat Bro, Ini 6 Trik Merawat Setelan Jas Agar Tetap Rapi

4. Mau tambah aksesosris? Boleh, tapi maksimal tiga ya

6 Kesalahan Umum Para Pria Saat Mengenakan Setelan Jasinstagram.com/robertdowneyjr

Agar lebih menarik, biasanya orang akan menambah aksesoris pada setelan mereka. Aksesoris tersebut antara lain pocket squares, tie bar serta jam tangan

Jika kamu mau menambahkan aksesoris maksimal tiga dan harus disesuaikan dengan pakaianmu. Mau aksesorismu seharga apartemen, kalau gak matching tetap aja kurang menarik. Apalagi kalau asal pakai, malah kelihatan lebay. 

5. Kenakan kaos kaki yang senada dengan celana

6 Kesalahan Umum Para Pria Saat Mengenakan Setelan Jasinstagram.com/turnstylin

Kamu bukan lagi anak sekolah, maka harus mulai memperhatikan pemilihan kaos kaki, sesuaikan dengan warna celanamu. Sebagai contoh, kalau memakai setelan biru tua dan sepatu hitam maka kenakan kaos kaki biru tua.

Sedangkan kalau setelanmu terang itu kenakan kaos kaki berwarna gelap, tapi nggak segelap sepatunya. Tetapi dari semua itu, yang paling parah adalah kalau kamu pakai setelan dengan kaos kaki futsal. Nah, itu udah ngaco parah.

6. Lepas label dari setelan jasmu

6 Kesalahan Umum Para Pria Saat Mengenakan Setelan Jasinstagram.com/king_kb28

Kesalahan sepele yang sering terabaikan adalah nggak melepas label pada jas. Karena kalau sampai kelihatan orang lain kamu makai jas yang ada labelnya, itu merupakan kesalahan. 

Label pada jas biasanya ada di bagian bawah lengan. Dan jeleknya lagi adalah label pada posisi mudah terlihat orang lain. Agar kamu nggak terlihat bodoh, segera lepas kecuali jas kamu itu adalah barang sewaan. Karena setelan jas bukan seperti pakaian hypebeast yang bisa kamu pamerin dengan bangga.

Pada intinya dalam mengenakan setelan, khususnya jas adalah menyesuaikan dengan aturan berpakaian dan fit dengan badan kita. Karena berapapun harga jasnya, kalau kamu mengikuti aturan dan fit dengan badan maka kamu tetap terlihat menarik.

Baca Juga: 10 Seleb Cowok Kompak Pakai Jas Merah, Siapa yang Paling Keren?

Ishak Okta Sagita Photo Community Writer Ishak Okta Sagita

engineering wannabe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You