Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Mencegah Kerutan di Area Mata, Mudah Dipraktikkan! 

Caranya praktis, dan tak perlu buang-buang waktu

Kerutan di area mata, tak hanya muncul saat usia kita tak muda lagi. Terkadang kerutan mata pada remaja pun juga bisa datang. Hal tersebut bisa dikarenakan kebiasaan-kebiasaan yang sering kamu lakukan.

Untuk mencegah kerutan mata agar tak datang lebih dini, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini. Penasaran apa saja? Simak langsung pembahasannya di bawah ini sampai selesai!

1. Menjaga kelembapan

5 Cara Ampuh Mencegah Kerutan di Area Mata, Mudah Dipraktikkan! Clarins Defining Eye Lift (tokopedia.com/gorjeeus)

Sama halnya dengan perawatan kulit lainnya, area mata pun juga membutuhkan perawatan. Salah satunya adalah dengan cara selalu menjaga kelembapannya. Kamu dapat mengaplikasikan pelembap khusus mata setiap pagi dan malam sebelum tidur dengan produk seperti eye cream, eye serum, atau eye mask.

Kamu sebaiknya menggunakannya saat usiamu di atas 25 tahun. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu dapat pula menggunakan face roller atau face massager setelah mengaplikasikan produk perawatan mata, agar krim meresap lebih baik.

2. Menggunakan tabir surya

5 Cara Ampuh Mencegah Kerutan di Area Mata, Mudah Dipraktikkan! ilustrasi produk tabir surya (unsplash.com/Arthur Pereira)

Paparan sinar matahari bisa berpotensi dalam meningkatkan risiko penuaan pada kulit. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghilangkan kerutan di bawah mata, adalah dengan secara teratur mengaplikasikan sunscreen sebelum melakukan kegiatan, supaya wajah tetap terlindungi dari efek buruk sinar ultraviolet.

Jika sebagian besar waktumu digunakan untuk berada di luar ruangan, maka gunakanlah tabir surya dengan SPF di atas 30. Kamu juga sebaiknya mengaplikasikan kembali tabir surya setiap 3 atau 4 jam sekali.

3. Mengonsumsi makanan sehat

5 Cara Ampuh Mencegah Kerutan di Area Mata, Mudah Dipraktikkan! buah beri (instagram.com/thefreshmarket)

Tak hanya dari luar, kamu juga dapat melakukan perawatan dari dalam dengan menjaga pola makan kamu sehari-hari. Semakin sehat makanan yang kamu konsumsi, tentu semakin baik pula hasilnya.

Kamu bisa memakan banyak sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan. Hidangan tersebut bermanfaat untuk membuat kulit lebih lembap, kenyal, dan terlindungi, sehingga tidak mudah muncul kerutan. Nutrisi alami dari makanan tersebut juga dapat membantu kamu menjaga elastisitas kulit.

Baca Juga: 5 Cara Maksimal Menggunakan Eye Cream, Bye Mata Panda!

4. Hindari begadang

5 Cara Ampuh Mencegah Kerutan di Area Mata, Mudah Dipraktikkan! Illustrasi pria yang sedang begadang (Unsplash.com/Somnox Sleep)

Tidur yang cukup menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah kerutan di area mata. Mulai sekarang, kamu sebaiknya mengurangi begadang yang tidak penting. Jika memang dituntut untuk melakukan banyak pekerjaan, sehingga begadang, maka janganlah terlalu sering. 

Karena jika terlalu sering begadang, maka kerutan di area mata dan area kulit lainnya jadi lebih cepat muncul. Selain itu, kurang istirahat dapat pula mempercepat tampilan wajah menjadi terlihat lebih tua.

5. Membersihkan area mata secara perlahan

5 Cara Ampuh Mencegah Kerutan di Area Mata, Mudah Dipraktikkan! ilustrasi wanita dengan area mata sehat (unsplash.com/Amanda Dalbjörn)

Banyak orang yang masih salah dalam membersihkan area mata, seperti terlalu menekan atau menggosoknya terlalu kasar. Hal tersebut, justru dapat menjadi penyebab kulit mata menjadi mudah berkeriput.

Kamu harus tahu, bahwa kulit mata berbeda dengan kulit lain yang mempunyai tingkat ketebalan berbeda. Untuk itu, sebaiknya kamu mengusap area mata dengan perlahan ketika membersihkan riasan, karena kulit area mata sangat sensitif.

Kelima kegiatan di atas bisa menjadi cara mudah yang efektif dalam mengurangi dan mencegah kerutan di area mata kamu. Lakukan secara rutin, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Eye Cream untuk Pria dengan Kandungan Anti Aging

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya