Comscore Tracker

Bagaimana Cara Cowok Gentle Merawat Diri? Ini Tipsnya

#GantengCaraGue Karena cowok juga butuh merawat diri kok!

Bagi kebanyakan pria di Indonesia, peduli pada tubuh sendiri dengan rutin melakukan perawatan tubuh masih dianggap tabu. Padahal, sama halnya seperti wanita, pria juga perlu untuk menjaga penampilan dengan melakukan perawatan tubuh.

Permasalahan pria yang masih malu untuk merawat tubuh juga dirasakan oleh COO IDN Times William Utomo. Pria berkacamata ini juga merasa bahwa persoalan pria di Indonesia mau peduli pada tubuhnya sendiri karena terbentur oleh budaya.

Culture-nya kita sungkan banget kalo ada yang bilang ‘eh lu ganteng’, terus mau bales apa nih. Kalau wanita kan, ‘eh lu cantik banget sih’, ‘Ah enggah masih cantikan lu deh’, gitu terus bales-balesan. Kalau cowok kan memang culture, jadi sungkan, jadi tabu,” ungkap William saat menjadi narasumber di acara AXE Men’s Grooming di Chief Barbershop & Coffee, Kemang, Jakarta, awal Februari lalu.

Karena sungkan dan tabu itulah akhirnya membuat para pria di Indonesia kurang peduli pada tubuhnya. Sehingga menimbulkan stigma kalau cowok yang melakukan perawatan tubuh itu bukan cowok gentle. Padahal, cowok gentle punya cara tersendiri untuk merawat diri yang gak sama dengan wanita. Bagaimana caranya?

1. Pakai sabun khusus cowok untuk mandi

Bagaimana Cara Cowok Gentle Merawat Diri? Ini TipsnyaUnsplash.com/Paul Gaudriault

Umumnya, kaum cowok itu gak peduli dengan sabun yang dipakai untuk mandi. Apa saja akan dipakai selama itu ada di kamar mandi, sekalipun itu sabun perempuan. Padahal, kulit pria dan perempuan sangat berbeda. Itulah kenapa kulit pria juga membutuhkan jenis sabun yang berbeda.

William sendiri baru sadar kalau ternyata memang ada sensasi yang berbeda ketika ia yang biasa memakai sabun apa saja untuk mandi, beralih ke sabun khusus pria.

Waktu itu baru ngerasa, oh ternyata sabun itu juga ada yang dedicated buat cowok. Sebenernya simple, cuma sabun, ternyata itu buat men, jadi merasa sedikit diperhatikan. Jadi sangat disarankan untuk temen-temen, coba aja pake sabun yang khusus buat cowok, ada perasaan yang berbeda pokoknya saat keluar dari kamar mandi,” ungkapnya.

2. Cuci wajah dengan sabun muka yang sesuai permasalahan kulit

Bagaimana Cara Cowok Gentle Merawat Diri? Ini TipsnyaPexels.com/Tri Fatono

Jerawat, kusam, dan muka berminyak pastinya sudah menjadi permasalahan umum yang dialami oleh kaum pria di Indonesia. Wajar mengingat Indonesia berada di wilayah iklim tropis. Tapi, sayangnya, lagi-lagi kebanyakan cowok kurang peduli dengan sabun yang dibeli dan dipakai. Yang penting murah atau malah seadanya saja. Sabun muka untuk cewek pun dipakai kalau memang itu yang ada di kamar mandi.

Cukup deh seperti itu. Lebih baik mulai pilih sabun muka yang sesuai kebutuhan. Kenapa? Karena kalau sampai salah pakai yang ada kondisi kulit wajah makin parah. Senior Brand Manager AXE, Raditya Beer pun mengungkapkan kalau sekarang kaum pria masih perlu diedukasi soal pemilihan sabun muka yang cocok dengan kondisi kulit wajah.

Misalnya, wajahnya berminyak, berarti kita harus pake sabun muka yang untuk mengatasi muka berminyak (oil control), jangan pakai yang scrub. Karena itu bisa bikin iritasi atau makin kering,” tuturnya.

3. Pakai pelembap wajah

Bagaimana Cara Cowok Gentle Merawat Diri? Ini TipsnyaPexels.com/Dana Tentis

Untuk memastikan wajah bisa tampil bersih dan terjaga sepanjang hari gak cukup dengan mencucinya, tapi kamu juga harus menggunakan pelembap wajah sebelum beraktivitas. Tujuannya jelas, agar kulit wajah tak mudah kering dan kusam yang bisa membuat bibit-bibit jerawat muncul.

Baca Juga: 5 Langkah Sederhana Jadikan Kamu Terlihat Ganteng Maksimal

4. Hati-hati memilih shampo untuk rambut

Bagaimana Cara Cowok Gentle Merawat Diri? Ini TipsnyaPexels.com/fancycrave

Walaupun cowok selalu sibuk memilih minyak rambut yang tepat untuk menata rambut, tapi jarang yang sibuk menentukan jenis shampo yang mau dipakai. Sama seperti sabun mandi, cowok kurang peduli dengan shampo yang akan dipakai. Padahal, kalau salah bisa-bisa membuat rambut mudah rusak.

Misal, padahal punya masalah dengan ketombe tapi malah pakai shampo untuk permasalahan rambut rontok. Atau punya masalah rambut kering dan bercabang tapi malah pakai shampo untuk yang mengatasi permasalahan ketombe. Alhasil, yang ada kondisi rambut semakin rusak dan sulit untuk ditata lagi. Kalau sudah begitu, mau pakai pomade pun tetap saja gak tampil oke.

5. Rapikan atau cukur janggut

Bagaimana Cara Cowok Gentle Merawat Diri? Ini TipsnyaPexels.com/Nick Demou

Janggut saat ini sudah menjadi salah satu tren di kalangan cowok. Sekarang ada banyak model janggut yang bisa kamu pilih sesuai dengan bentuk wajah. Misal, untuk wajah persegi kamu bisa terapkan model full beard, chin curtain, atau extended goatee. Bagi yang berwajah bulat bisa memilih model goatee, soul patch, atau chin strap.

Atau kalau bingung, kamu bisa pergi ke barbershop dan meminta untuk dirapikan sesuai model yang cocok. Dan bagi kamu yang memang tak ingin memelihara janggut, pastikan untuk menggunakan krim cukur janggut agar terhindar dari iritasi.

6. Gunakan body lotion saat akan keluar ruangan

Bagaimana Cara Cowok Gentle Merawat Diri? Ini TipsnyaPexels.com/Bamusiime Sylvia

Jangan hanya fokus pada area wajah, tapi kamu juga harus peduli pada bagian tubuh lain seperti tangan dan badan. Untuk bisa menjaganya, usapkan body lotion ke bagian tangan dan tubuh sebelum keluar ruangan. Untuk menggunakan ini, kamu bisa memilih body lotion yang mengandung tabir surya untuk menghindari kulit gelap akibat terpapar matahari, atau yang membuat kulit lembap sehingga kulit tidak kering walau seharian beraktivitas di luar ruangan.

7. Jangan sampai salah pilih produk

Bagaimana Cara Cowok Gentle Merawat Diri? Ini TipsnyaDok. AXE x IDN Times

Hal lain yang tak kalah penting saat akan merawat tubuh, tentu saja memilih produk yang tepat. Karena kalau sampai salah pilih, maka uang yang kita keluarkan selama ini akan percuma sebab tak memberikan hasil pada kondisi kulit.

Kalau urusan memilih produk, sebetulnya sangat mudah menentukannya. Pertama pilihlah produk dari merek yang sangat konsen pada perawatan tubuh pria. Misalnya AXE, merek yang sudah 37 tahun di Indonesia dan hanya fokus menyediakan kebutuhan kaum pria dalam hal perawatan tubuh.

Produk-produk AXE pun kini bervariasi. Tak hanya body spray, tapi ada juga body wash atau sabun mandi, face wash atau sabun wajah, sampai dengan pomade untuk mendukung penampilan cowok makin maksimal.

Tapi, Radit menekankan kalau AXE menghadirkan produk-produk tersebut bukan untuk mendefinisikan kriteria cowok ganteng atau gentle secara universal. Karena setiap orang pada dasarnya bisa ganteng dengan caranya masing-masing.

Jadi dari AXE itu kita pengin bilang, lo bisa ganteng dengan cara lo masing-masing. Mengurangi sedikit pressure dari dalem atau dari society yang lo liat kalo ganteng itu harus six pack,” terang Radit.

8. Jangan cuma perawatan dari luar, tapi juga lakukan perawatan dari dalam

Bagaimana Cara Cowok Gentle Merawat Diri? Ini TipsnyaDok. AXE x IDN Times

Menurut Radit, ganteng itu sama seperti cantik yang bisa dilihat bukan hanya dari luar, tapi juga dari dalam. Karena itu, untuk bisa menjadi cowok yang ganteng dan gentle, kamu perlu untuk menjaga kepribadian kamu.

Misal, dengan memperlakukan wanita secara lembut, bertutur kata yang baik kepada orang lain, humble, sopan, hingga menjaga attitude. “Semua orang (bisa) ganteng dengan cara mereka masing-masing. Ganteng itu juga ada luar dalam, sama seperti cantik luar dalam,” ujar Radit.

Jadi, sebagai cowok, gentle itu bukan berarti harus selalu tampil maskulin, macho, atau sangar. Tapi jadilah gentle dengan cara masing-masing yang tak melupakan ganteng dari dalam.

Baca Juga: Bukan Six-Pack, 5 Cara Ini Bikin Cowok Lebih Ganteng Sesungguhnya

Rahardian Shandy Photo Verified Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You