Comscore Tracker

5 Kesalahan Pemakaian Retinol yang Harus Kamu Hindari, Simak! 

Bisa membuat kulit menjadi bermasalah

Retinol menjadi salah satu kandungan aktif yang dapat dimanfaatkan sebagai pencegahan penuaan dini dan membasmi jerawat. Jika ingin memperoleh manfaatnya secara maksimal, kamu harus mengetahui cara penggunaannya.

Bila kamu salah dalam pemakaiannya, bukannya memperoleh kulit yang bersih terawat, malah akan merasakan yang sebaliknya. Berikut adalah lima kesalahan pemakaian retinol yang wajib kamu hindari.

1. Tidak menggunakan tabir surya

5 Kesalahan Pemakaian Retinol yang Harus Kamu Hindari, Simak! ilustrasi produk dengan kandungan retinol (instagram.com/simplificapele)

Kesalahan paling umum pemakaian retinol adalah tidak menggunakan sunscreen baik pada pagi atau siang hari. Padahal, retinol dapat membuat kulit menjadi lebih peka terhadap sinar matahari. 

Makanya saat kamu memakai skincare retinol pada malam hari dan keesokan harinya membiarkan kulitmu polos tanpa penggunaan sunscreen, maka bisa membuat wajah kamu memerah atau bahkan terlihat kusam. Kamu disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dengan tekstur yang cepat meresap ke kulit.

2. Tidak mengaplikasikan pelembap

5 Kesalahan Pemakaian Retinol yang Harus Kamu Hindari, Simak! ilustrasi produk dengan kandungan retinol (instagram.com/jo_h31)

Jika serum atau toner kamu mengandung retinol, maka sebaiknya kamu juga menggunakan pelembap yang ampuh secara maksimal melembapkan kulit. Kamu bisa memakai serum hyaluronic acid atau hydrating face oil setelah penggunaan produk apa pun yang terdapat retinol di dalamnya.

Hal tersebut bertujuan agar kulitmu tidak menjadi kering dan mencegah iritasi. Jika kulitmu cenderung sensitif dan tetap ingin mengaplikasikan serum retinol, maka caranya bisa di balik. Kamu dapat menggunakan pelembap terlebih dulu, kemudian baru melakukan pemakaian serum retinolnya. 

3. Memakainya terlalu sering

5 Kesalahan Pemakaian Retinol yang Harus Kamu Hindari, Simak! ilustrasi produk dengan kandungan retinol (instagram.com/scarlet.esthetic)

Mungkin kamu pernah merasakan kulit terasa kaku dan “ketarik” setelah secara rajin memakai skincare dengan kandungan retinol. Bisa saja itu terjadi karena kamu terlalu sering menggunakannya. Bahan ini benar-benar bereaksi secara kuat, jadi sebaiknya berhati-hati.

Untuk yang konsentrasinya di atas 1%, kamu dianjurkan untuk memakai 1-2 kali saja dalam seminggu. Kalau di bawah 1%, kamu dapat menggunakannya 3-4 kali dalam seminggu atau setiap hari yang diaplikasikan pada malam hari saja, dengan catatan teratur memakai pelembap setelahnya dan menggunakan tabir surya keesokan paginya.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria, Wajib Coba!

4. Mengkombinasikan dengan AHA BHA

5 Kesalahan Pemakaian Retinol yang Harus Kamu Hindari, Simak! ilustrasi produk dengan kandungan retinol (instagram.com/esthedermza)

Kamu dilarang untuk menggunakan produk skincare yang mengandung retinol bersamaan dengan skincare dengan kandungan AHA dan BHA atau kombinasi dari kedua bahan tersebut. 

AHA dan BHA mempunyai sifat mengeksfoliasi kulit, sehingga sel-sel kulit mati dapat dibersihkan dan kulit menjadi lebih halus, serta lebih sensitif. Jika dikombinasikan dengan retinol yang sifatnya merangsang regenerasi sel kulit dan produksi kolagen, maka kulitmu akan “dipaksa” bekerja keras. Hal tersebut membuatnya makin sensitif, bahkan mengelupas. 

5. Langsung menggunakan dengan konsentrasi tinggi

5 Kesalahan Pemakaian Retinol yang Harus Kamu Hindari, Simak! ilustrasi produk dengan kandungan retinol (instagram.com/skincare__enthusiast_)

Jika kamu seorang pemula dalam penggunaan perawatan kulit, maka kamu dianjurkan untuk memilih skincare retinol dengan konsentrasi yang rendah terlebih dahulu, misalnya saja 0,5% atau 1%. Kamu bisa mulai menggunakan toner, sebelum mengaplikasikan serum. Hal tersebut dikarenakan biasanya konsentrasi serum lebih tinggi dari toner. Kamu sebaiknya menghindari pemakaian produk dengan kandungan retinol di atas 1%, agar kulit tidak iritasi.

Kelima kesalahan pemakaian retinol di atas sebaiknya kamu hindari agar tidak membuat kulitmu menjadi iritasi atau bahkan mendapatkan masalah kulit yang lainnya. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 5 Produk Skincare dengan Kandungan Semangka, Ampuh Bikin Kulit Segar! 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya