Comscore Tracker

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pori-pori Wajah Membesar, Waspada Bro!

Pakai skincare mahal juga percuma jadinya #IDNTimesMen

Memiliki kulit wajah yang mulus, bersih dan cerah pasti menjadi dambaan setiap orang, termasuk juga pria. Bahkan gak sedikit pria rela merogoh kocek banyak demi melakukan perawatan atau membeli skincare yang terbilang mahal agar perawatan wajahnya maksimal. Meskipun begitu, terkadang hasil yang diperoleh tidak selalu sesuai dengan harapan.

Tanpa disadari, kebiasaan sepele yang sering dilakukan setiap hari bisa menimbulkan dampak negatif pada wajah. Alhasil, kulit wajah bukannya makin baik tapi justru timbul masalah seperti pori-pori yang membesar. Berikut ini beberapa kebiasaan sepele yang malah membuat pori-pori wajah jadi makin besar. Simak sampai bawah!

1. Terlalu sering cuci muka

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pori-pori Wajah Membesar, Waspada Bro!Ilustrasi cuci muka (Unsplash/TadeuszLakota)

Pada dasarnya, rajin mencuci muka memang dianjurkan demi alasan kebersihan. Bukan hanya itu, rutinitas ini juga dipercaya sebagai langkah ampuh agar terhindar dari risiko kulit kering. Bahkan dalam rangkaian skincare, produk sabun cuci muka gak pernah absen dan menjadi langkah dasar untuk merawat kulit.

Namun, terlalu sering mencuci muka ternyata justru memberi dampak yang kurang bagus untuk kulit. Alih-alih menjaga kebersihan, kebiasaan cuci muka berlebihan justru berisiko membuat kulit makin kering. Bukan hanya itu, pori-pori wajah juga tampak makin besar hingga kulit wajah jadi cepat keriput.

Penting untuk diperhatikan, cuci muka cukup dua kali sehari. Jika kulit terasa kering, jangan lupa untuk memakai pelembap wajah. Khusus untuk kulit yang berjerawat, bisa menggunakan krim anti jerawat sekali dalam sehari.

2. . Kelewat sering eksfoliasi wajah

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pori-pori Wajah Membesar, Waspada Bro!Ilustrasi perawatan wajah pria (Foto oleh cottonbro dari Pexels)

Eksfoliasi wajah merupakan proses perawatan kulit yang bertujuan untuk mengangkat kotoran pada wajah, termasuk sel kulit mati. Eksfoliasi juga menjadi langkah penting agar kulit tampak cerah sekaligus mencegah pori-pori tersumbat.

Sayangnya, eksfoliasi dengan scrub wajah berisiko membuat kulit jadi kering, iritasi dan tipis jika terlalu sering diterapkan. Parahnya lagi, kelewat sering memakai scrub wajah malah akan membuka pori-pori kita jadi lebih besar.

Kondisi ini malah meningkatkan penumpukan kotoran dan minyak pada wajah hingga akan menyumbat pori-pori kulit. Oleh karenanya, anjuran eksfoliasi wajah sebaiknya dilakukan maksimal dua kali dalam seminggu.

3. Lupa memakai tabir surya

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pori-pori Wajah Membesar, Waspada Bro!Ilustrasi skincare(Unsplash/Amplitude Magazin)

Tabir surya sering kali dianggap menjadi produk perawatan kulit yang wajib digunakan saat beraktivitas di luar ruangan saja. Meskipun begitu, gak jarang juga orang melupakan tabir surya ketika memulai aktivitasnya sehari-hari.

Padahal sebenarnya tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Selain itu, pemakaian rutin juga akan membuat pori-pori mengecil, kulit lebih cerah dan halus, hingga membuat jerawat dan bekasnya jadi cepat menghilang.

Baca Juga: 5 Cara yang Benar Mencukur Rambut di Sekitar Alat Kelamin Pria  

4. Hobi memencet komedo dan jerawat  

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pori-pori Wajah Membesar, Waspada Bro!Ilustrasi menekan komedo (pexels.com/@olly)

Siapa nih yang suka pencet-pencet wajah buat menghilangkan komedo dan jerawat? Kalau masih dilakukan, setop sekarang juga. Pasalnya, kebiasaan ini hanya akan memberi dampak buruk untuk kulit wajah, terlebih jika dilakukan dengan asal-asalan.

Kalau kita sembarangan memencet komedo dan jerawat, apalagi dengan tangan kosong yang kotor, hal ini malah membuat bakteri dan kotoran masuk ke dalam pori-pori, yang menyebabkan komedo dan jerawat makin parah.

Bahkan, kulit juga bisa teriritasi hingga menimbulkan banyak bekas luka pada wajah. Parahnya lagi, meski luka bisa sembuh, sayangnya pori-pori kulit terlanjur membesar dan semakin meningkatkan risiko munculnya masalah kulit lainnya.

5. Sering memakai blotting paper

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pori-pori Wajah Membesar, Waspada Bro!Pria merawat wajah (identity-mag.com)

Memakai bottling paper sudah seperti cara pintas untuk menyingkirkan minyak pada wajah. Namun, penggunaan yang terlalu sering ternyata juga berdampak buruk. Hal ini dikarenakan saat minyak di wajah berusaha dihilangkan, kulit jadi cenderung lebih kering.

Meski terkesan nyaman, tapi kondisi kulit yang lebih kering justru akan membuat wajah tampak kusam. Gak hanya itu, semakin sering kita menggunakan bottling paper, produksi minyak di wajah justru akan semakin meningkat. Jadi, jangan heran kalau kulit wajah kita malah terlihat makin kotor dan pori-pori makin besar.

Itulah tadi sederet kebiasaan sepele yang justru membuat pori-pori wajah jadi makin besar. Pada dasarnya, perawatan wajah semahal apa pun akan sia-sia jika masih saja dibarengi dengan kebiasaan buruk. Jangan dianggap remeh, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mudah Merawat Wajah Pria dengan Produk Anti Aging 

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya