Comscore Tracker

Gak Ada Salahnya Cowok Merawat Diri, Ini 5 Alasannya!

Tampil percaya diri dan atraktif adalah hak semua orang

Jakarta, IDN Times - Grooming alias merawat diri seringkali diidentikkan dengan para perempuan. Hal ini membuat para laki-laki yang rutin melakukan grooming dicap aneh atau bahkan bukan laki-laki sejati. Padahal, grooming gak ada hubungannya dengan kelaki-lakian seseorang lho. Bahkan, grooming adalah hal yang wajib dilakukan oleh siapa saja, termasuk cowok. Kenapa? Ini dia lima alasan kenapa cowok wajib lakukan grooming setiap hari. 

1. Merawat diri adalah bagian dari menghargai diri sendiri lho

Gak Ada Salahnya Cowok Merawat Diri, Ini 5 Alasannya!Shutterstock/theshots.co

Masih banyak cowok yang menganggap kalau menghargai diri sendiri itu gak penting. Padahal, ini adalah salah satu kunci penting untuk bahagia lho. Ya meskipun bahagia itu bukan sebuah kondisi yang berkelanjutan, tapi apresiasi terhadap diri sendiri itu yang bikin batin kamu terasa lebih ‘lengkap’. Nah, bagaimana sih cara untuk mulai menghargai diri sendiri? Salah satunya adalah dengan lebih peduli dengan dirimu sendiri. 

Coba yuk introspeksi diri sambil bercermin. Apakah kamu merasa selama ini sudah cukup baik untuk orang yang ada di dalam cermin itu? Apakah kamu sudah memberikan yang terbaik untuk orang tersebut? Atau sebaliknya, apakah kamu malah terlalu cuek dengan orang itu?

Ingat guys, orang yang kamu tatap dalam cermin itu adalah yang selalu bersamamu menghadapi segala macam tantangan di dunia ini. Kok bisa sih kamu cuek dengan dia? Jadi, coba yuk jadi lebih peduli dengan diri sendiri dengan mulai merawat diri!

Baca Juga: 5 Tips Grooming untuk Cowok Berkepala Botak, Bikin Penampilanmu Kece

2. Bisa bikin kamu dan orang-orang sekitarmu ikut bahagia

Gak Ada Salahnya Cowok Merawat Diri, Ini 5 Alasannya!Shutterstock/interstid

Dengan merawat diri, kamu bisa mencintai diri sendiri, dan akhirnya kamu akan benar-benar merasa ‘lengkap’. Tanpa disadari, perasaan ‘lengkap’ akan meningkatkan mood kamu sehingga bisa membuatmu jadi lebih ringan. Yup, ringan senyum, ringan membantu orang, ringan menghibur orang lain, dan lain sebagainya.

Hal ini akan membuat orang-orang di sekitarmu jadi lebih bahagia, karena kamu memancarkan aura positif dari dalam diri. Selain itu, keluarga atau pasanganmu juga pasti jadi lebih senang melihatmu mulai menjaga diri lho. Siapa sih yang gak bahagia melihat orang yang disayanginya bahagia, ya ‘kan?

3. Grooming bisa bikin kamu jadi lebih percaya diri

Gak Ada Salahnya Cowok Merawat Diri, Ini 5 Alasannya!Shutterstock/Atstock Productions

Ini dia efek dari grooming yang paling penting, bikin percaya diri! Ingat, rasa percaya diri ini sebaiknya bukan timbul dari validasi yang diberikan oleh orang-orang, tapi lahir dari perasaan bahwa kamu sudah memberikan yang terbaik untuk dirimu sendiri. Yap, menurut IDN Times memang kamu pantas dapatkan yang terbaik kok!

Makanya, IDN Times mau menyarankan kamu untuk melengkapi perlengkapan grooming kamu dengan produk-produk terbaik, salah satunya Philips Shaver S1000 yang merupakan alat cukur listrik canggih yang bisa memberikan hasil cukur halus tanpa khawatir iritasi.

Hadir dalam dua varian, yakni Philips Shaver S1301 dan Philips Shaver S1103, Philips Shaver S1000 telah dilengkapi dengan beragam keunggulan, antara lain:

  • Teknologi Skin Guard yang melindungi kulit dari luka dan goresan saat mencukur.
  • Sistem pisau PowerCut yang terdiri dari 27 mata pisau pencukur yang mengasah sendiri untuk cegah iritasi kulit.
  • Pisau cukur yang awet hingga dua tahun.
  • Unit pencukur ContourFlex yang mengikuti bentuk wajah untuk cegah luka saat mencukur.
  • Tersertifikasi IPX7 (tahan air), sehingga bisa digunakan untuk mencukur basah dan kering.
  • Genggaman yang ergonomis dan indikator intuitif, sehingga bisa digunakan dengan mudah.
  • Penggunaan tanpa kabel jadi lebih praktis.

Nah, kalau kedua varian Philips Shaver S1000 sudah dilengkapi keunggulan-keunggulan di atas, lantas apa yang membedakannya? Jawabannya terletak pada durasi pemakaian dan teknologi pengisian dayanya guys! 

Khusus untuk varian Philips Shaver S1301, kamu bisa menikmati keunggulan lebih nih. Philips Shaver S1301 ini bisa digunakan selama 40 menit atau sekitar 13 kali pencukuran. Pengisian dayanya juga lebih cepat dengan satu jam saja untuk full charge. Selain itu, Philips Shaver 1301 juga dilengkapi dengan fitur quick charge di mana lima menit pengisian daya sudah bisa digunakan untuk satu kali pencukuran. Sedangkan, Philips Shaver S1103 bisa digunakan selama 30 menit atau sembilan kali pencukuran. Full charge Philips Shaver S1103 sendiri membutuhkan waktu delapan jam.

Makanya, kalau harus memilih di antara Philips Shaver S1301 dan Philips Shaver S1103, IDN Times menyarankan kamu pilih Philips Shaver S1301 saja karena memiliki daya tahan baterai yang lebih baik, fitur quick charge, dan juga pilihan warna yang lebih mewah yakni hitam dan metalik.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo lengkapi perlengkapan grooming kamu dengan Philips Shaver S1000 yang siap mencukur halus tanpa goresan! Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik di sini ya guys!

4. Bantu patahkan budaya toxic masculinity

Gak Ada Salahnya Cowok Merawat Diri, Ini 5 Alasannya!Shutterstock/CandyRetriever

Mungkin banyak yang gak menyadarinya, tapi selama ini kita masih sering menemukan budaya toxic masculinity. Budaya ini lestari di lingkungan masyarakat karena definisi sempit dari “kejantanan” yang diwarisi generasi ke generasi. Pernah menemukannya?

Bukti nyata adanya toxic masculinity adalah adanya anggapan bahwa cowok harus kuat menghadapi dunia dan cuek dengan hal-hal yang dianggap ‘sepele’. Cowok gak boleh mengeluh, cowok gak butuh istirahat, dan cowok gak perlu merawat diri sendiri. Padahal, cowok juga manusia dengan segala macam emosi dan keinginan dalam dirinya. Kalau cowok memang ingin mengeluh, istirahat, dan merawat diri, why not?

IDN Times percaya kalau budaya toxic ini lambat laun akan menghilang seiring banyaknya orang yang menyadari bahwa menghargai diri sendiri adalah hak kita semua. Selama itu positif, apa pun wujud apresiasi diri, sudah sepantasnya kita dukung, setuju?

5. Bisa bantu mengubah ‘nasib’ juga lho!

Gak Ada Salahnya Cowok Merawat Diri, Ini 5 Alasannya!Shutterstock/Shutter_o

Percaya gak, penampilan itu juga jadi salah faktor dalam merubah nasib lho. Gak bisa dipungkiri, penampilan kita itu juga mempengaruhi bagaimana persepsi orang-orang terhadap diri kita. Fenomena ini dikenal sebagai hallo effect. Kok bisa ya?

Nah, dilansir dari nevadatoday.com, penampilan menarik akan menciptakan impresi yang lebih baik, cerdas, kompeten, dan lain sebagainya kepada orang-orang yang baru kita temui. Makanya saat kita akan interview pekerjaan, bertemu gebetan untuk pertama kalinya, atau presentasi penting di hadapan bos, penampilan wajib dijaga.

Oke guys itu dia lima alasan kenapa cowok itu wajib grooming rutin. Semoga setelah membaca artikel ini kamu jadi lebih bisa peduli dengan diri sendiri ya. Yuk cintai diri sendiri! (CSC)

Baca Juga: 5 Tips Grooming yang Bisa Kamu Pelajari dari Cewek, Tetap Maskulin Kok

Topic:

  • Anastasia Desire
  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya