Comscore Tracker

Patut Dicoba, 5 Perawatan Mudah untuk Pria dengan Rambut Keriting

Tampil makin percaya diri! #IDNTimesMen

Rambut menjadi salah satu yang gampang-gampang susah untuk dirawat. Kalau kamu lalai, terkadang rambut akan menjadi kusam, bahkan rusak. Tentunya hal itu berpengaruh dengan rasa percaya diri kamu. Apalagi pria yang memang terkadang malas untuk merawat rambut, padahal itu perlu.

Berbicara jenis rambut, rambut keriting sering kali dianggap rambut yang paling sulit dan mengeluarkan banyak biaya untuk perawatannya. Namun, tidak banyak yang tahu kalau rambut keriting hanya butuh sedikit perhatian dan pengertian dari sang pemiliknya.

Buat kamu para pria yang punya rambut keriting, wajib banget nih tahu tentang beberapa tips perawatan rambut keriting yang mudah dan sederhana. Simak pembahasannya sampai habis!

1. Keramas dua kali seminggu

Patut Dicoba, 5 Perawatan Mudah untuk Pria dengan Rambut KeritingIlustrasi pria rambut keriting (coolmenshair.com)

Rambut keriting sangat rentan dengan lapisan dan tampilan yang kering. Penggunaan sampo yang terlalu sering dapat membuat rambut justru terlihat kusam. Maka dari itu, kamu harus keramas dua kali saja dalam seminggu. 

Walaupun dua kali seminggu bukan berarti ketika kulit kepala kamu berkeringat kamu biarkan, ya! Justru kamu harus segera keramas agar kotorannya hilang. Sesuaikan saja dengan kondisi aktivitas kamu.  

2. Jangan lupa kondisioner setelah keramas

Patut Dicoba, 5 Perawatan Mudah untuk Pria dengan Rambut KeritingIlustrasi pria rambut keriting (https://giovanibarbershop.com/)

Kondisioner sangat penting untuk semua jenis rambut. Khususnya rambut keriting. Kondisioner berfungsi untuk memberikan kelembapan yang mendalam terhadap rambut keritingmu. Kondisioner juga membantu rambut terasa lebih lembut saat disentuh. 

Kondisioner juga bisa dipakai untuk membentuk keindahan rambut. Banyak yang belum tahu rahasia pemilik rambut keriting yang indah. Biasanya, yang kita tahu mungkin karena dari krim mahal dan conditioner leave in. Siapa sangka, kondisioner yang kita pakai setelah keramas juga bisa kita pakai untuk menata rambut basah kita. 

Kamu hanya perlu membasahi rambut, lalu mengaplikasikan kondisioner ke rambut kamu. Aplikasikan secara lembut. Setelah itu biarkan hingga rambut kering dan lihatlah keindahan rambut keriting kamu. Jangan sampai kena kulit kepala, karena akan menimbulkan ketombe. 

3. Gunakan masker rambut satu kali seminggu

Patut Dicoba, 5 Perawatan Mudah untuk Pria dengan Rambut KeritingPria berambut keriting (unsplash.com/Brock Wegner)

Selain kondisioner, masker rambut juga berperan penting dalam melembapkan dan melembutkan rambut. Selain itu masker juga dapat menutrisi rambut agar lebih kuat dan sehat.

Gunakanlah masker rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut. Nama lain dari masker juga adalah deep conditioner. Maka dari itu wajib hukumnya untuk menggunakan masker. Biar makin sehat dan segar.  

Baca Juga: Mudah dan Murah, 6 Langkah Perawatan Rambut Pria di Rumah

4. Sisir rambut ketika masih basah

Patut Dicoba, 5 Perawatan Mudah untuk Pria dengan Rambut KeritingIlustrasi pria rambut keriting (https://www.allthingshair.com/)

Dulu banyak orang mengatakan kalau rambut basah tidak boleh disisir. Tapi, hukumnya berbeda dengan rambut keriting. Untuk menghindari rontok secara berlebihan dan juga patahnya rambut. Maka rambut basah paling tepat untuk disisir.

Sisir rambut kamu secara bertahap. Kamu bisa mulai dengan menggunakan jari-jari tangan. Setelah dirasa cukup kamu bisa menggunakan sisir bergigi jarak. Lalu, jika kamu ingin rambut yang lebih rapi lagi, kamu bisa menyisir menggunakan sisir bergigi rapat. 

5. Biarlah rambut bernapas sejenak

Patut Dicoba, 5 Perawatan Mudah untuk Pria dengan Rambut KeritingPria berambut keriting (unsplash.com/Hamza NOUASRIA)

Buat kamu yang punya rambut keriting panjang, sering kali karena merasa gerah malah mengikat rambut secara terus menerus dan berlangsung lama. Cobalah untuk memberikan pengertian sedikit dengan melepasnya tergerai entah ketika masih basah atau untuk gaya rambut. Dengan menggerai rambut keriting kamu, kamu bisa mengurangi rambut yang patah! 

Itu tadi lima dari banyaknya tips merawat rambut keriting secara sederhana yang bisa kamu lakukan. Hal ini memungkinkan kamu akan tampil lebih percaya diri dengan rambut keriting kamu yang sehat. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Model Rambut Pria yang Cocok untuk Wajah Bulat, Wajib Coba!

Maria Lidya Gelu Photo Writer Maria Lidya Gelu

Menulis adalah cara aku mengutarakan perasaan, pendapat, dan pengetahuan di saat aku tak mampu menyampaikannya secara lisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya