Comscore Tracker

Waktunya Glow Up, Ini 8 Basic Skincare Rutin bagi Pria

Kulit pria juga berhak dirawat!

Semua orang pastinya menginginkan kulit yang sehat dan terawat. Namun berbeda dengan wanita, pria biasanya lebih cuek mengenai perawatan kulit mereka. Akibatnya banyak pria yang mengalami masalah kulit seperti jerawat yang akhirnya akan meninggalkan bekas jerawat baik bintik hitam maupun bopeng.

Masalah-masalah kulit yang muncul itulah yang berakibat pada menurunnya rasa percaya diri seseorang. Jadi, jangan gengsi lagi untuk merawat kulit kalian boys! Bagi kalian yang penasaran, di bawah ini akan dijelaskan cara mudah melakukan perawatan kulit bagi pria.

1. Kenali tipe kulit kalian

Waktunya Glow Up, Ini 8 Basic Skincare Rutin bagi PriaIlustrasi pria memeriksa kulitnya (unsplash.com/The Creative Exchange)

Tahap pertama adalah mengenali terlebih dahulu tipe kulit. Pada tahap ini sangat penting, termasuk pria tahap ini penting guna memilih produk perawatan kulit yang tepat. Dilansir dari AAD, ada lima tipe kulit yang harus diketahui demi mengidentifikasi tipe kulit masing-masing yaitu, tipe kulit sensitif, biasanya akan iritasi dan kemerahan jika menggunakan produk yang tidak cocok.

Tipe kulit normal, kulit yang jarang mengalami masalah. Tipe kulit kering, biasanya kulit terasa kasar dan banyak sel kulit mati. Tipe kulit berminyak, kulit kusam dan licin karena minyak berlebih. Tipe kulit kombinasi, kulit kering dan berminyak di sebagian area.

2. Mencuci muka

Waktunya Glow Up, Ini 8 Basic Skincare Rutin bagi PriaIlustrasi mencuci wajah (pixabay.com/MarcodaModa)

Mencuci muka pada saat sebelum beraktivitas adalah wajib karena akan membuat kulit tampak lebih segar dan lebih siap bertemu banyak orang. Gak lucu kan ketemu gebetan tapi wajahmu kusam? Cara mencuci muka gampang kok.

Basahi wajahmu dengan air dan tuangkan facial wash secukupnya kemudian usapkan dengan gerakan memutar secara perlahan. Setelah itu keringkan dengan handuk dengan cara ditepukan-tepukkan ke wajah jangan di usap terlalu keras karena akan membuat kulitmu tergores atau membuat jerawatmu pecah.

Dilansir dari Birckell Men, pemilihan sabun wajah yang cocok dengan tipe kulitmu gampang-gampang susah. Jika ketemu yang kurang cocok malah akan membuat masalah kulitmu semakin parah atau akan menimbulkan masalah kulit yang sebelumya tidak ada. Jadi, kalau sudah menemukan yang cocok jangan gonta-ganti ya boys!

3. Pakai toner

Waktunya Glow Up, Ini 8 Basic Skincare Rutin bagi PriaIlustrasi pria menggunakan toner (unsplash.com/The Creative Exchange)

Memakai toner dilakukan setelah kamu mencuci muka degan facial wash. Tuangkan toner pada kapas dan usapkan merata pada wajahmu atau bisa langsung dituangkan ke telapak tanganmu tanpa kapas. Dilansir dari Tiege.com, fungsi toner adalah sebagai penyeimbang ph kulit agar kulitmu siap menerima produk skincare lainnya.

4. Aplikasikan serum

Waktunya Glow Up, Ini 8 Basic Skincare Rutin bagi PriaIlustrasi pria memegang serum (unsplash.com/Angelica Echeverry)

Setelah memakai toner selanjutnya adalah waktunya pengaplikasian serum. Memilih komposisi serum yang tepat akan secara efektif membantu mengatasi masalah kulit yang sudah lama kamu derita. Teteskan langsung serum pada wajah dan usap perlahan dengan gerakan memutar.

Dilansir dari Today.com, serum adalah produk perawatan kulit yag didesain untuk mengantarkan bahan aktif spesifik dengan konsentrasi tinggi ke dalam kulit. Karena konsentrasi bahan aktif pada serum lebih tinggi dibanding produk perawatan kulit yang lain, maka serum juga akan lebih kuat mengatasi masalah kulitmu.

Baca Juga: Daneen Skincare Rilis 29 Produk Skincare untuk Berbagai Jenis Kulit

5. Gunakan sunscreen

Waktunya Glow Up, Ini 8 Basic Skincare Rutin bagi PriaIlustrasi pria memakai sunscreen (unsplash.com/The Creative Exchange)

Pengaplikasian serum sudah kamu lewati dengan baik selanjutnya adalah memakai sunscreen. Pilihlah sunscreen dengan spf yang tinggi jika kamu banyak melakukan aktifitas di luar ruangan. Dilansir Health Harvard, sunscreen adalah sebagai tameng yang melindungimu dari radiasi sinar ultraviolet yang buruk bagi kulitmu. Fungsi sunscreen yang lain adalah sebagai moisturizer agar kulitmu selalu lembap. Jadi, gak perlu beli pelembap lagi deh.

6. Cuci wajahmu sebelum tidur

Waktunya Glow Up, Ini 8 Basic Skincare Rutin bagi PriaIlustrasi pria mencuci wajah dengan air (unsplash.com/Tadeusz Lakota)

Tahap mencuci muka sebelum tidur sangat penting bagi kulitmu. Setelah kamu melakukan aktivitas seharian penuh tentunya akan banyak debu dan kotoran yang menempel di kulitmu. Jika hal ini dibiarkan kotoran tersebut akan masuk ke dalam pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Jadi, jangan melewatkan mencuci wajahmu sebelum tidur!

7. Eksfoliasi kulitmu

Waktunya Glow Up, Ini 8 Basic Skincare Rutin bagi PriaIlustrasi pria memakai scrub (unsplash.com/Safia Shakil)

Pilihlah produk eksfoliasi kulit dengan scrub yang halus. Karena scrub yang halus tidak akan membuat skin barrier kulitmu menjadi tipis. Tuang eksfoliasi secukupnya kemudian usapkan pada wajahmu secara perlahan dengan gerakan memutar kemudian bilas wajahmu dengan air. Lakukan tahapan ini 2 kali dalam seminggu.

Dilansir dari Healthline.com, eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel kulit mati pada lapisan kulit terluar sehingga membuat wajahmu antikusam dan tampak lebih cerah.

8. Perbanyak makan buah dan sayur serta minum air putih yang cukup

Waktunya Glow Up, Ini 8 Basic Skincare Rutin bagi PriaIlustrasi pria membawa buah dan sayur (unsplash.com/NordWood Themes)

Buah dan sayur adalah sumber vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh. Mengonsumsi buah dan sayur yang cukup akan menutrisi kulitmu dengan vitamin yang terkandung di dalamnya. Minum air putih yang cukup juga jangan sampai ketinggalan! T

erlebih lagi, tubuh kita mayoritas terdiri dari air. Jadi, pasokan air yang cukup akan membuat tubuh kita terhidrasi dengan baik. Konsumsi air yang cukup juga akan membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik sehingga penggantian sel-sel mati juga akan berjalan dengan lancar.

Kurangi makan-makanan yang berminyak seperti gorengan. Makan-makanan dengan minyak yang berlebih tidak bagus untuk kulitmu karena akan meyebabkan jerawat. Makan gorengan boleh saja asal tidak berlebihan dan diimbangi dengan memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur.

Kunci dari sebuah keberhasilan adalah konsisten. Jadi, buat para cowok di luar sana jangan malas dan tetap konsisten melakukan perawatan kulit kalian. Atur pola makan dengan makan makanan yang sehat dan bergizi serta jangan lupa berolahraga! Let’s try and find out if this work!

Baca Juga: Coba Skincare Baru Jadi Jerawatan? Ini Perbedaan Purging dan Breakout

Muhammad Maftuch Bahrun Ilmi Photo Writer Muhammad Maftuch Bahrun Ilmi

Bukan penulis hanya sesorang yang menuangkan apa yang sedang dipikirkan. Ig @muhammadmaftuchbahrunilmi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya