Comscore Tracker

5 Tips Perawatan Khusus Pria Saat Musim Panas, Anti Belang! 

Tak hanya menggunakan tabir surya saja

Saat musim panas, kulit memerlukan perawatan yang lebih ekstra. Tak hanya mengaplikasikan produk tabir surya, terdapat perawatan lainnya yang bisa dilakukan. Jika tidak melakukannya secara teratur, maka bisa membuat kulit menjadi belang atau bahkan iritasi.

Hal tersebut tentu mempengaruhi penampilan dan bahkan menjadi penyebab kurangnya kepercayaan diri. Tak perlu khawatir, berikut ini terdapat beberapa perawatan khusus untuk pria ketika musim panas yang bisa diterapkan.

1. Jangan terlalu sering melakukan shaving

5 Tips Perawatan Khusus Pria Saat Musim Panas, Anti Belang! ilustrasi pria yang sedang shaving (unsplash.com/Supply)

Jika kamu mempunyai kumis dan jenggot, maka sebaiknya kamu jangan terlalu sering untuk mencukurnya ketika musim panas. Setelah dicukur, kulit wajah memerlukan waktu untuk memperbaiki dan memulihkan diri.

Bila kamu terlalu sering, maka kulit akan menjadi lebih sensitif, apalagi terkena paparan sinar matahari yang terik. Kamu dianjurkan untuk memberikan jeda waktu untuk mencukur kumis dan jenggot tersebut sesuai dengan arah tumbuhnya. Selain itu, akan lebih baik jika kamu menggunakan produk krim pelembap dan after shave agar kulit pada wajah tetap terjaga.

2. Menggunakan minyak khusus kumis dan jenggot

5 Tips Perawatan Khusus Pria Saat Musim Panas, Anti Belang! ilustrasi produk minyak khusus kumis dan jenggot (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Selama kamu menunda untuk melakukan shaving, maka kamu bisa memakai minyak khusus untuk kumis dan jenggot agar tetap terasa nyaman dan tidak mengganggu penampilan.

Minyak khusus ini bermanfaat dalam melembutkan, memelihara, dan merapikan kumis dan jenggot. Ketika musim panas, biasanya rasa gatal muncul di area kumis dan jenggot. Selain itu, kamu bisa rajin mengaplikasikan minyak khusus tersebut untuk menghilangkan beardruffs

3. Melakukan perawatan pada bagian bibir

5 Tips Perawatan Khusus Pria Saat Musim Panas, Anti Belang! ilustrasi produk lip balm (unsplash.com/Erik Mclean)

Seperti area wajah lainnya, bibir juga menjadi bagian tak kalah penting yang harus dirawat. Bibir juga dikenal sebagai area yang hanya mempunyai sedikit kelenjar minyak, sehingga bila kamu menginginkan bibirmu tetap sehat, maka sebaiknnya kamu memakai lip balm khusus pria untuk melindunginya dari sinar matahari.

Bila kamu tak merasa nyaman mengaplikasikan lip balm, maka kamu bisa memilih produk gel aloe vera yang kini banyak beredar di pasaran sebagai alternatif. Bibir akan terlibat terawat dan tidak mudah pecah-pecah.

Baca Juga: 5 Pilihan Skincare dengan Kandungan Peptide, Bikin Kulit Awet Muda!

4. Hal yang perlu dilakukan saat di pantai

5 Tips Perawatan Khusus Pria Saat Musim Panas, Anti Belang! ilustrasi pantai (unsplash.com/Sean Oulashin)

Biasanya banyak orang yang menghabiskan waktu berlibur di pantai saat musim panas. Walaupun demikian, berenang terlalu lama di pantai tidak baik untuk kesehatan kulit. Apalagi jika kulit terpapar sinar matahari setelah berenang di pantai tersebut.

Adanya sisa garam dapat menyebabkan kelembapan kulitmu akan lebih cepat berkurang daripada dalam kondisi yang normal. Hal tersebut dapat mengakibatkan timbulnya sun damage dan penuaan dini. Untuk mengantisipasinya, kamu dapat mengeringkan kulit dengan menggunakan handuk atau langsung membilasnya di tempat pemandian.

5. Menghindari produk perawatan yang kurang sesuai

5 Tips Perawatan Khusus Pria Saat Musim Panas, Anti Belang! ilustrasi produk skincare (unsplash.com/Enecta Cannabis extracts)

Terdapat banyak produk yang kurang pas digunakan ketika musim panas. Kamu bisa mulai menghindari penggunaan produk perawatan jerawat dengan kandungan benzoyl peroxide atau krim kulit dengan alpha hydroxy acid (AHA).

Jika kamu tetap menggunakannya, ditakutkan produk tersebut dapat memunculkan ruam pada kulit bila terkena terik sinar matahari. Bila kamu mempunyai kebiasaan memakai parfum, sebaiknya tidak menggunakannya ketika berlibur ke pantai. Hal tersebut dikarenakan parfum dapat membuat kulit menjadi sensitif dan jika digabungkan dengan sun protector bisa menyebabkan pigmentasi.

Perawatan khusus di atas menjadi penting, terutama saat musim panas. Tak terlalu sulit, kamu bisa melakukannya dengan mudah, kan? Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Produk Skincare dengan Kandungan Kaktus, Bikin Kulit Glowing!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya