Comscore Tracker

5 Cara Menjaga Pisau Cukur Tetap Awet, Catat Bro!

Daripada keseringan beli baru!

Siapa sih yang nggak butuh pisau cukur? Nggak peduli kamu tipikal cowok yang rajin grooming atau enggak, pisau cukur mestinya menjadi benda yang wajib dimiliki. Sayangnya, kebanyakan cowok nggak mengerti cara menjaga pisau cukur agar tahan lama. Karenanya, jadi boros dan sering beli yang baru.

Padahal, pisau cukur bisa tahan lama jika dirawat dengan benar. Cara merawatnya pun sebenarnya nggak ribet dan gampang dilakukan. Nah, simak 5 cara menjaga pisau cukur agar tetap awet berikut ini!

1. Pakai krim cukur sebelum mulai mencukur

5 Cara Menjaga Pisau Cukur Tetap Awet, Catat Bro!Pixabay.com/Yanapav

Kadang-kadang kamu malas memakai krim cukur sebelum mulai mencukur. Padahal, krim cukur sangat penting. Penggunaan krim cukur bisa melembapkan bulu-bulu yang akan dicukur.

Ketika sudah lembap, bulu akan lebih mudah dicukur dan kulit terhindar dari kemungkinan tergores. Bonusnya, pisau cukurmu jadi lebih awet daripada bersentuhan langsung dengan bulu dan kulit.

2. Bersihkan pisau cukur dengan benar

5 Cara Menjaga Pisau Cukur Tetap Awet, Catat Bro!freeimages.com/dreamguy

Jangan membiarkan pisau cukurmu begitu saja setelah mencukur. Kamu mungkin malas membersihkan atau hanya membasuhnya dengan air begitu saja. Ini bukan tindakan yang tepat.

Pisau cukurmu nggak akan benar-benar bersih hanya dengan dibilas air. Masih ada krim dan bulu-bulu yang menempel di sela-sela. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan sela-sela. Ini membantu pisau cukur lebih awet karena nggak ada lagi sisa krim dan bulu-bulu yang mengotori.

3. Keringkan setelah dibersihkan

5 Cara Menjaga Pisau Cukur Tetap Awet, Catat Bro!freeimages.com/Carlos Paes

Setelah membersihkan pisau cukurmu dengan benar, jangan lupa untuk mengeringkannya. Air akan membuat pisau cukur cepat berkarat jika dibiarkan begitu saja. Oleh karenanya, selalu lap pisau cukurmu yang basah agar nggak ada air yang membuatnya berkarat.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Iritasi Akibat Pisau Cukur dengan Bahan Alami

4. Jauhkan dari tempat lembap

5 Cara Menjaga Pisau Cukur Tetap Awet, Catat Bro!freeimages.com/Carlos Paes

Jangan menyimpan pisau cukurmu di tempat lembap, misalnya dekat dengan bak mandi atau dekat dengan tempat sabun. Sebab, kelembapan hanya akan membuat pisau cukurmu mudah berkarat. Pastikan kamu menyimpannya di tempat kering yang jauh dari kelembapan.

5. Pertajam pisau cukur dengan celana jeans

5 Cara Menjaga Pisau Cukur Tetap Awet, Catat Bro!pixabay.com/Pezibear

Celana jeans ternyata bisa membuat pisau cukur selalu tajam. Caranya, kamu hanya perlu meletakkan pisau cukurmu di atas celana jeans dan menggerakkannya naik turun seperti sedang bercukur. Kamu bisa melakukan cara ini setiap saat ketika pisau cukurmu mulai terasa tumpul. 

Nah, itulah tadi 5 cara menjaga agar pisau cukur tetap awet. Cara ini bisa membantu kamu agar nggak terlalu sering beli pisau cukur. Jangan lupa dicatat, bro!

Baca Juga: Bro, Ini Trik Jitu Agar Pisau Cukur Hemat & Tahan Lama

Vhiena Lee Photo Community Writer Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You