Comscore Tracker

Mudah dan Murah, 6 Langkah Perawatan Rambut Pria di Rumah

Gak ribet dan lebih hemat #IDNTimesMen

Rambut adalah mahkota, bukan hanya perempuan, tetapi juga pria. Makanya pria juga wajib untuk merawat rambutnya. Perawatan rambut sangat penting bukan hanya supaya terlihat keren, tetapi juga supaya rambut menjadi lebih sehat. Walaupun sekarang masih agak susah untuk ke tempat perawatan rambut alias salon, kamu juga bisa merawat rambut sendiri di rumah. Hitung-hitung juga lumayan buat berhemat nih, Bro.

Tapi memang biasanya pria juga males sih kalau disuruh ke salon. Jadi gak ada salahnya kamu merawat rambut dari rumah. Buat kamu yang ingin melakukan perawatan rambut sendiri di rumah, berikut 6 langkah perawatan untuk rambut yang sehat, segar dan tetap terlihat cakep. Simak ulasannya! 

1. Memakai minyak rambut sebelum keramas   

Mudah dan Murah, 6 Langkah Perawatan Rambut Pria di RumahIlustrasi perawatan rambut pria (menshealhth.com)

Buat para pria tahu, kalau rambut yang basah itu rentan mengalami kerusakan. Menggunakan minyak rambut sebelum keramas dapat mengurangi jumlah air yang diserap rambut, sehingga gak rentan terjadinya kerusakan.

Sebelum keramas usapkan minyak pada kulit kepala hingga pangkal rambut dan berikan pijatan selama 10 menit. Tunggu 30 menit sebelum akhirnya kamu melakukan keramas pada rambutmu.

2. Sampo untuk membersihkan

Mudah dan Murah, 6 Langkah Perawatan Rambut Pria di RumahIlustrasi perawatan rambut pria (askmen.com)

Sampo bukan hanya sekadar untuk membersihkan rambut saja, Bro! Memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut sangatlah penting. Jika tipe rambutmu kering, pilihlah sampo khusus rambut kering.

Saat keramas menggunakan sampo, usahakan pijat kulit kepala untuk peredaran darah yang lancar dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Dijamin rambutmu akan lebih sehat dan segar setelahnya. 

3. Memakai kondisioner rambut  

Mudah dan Murah, 6 Langkah Perawatan Rambut Pria di RumahIlustrasi perawatan rambut pria (beardconditioner.com)

Langkah ketiga adalah memakai kondisioner rambut. Kondisioner rambut bukan hanya membantu untuk melembutkan tapi juga merapikan kutikula rambut dan mencegah kerusakan rambut.

Cara pakai kondisioner yang benar dengan hanya mengaplikasikan kondisioner pada setengah bagian rambut. Jangan aplikasikan pada kulit kepala karena bisa menyebabkan kerontokan.

4. Memakai masker rambut   

Mudah dan Murah, 6 Langkah Perawatan Rambut Pria di RumahIlustrasi perawatan rambut pria (https://www.healthline.com/)

Langkah selanjutnya adalah memakai masker rambut. Masker rambut baiknya dipakai dua kali dalam seminggu. Masker rambut sendiri berfungsi untuk menguatkan akar rambut, mendorong pertumbuhan dan menjaga kelembapan rambut.

Caranya hanya dengan mengoleskan masker secara merata, berikan sedikit pijatan dan bungkus rambut dengan kain hangat selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga: 7 Model Rambut Pria yang Cocok untuk Wajah Bulat, Wajib Coba!

5. Memakai hair tonic

Mudah dan Murah, 6 Langkah Perawatan Rambut Pria di RumahIlustrasi perawatan rambut pria (atelieremmanuel.com)

Selanjutnya menggunakan hair tonic. Inti dari rangkaian perawatan ini adalah untuk merangsang pertumbuhan rambut baru. Selain itu, hair tonic akan membantu mengatasi kerontokan, merawat rambut bercabang dan mencegah ketombe.

Cara pakainya setelah keramas dan rambut sudah setengah kering, tuang hair tonic pada telapak tangan dan mulai usapkan pada kulit kepala dari bagian atas hingga bagian belakang, lanjutkan ke seluruh permukaan kulit kepala. Pijat selama lima menit agar hair tonic meresap dengan baik ke dalam kulit kepala.

6. Vitamin rambut   

Mudah dan Murah, 6 Langkah Perawatan Rambut Pria di RumahIlustrasi perawatan rambut pria (unsplash.com/mostafa meraji)

Sentuhan terakhir dari perawatan rambut adalah dengan menggunakan vitamin rambut. Vitamin rambut berfungsi untuk memberi dan mengunci nutrisi dalam rambut dan menjaga kilau rambut.

Itu tadi enam langkah perawatan rambut yang bisa kamu lakukan di rumah. Enam tahap ini bisa kamu gunakan dua kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang sehat. Selamat mencoba, Bro!

Baca Juga: Kuatkan Rambut, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Mengatasi Rambut Rontok

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya