Comscore Tracker

5 Rangkaian Produk Skincare yang Wajib Kamu Gunakan Saat Malam Hari

Bikin kulit jadi kinclong!

Perawatan kulit, terutama di bagian wajah, tentu tak hanya pada pagi atau siang hari saja. Kamu juga perlu melakukan perawatan wajah pada malam hari, karena pada saat itu, menjadi waktu yang ideal untuk sel-sel tubuh kita beristirahat dari segala aktivitas, termasuk sel kulit.

Saat kamu rehat, kulit justru dapat menyerap produk perawatan dengan lebih baik lagi. Ketika tidur, wajah kita juga tidak dalam keadaan menggunakan makeup, sehingga skincare akan bekerja lebih optimal. Apa saja jenis produk yang wajib kamu gunakan pada malam hari? Berikut daftarnya!

1. Cleanser

5 Rangkaian Produk Skincare yang Wajib Kamu Gunakan Saat Malam HariBioderma Sensibio H2O (instagram.com/hasakibeauty)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan cleanser. Kamu dapat memilih cleansing milk, cleansing oil, cleansing balm, atau micellar water, sebelum menggunakan facial wash. Ini bertujuan agar wajah bersih maksimal, setelah kamu memakai sunscreen, makeup, dan keluar rumah.

Namun, jika kulitmu kering, sensitif, dan seharian tidak keluar rumah atau tidak menggunakan makeup, maka kamu bisa langsung membersihkan wajah dengan facial wash. Contoh produk yang bisa kamu gunakan adalah Bioderma Sensibio H2O dan Kiehl’s Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash.

2. Serum

5 Rangkaian Produk Skincare yang Wajib Kamu Gunakan Saat Malam HariEstee Lauder Advanced Night Repair (instagram.com/gilevich_muah)

Serum menjadi skincare yang umumnya memiliki kandungan ingredients canggih, dan konsentrasinya lebih tinggi bila dibandingkan dengan moisturizer. Hal tersebut membuat penggunaannya menjadi penting, apalagi jika kamu mempunyai target-target khusus pada kulit, misalnya menyamarkan kerutan, mengurangi dark spots, atau membuat kulit menjadi lebih cerah.

Kamu bisa menggunakannya setelah membersihkan wajah terlebih dahulu dan juga jangan melupakan area leher. Terdapat beragam produk serum yang dibuat khusus untuk merawat kulit di malam hari dan membuat kulit bercahaya pada keesokan paginya. Rekomendasi produk yang bisa digunakan adalah L’Occitane Overnight Reset Serum, Estee Lauder Advanced Night Repair, dan Kiehl’s Midnight Recovery Concentrate. 

3. Eye cream

5 Rangkaian Produk Skincare yang Wajib Kamu Gunakan Saat Malam HariLancome Advanced Genifique Yeux Light Pear (instagram.com/beautymeup_usa_uk_shop)

Pemakaian eye cream sedini mungkin memang tidak dianjurkan, namun bagi kamu yang berusia di atas 25 tahun sangat disarankan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit pada area mata yang sangat halus dan tipis. Jika kamu melakukan perawatan ini secara rutin, kamu dapat mencegah fine lines dan keriput muncul lebih awal.

Selain itu, produk ini dapat membantu memudarkan puffy eyes dan dark circles yang diakibatkan seringnya begadang dan kurang tidur. Beberapa rekomendasi produk unggulan yang bisa menjadi pilihan adalah Lancome Advanced Genifique Yeux Light Pearl, atau Clinique All About Eyes karena sangat melembapkan, aromanya nggak strong, dan nggak bikin mata perih atau gatal.

Baca Juga: 5 Kesalahan Skincare Pria yang Menyebabkan Komedo, Sering Disepelekan!

4. Pelembap

5 Rangkaian Produk Skincare yang Wajib Kamu Gunakan Saat Malam HariAntipodes Avocado Pear Nourishing Night Cream (instagram.com/koalaku.id)

Produk skincare selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah pelembap khusus malam hari atau krim malam. Umumnya produk ini mempunyai tekstur yang lebih kaya jika dibandingkan dengan krim pagi, sehingga dapat menghidrasi kulit saat tidur.

Kamu bisa menggunakannya setelah memakai serum. Pilihan produk yang bisa kamu gunakan, antara lain Antipodes Avocado Pear Nourishing Night Cream atau Sukin Moisture Restoring Night Cream. Produk tersebut membuat kulit menjadi lembap.

5. Sleeping mask

5 Rangkaian Produk Skincare yang Wajib Kamu Gunakan Saat Malam HariLaneige Water Sleeping Mask (instagram.com/korea.top.top)

Sleeping mask menjadi rangkaian produk perawatan penutup pada malam hari. Produk ini digunakan setelah penggunaan semua skincare lainnya yang berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit ketika tidur. Produk jenis ini biasanya lebih segar dan bertekstur lebih basah, namun tidak memberikan efek lengket apalagi berminyak.

Untuk hasil yang memuaskan, kamu dapat menggunakannya 3 kali seminggu, atau bisa juga setiap malam jika kulitmu memang memerlukan kelembapan ekstra. Produk yang bisa kamu gunakan adalah Laneige Water Sleeping Mask, Chanel Hydra Beauty Masque De Nuit, Sulwhasoo Overnight Vitalizing Mask EX, atau dari brand lokal, yaitu Lacoco Watermelon Glow Mask. 

Kelima serangkaian produk di atas bisa kamu gunakan secara rutin, agar mendapatkan kulit yang bersih terawat. Keesokan harinya kamu akan mendapatkan kulit yang sehat bersinar. Yuk, cobain!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Skincare Korea untuk Pria, Wajah Makin Glowing!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya