Comscore Tracker

7 Bahan Alami yang Dapat Dimanfaatkan sebagai Penghitam Rambut 

Cowok harus tahu juga! #IDNTimesMen

Memiliki rambut hitam yang sehat dan berkilau tentu menjadi impian banyak orang, termasuk pria. Selain demi penampilan yang keren, beberapa pria melakukannya untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan seperti munculnya uban. Berbagai cara dilakukan untuk memenuhi keinginan memiliki rambut hitam berkilau tadi. Ada yang mewarnai rambut mereka dengan pewarna kimia, tapi ada juga yang lebih memilih menggunakan pewarna alami.

Bicara tentang pewarna alami untuk tampilan rambut hitam berkilau, ternyata banyak sekali bahan di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai penghitam rambut. Mau tahu apa saja? Cek pembahasannya sampai bawah!

1. Santan kelapa

7 Bahan Alami yang Dapat Dimanfaatkan sebagai Penghitam Rambut Ilustrasi santan kepala (Unsplash.com/Tijana Drndarski)

Pada umumnya, santan kelapa banyak dimanfaatkan untuk keperluan memasak. Namun siapa yang menyangka jika santan kelapa juga dapat dipakai untuk menghitamkan rambut. Bahkan, caranya pun terbilang sangat mudah.

Cukup usapkan santan kelapa asli yang kental pada rambut mulai dari pangkal sampai ujung rambut. Diamkan selama 30 menit agar santan meresap sampai ke dalam batang rambut. Setelah itu kita bisa keramas dengan sampo sampai bersih.

2. Mengkudu

7 Bahan Alami yang Dapat Dimanfaatkan sebagai Penghitam Rambut Ilustrasi mengkudu (pixabay.com/braico)

Meski mengkudu punya rasa pahit khas dan bau yang menyengat, tetapi fakta ini tidak mengurangi manfaatnya sama sekali. Biasa dimanfaatkan untuk obat, ternyata mengkudu memiliki manfaat lain sebagai penghitam rambut alami.

Pertama, parut buah mengkudu sampai halus lalu peras dan pisahkan sarinya. Pakai air perasan mengkudu tadi untuk diusapkan pada rambut. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin tanpa memakai sampo.

3. Bawang merah

7 Bahan Alami yang Dapat Dimanfaatkan sebagai Penghitam Rambut Ilustrasi bawang merah (pixabay.com/webvilla)

Bumbu dapur yang satu ini pasti jarang pernah absen dari dapur kita. Selain untuk menambah cita rasa masakan, bawang merah juga dapat dimanfaatkan sebagai penghitam rambut sekaligus mencegah kerontokan.

Caranya, cukup dengan menghaluskan bawang merah dan mengusapkannya pada rambut mulai dari pangkal sampai ujung rambut. Setelah didiamkan selama 20 menit, bilas sampai bersih dengan air mengalir.

Baca Juga: 8 Ide Model Rambut Side Part yang Bisa Kamu Coba, Keren Abis!

4. Cuka apel

7 Bahan Alami yang Dapat Dimanfaatkan sebagai Penghitam Rambut Ilustrasi cuka apel (pixabay.com/wicherek)

Nutrisi yang ada dalam cuka apel ternyata sangat lengkap hingga dapat membuat rambut menjadi hitam berkilau. Di samping itu, cuka apel juga dapat merangsang folikel rambut hingga membuat pertumbuhannya jadi lebih cepat.

Berbeda dengan bahan sebelumnya, pemakaian cuka apel sebagai penghitam rambut justru di saat rambut sudah bersih. Serupa kondisioner, oleskan campuran 5 tetes cuka apel dan segelas air pada rambut. Diamkan selama beberapa menit sampai mengering lalu bilas dengan air.

5. Daun bunga sepatu

7 Bahan Alami yang Dapat Dimanfaatkan sebagai Penghitam Rambut Ilustrasi bunga sepatu (pixabay.com/MabelAmber)

Meski sudah cukup jarang ditemukan, tapi ternyata daun bunga sepatu juga dapat dijadikan bahan penghitam rambut alami. Siapkan saja daun bunga sepatu sebanyak 10 helai.

Cuci sampai bersih lalu remas daun sampai keluar lendirnya. Oleskan lendir yang sudah terkumpul tadi pada rambut yang sudah basah. Setelah rambut mulai mengering, kita bisa membilasnya dengan air sampai bersih.

6. Alpukat

7 Bahan Alami yang Dapat Dimanfaatkan sebagai Penghitam Rambut Ilustrasi alpukat (pixabay.com/Kjokkenutstyr)

Alpukat merupakan salah satu lemak baik yang sering dijadikan asupan kaya nutrisi. Selain menyehatkan, alpukat juga bisa menghitamkan rambut. Bahkan cara pemakaiannya pun terbilang cukup mudah.

Haluskan daging buah alpukat lalu campurkan dengan kuning telur dan satu sendok teh minyak zaitun. Oleskan masker alpukat tadi pada rambut mulai dari pangkal sampai ujung rambut. Diamkan selama 30 menit. Setelah kering, bersihkan dengan sampo sampai bersih.

7. Biji pepaya

7 Bahan Alami yang Dapat Dimanfaatkan sebagai Penghitam Rambut Ilustrasi pepaya (Unsplash.com/Bon Vivant)

Saat makan pepaya biasanya biji buah akan langsung kita buang begitu saja. Namun ternyata biji buah pepaya dapat dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut. Biji pepaya yang sudah dicuci harus disangrai lebih dulu untuk ditumbuk sampai halus dan diberi campuran minyak kelapa.

Setelah itu, oleskan pada rambut sambil dipijat-pijat secara perlahan. Lalu tutup rambut dengan handuk selama 30 menit dan bilas dengan air dingin sampai bersih.

Itu tadi tujuh bahan alami di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan sebagai penghitam rambut alami. Gak cuma dapat rambut hitam berkilau idaman, tapi juga aman dari pewarna kimia. Buat kamu pria yang ingin tampil dengan rambut hitam, bahan ini bisa kamu coba!

Baca Juga: 7 Inspirasi Model Rambut Gimbal Pria yang Bisa Kamu Coba!

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya