Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Penyebab Utama Bibir Kering, Kamu Harus Paham!

Ucapkan selamat tinggal buat bibir kering

Banyak pria yang mengalami bibir kering yang dapat diikuti dengan pecah-pecah, rasa perih, dan bahkan hingga berdarah. Selain merasakan sakit, bibir kering juga tak enak dipandang.

Apakah kamu mengetahui penyebab bibir menjadi kering? Bila telah terjadi seperti demikian, bagaimanakah cara merawatnya supaya kamu daparlt mencegahnya? Yuk, cari tahu cara mengatasi lima penyebab utama bibir kering berikut ini.

1. Tidak melindungi bibir dengan benar

5 Tips Mengatasi Penyebab Utama Bibir Kering, Kamu Harus Paham!The Body Shop Lip Care Stick (shopee.co.id/nleschshop)

Perlu kamu tahu bahwa pembersih wajah yang kamu gunakan dapat menjadikan bibirmu kering, terutama produk dengan kandungan asam salisilat dan benzoyl peroxide. Apabila bibir telah kering dan mudah pecah-pecah, maka kamu bisa memakai pelembap yang diformulasikan untuk melunakkan bibir dan membuatnya semakin lembap.

Kamu dapat mencoba untuk menggunakan pelembab dengan asam lemak dan asam linoleate, seperti shea butter olive oil (The Body Shop Lip Care Stick), emu oil (Miracle Emu Oil Lip Balm Therapy), atau minyak kelapa (Himalaya Herbals Lip Balm) yang bisa meresap dengan baik.

2. Alergi pasta gigi 

5 Tips Mengatasi Penyebab Utama Bibir Kering, Kamu Harus Paham!ilustrasi produk pasta gigi (unsplash.com/莎莉 彭)

Alergi tak hanya disebabkan oleh bahan-bahan produk perawatan bibir. Bisa jadi penyebab alergi adalah pasta gigi dengan kandungan sodium lauryl sulfate. Ini adalah bahan pembuat busa yang menjadi penyebab umum bibir mengalami pecah-pecah atau iritasi.

Hal tersebut berarti bibir kamu sensitif terhadap kandungan ini. Bila kamu curiga pasta gigilah yang menjadikan bibirmu kering, kamu bisa mencoba pasta gigi merek lain dengan formula berbeda.

3. Sering membasahi bibir dengan ludah

5 Tips Mengatasi Penyebab Utama Bibir Kering, Kamu Harus Paham!ilustrasi pria yang bibirnya rutin menggunakan lip balm (unsplash.com/henri meilhac)

Membasahi bibir yang kering bisa menjadi salah satu cara untuk melembapkannya, namun itu hanya bersifat sementara. Karena saat air liur tersebut menguap, maka seluruh kelembaban dari bibir akan ikutan menguap.

Oleh karen itu, kamu harus tahu bahwa membasahi bibir malahan akan membuatnya lebih kering. Kamu disarankan untuk mengoleskan lipbalm atau lipbutter pada bibir yang kering.

Baca Juga: 5 Alasan Lip Serum Dapat Atasi Kerutan di Pinggir Bibir, Catat Bro!

4. Dehidrasi

5 Tips Mengatasi Penyebab Utama Bibir Kering, Kamu Harus Paham!ilustrasi air mineral (unsplash.com/Ikhsan Sugiarto)

Tidak sama dengan kulit, bibir tak memiliki kandungan kelenjar minyak, sehingga menjadikannya mudah kering dan pecah-pecah. Jika bibirmu kering, kamu mencoba mengingat-ingat apakah kamu sudah cukup minum air putih?

Karena bibir kering bisa jadi kamu sedang dalam kondisi dehidrasi. Mencukupi cairan dari dalam tubuh sangat penting untuk kesehatan bibir kamu. Kamu perlu untuk menghindari minuman atau makanan yang dapat membuat bibirmu dehidrasi seperti kopi, soda, dan makanan yang asin-asin.

5. Udara yang dingin 

5 Tips Mengatasi Penyebab Utama Bibir Kering, Kamu Harus Paham!Fresh Sugar Mango Hydrating Lip Balm (fresh.com)

Ketika kamu berkunjung ke lokasi dengan udara yang dingin, atau berada di kantor dengan ruangan yang pendingin udaranya disetel maksimal, maka bisa berpengaruh kepada bibir kamu menjadi kering. Hal tersebut bisa disebabkan kurangnya kelembaban di udara yang dingin.

Pada saat kamu berada di tempat berudara dingin, kamu sebaiknya melindungi bibir dengan mengoleskan lipbalm yang akan segera melembabkan bibirmu. Alhasil, kamu akan terhindar dari bibir kering, apalagi pecah-pecah.

Kamu kini telah mengetahui penyebab bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Kamu bisa melakukan perawatan bibir kering sesuai penyebab masalahnya, ya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lip Balm untuk Pria, Atasi Bibir Kering!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya