Comscore Tracker

5 Basic Skincare buat Cowok Agar Kulit Sehat Terawat

Tidak hanya cewek yang perlu #ANGPOIN

Merawat kulit merupakan bukti bahwa kamu peduli terhadap diri sendiri. Baik cowok maupun cewek, memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit tentu menjadi hal yang penting saat ini. Bukan buat glowing semata, namun lebih ditekankan pada kesehatan kulit.

Terlebih umur semakin bertambah, kulit juga berkurang elastisitasnya. Maka, jika kamu para cowok ingin mulai merawat kulit wajah tapi bingung mulai dari mana, baca artikel ini sampai habis, ya. Gak ada kata terlambat untuk mulai merawat diri.

1. Gunakan pencuci wajah yang lembut

5 Basic Skincare buat Cowok Agar Kulit Sehat TerawatPria mencuci wajah (himistry.com)

Dari sekian banyak pencuci wajah di pasaran, pilih yang gak memberikan sensasi kaku pada wajahmu ya. Biasanya jika hal tersebut terjadi, wajah akan terasa kering dan justru akan memproduksi minyak lebih banyak. Pencuci wajah bisa kamu sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit kamu.

Pencuci wajah menjadi poin penting dalam merawat wajah karena akan menghapuskan kotoran dan sisa minyak. Ini menjadi kebutuhan dasar merawat kulit wajah sebelum menuju langkah selanjutnya.

2. Pilih toner sesuai kebutuhan kulit

5 Basic Skincare buat Cowok Agar Kulit Sehat TerawatPria merawat wajah (identity-mag.com)

Toner berfungsi mengembalikan kondisi kulit agar prima sehingga akan menyerap lebih baik tahapan selanjutnya. Toner memiliki banyak jenis, tinggal sesuaikan dengan kondisi kulit kamu. Jangan sampai salah pilih agar kulitmu sehat dan bebas masalah.

Jika kamu masih bingung, tenang saja, berikut panduan memilih toner sesuai jenis kulitmu.

  • Pilih hydrating toner untuk kulit kering;
  • Pilih balancing toner untuk kulit kombinasi atau berminyak;

Untuk kulit normal, kamu bebas memilih toner yang diformulasikan untuk semua jenis kulit.

Baca Juga: 5 Penyebab Wajah Cowok Lebih Mudah Berjerawat, Waspada! 

3. Gunakan pelembap

5 Basic Skincare buat Cowok Agar Kulit Sehat TerawatPria memakai skincare (abc.net.au)

Mau kulit kamu kering atau berminyak, pelembap sangat penting untuk menutrisi wajahmu. Pilih pelembap yang gak memicu komedo atau menyumbat pori, biasanya bertuliskan non comedogenic. Jangan salah sangka kalau kulit kering gak butuh pelembap ya.

Ketika kulit keringmu gak diberikan pelembap, ia akan mengirim sinyal bahwa kulit 'kehausan', sehingga justru membuat kelenjar minyak jadi lebih aktif. Duh, gak mau kan gara-gara melewatkan pelembap mahal kulit jadi berminyak.

4. Jangan lupakan sunscreen

5 Basic Skincare buat Cowok Agar Kulit Sehat TerawatPria memakai perawatan kulit (stryx.com)

Sunscreen ini sangatlah penting. Pertama, buang jauh pikiranmu kalau pakai sunscreen bertujuan 'biar kulit gak hitam'. Sinar matahari punya sinar UV A yang menyebabkan penuaan dan UV B yang membuat kulit jadi lebih gelap dan terbakar. Nah, yang kedua sinar UV A dan B bisa tetap menembus awan dan kaca jendela atau mobil, lho. Jadi meskipun cuaca sedang mendung jangan kira UV A dan B ikutan 'ngumpet'!

Menggunakan sunscreen perlu untuk kesehatan kulit agar tidak terjadi penuaan dini seperti muncul kerutan, bintik hitam, bahkan memicu kanker kulit, lho. Pilih sunscreen sesuai kebutuhan kulit kamu. Gunakan saat matahari sudah mulai bersinar, baik di luar maupun di dalam ruangan.

5. Pilih perawatan sesuai kondisi kulit

5 Basic Skincare buat Cowok Agar Kulit Sehat TerawatCowok pakai skincare (timesofindia.indiatimes.com)

Kalau empat langkah di atas sudah kamu lakukan, boleh nih menambah rangkaian perawatan kulit lainnya sesuai kondisi wajah. Misalnya kamu jerawatan, pilih obat jerawat atau kandungan yang meminimalkan peradangan. Kalau kulitmu ada flek hitam bekas jerawat, bisa pilih serum untuk memudarkan bintik hitam.

Jika kusam? Pilih serum yang membantu mencerahkan kulitmu. Bisa pilih yang mengandung vitamin C atau scrub wajah untuk eksfoliasi kulit mati.

Masih bingung skincare bagus yang mana? Sesungguhnya skincare yang bagus adalah dengan mencobanya sendiri dan cocok serta sesuai dengan kantong plus kebutuhan kulit. Percuma menanyakan teman skincare yang baik seperti apa, karena kondisi kulit setiap orang berbeda.

Baca Juga: Catat Bro, Ini 9 Model Rambut ala Cowok Korea untuk Wajah Bulat 

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya