Comscore Tracker

Gampang Dilakukan, Ini 6 Cara Alami Memanjangkan Rambut untuk Pria

Praktikkan, yuk!

Memanjangkan rambut memang susah-susah gampang. Gak cuma bagi kaum Hawa, kaum Adam pun gak sedikit yang mengalami masalah ini. Berbagai produk digunakan agar rambut sehat, lebat, dan panjang. Padahal, memanjangkan rambut bisa dilakukan dengan cara alami. Dilansir Real Men Real Style, berikut ini enam cara alami yang bisa kamu lakukan untuk memanjangkan rambut. Simak, ya!

1. Asupan makanan bergizi  

Gampang Dilakukan, Ini 6 Cara Alami Memanjangkan Rambut untuk Priaunplash.com/@annapelzer

Rambut mencerminkan kondisi kesehatan. Untuk itu, asupan makan bergizi juga diperlukan agar mempunyai rambut yang diidamkan. Berikut ini nutrisi yang harus terpenuhi untuk kesehatan rambut pria.

  • Air

Sama seperti kulit tubuh, kulit kepala juga bisa mengalami kekeringan. Minum air 1,5--2 liter per hari sangat dianjurkan bukan hanya untuk tubuh, tetapi juga rambut. Hal ini juga diperlukan agar kamu gak dehidrasi.

  • Protein 

Mengonsumsi cukup protein juga berpengaruh pada kondisi rambut karena pada dasarnya rambut berbasis protein. Para ahli merekomendasikan 120 gram protein daging untuk sarapan dan makan siang. Sementara, untuk vegetarian, kamu bisa menggantinya dengan 120 gram protein nabati seperti olahan kacang-kacangan, tahu, dan lain-lain.

  • Biotin

Seperti sel tubuh lainnya, sel rambut juga dilapisi membran lemak. Agar sel ini tumbuh dan berkembang biak, kamu perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tepat. Lemak ini bisa didapat dari salmon dan alpukat.

  • Vitamin C

Selain sebagai sumber kolagen, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang melawan kerusakan sel. Kamu bisa mendapat asupan ini dari buah jeruk, mangga, paprika, dan lain-lain.

2. Perhatikan suhu air saat keramas  

Gampang Dilakukan, Ini 6 Cara Alami Memanjangkan Rambut untuk Priaunplash.com/@johnfo

Mana yang lebih baik, keramas dengan air hangat atau air dingin? Selama ini, persoalan suhu air sering menjadi perdebatan. Sebenarnya, keramas dengan air dingin dan air hangat sama-sama mempunyai plus dan minus.

Air hangat baik untuk membersihkan rambut secara menyeluruh. Sebab, air hangat yang bersifat membuka pori-pori dan kutikula kulit kepala bisa meluruhkan minyak, ketombe, dan sel kulit mati. Air hangat juga membuat kulit kepala menjadi lembap sehingga sampo dan kondisioner bisa diserap dengan baik. Dengan catatan, suhu air jangan terlalu panas dan waktu keramas jangan terlalu lama.

Sementara keramas dengan air dingin membuat kulit kepala menjadi lebih segar. Suhu yang dingin juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah. Darah yang mengalir ini membawa kandungan nutrisi yang dibutuhkan rambut untuk tetap sehat, kuat, dan berkilau.

Bagaimana solusi terbaiknya? Kamu bisa menggunakan keduanya untuk keramas. Awali keramas dengan membasahi rambut dengan air hangat agar pori-pori dan kutikula terbuka. Lalu, gunakan sampo seperti biasa dan bilas menggunakan air dingin.

3. Gunakan sedikit sampo dan perbanyak kondisioner

Gampang Dilakukan, Ini 6 Cara Alami Memanjangkan Rambut untuk Priaunplash.com/@charissek

Keramas setiap hari bisa membuat rambut menjadi kering. Makanya, para ahli menyarankan untuk memilih sampo dengan sedikit detergen dan sulfat karena dapat menghilangkan minyak alami yang ada di kulit kepala. Kamu juga disarankan untuk selalu menggunakan kondisioner untuk menjaga keindahan rambut. Kandungan kondisioner membantu menjaga ujung rambut agar tidak kusut dan bercabang. Kondisioner juga menjadi pengganti minyak alami untuk melembapkan rambut.

Baca Juga: RM BTS dan 10 Idol Pria Ini Coba Rambut Biru di Tahun 2020, Kece Abis!

4. Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah  

Gampang Dilakukan, Ini 6 Cara Alami Memanjangkan Rambut untuk Priaunplash.com/@nehel

Menyisir rambut dalam keadaan basah sangat tidak disarankan karena rentan membuat ujungnya bercabang dan patah. Mengeringkan rambut sebaiknya dilakukan dengan lembut. Hindari menggosok dengan gerakan yang keras agar rambut tidak rontok.

5. Rutin olahraga  

Gampang Dilakukan, Ini 6 Cara Alami Memanjangkan Rambut untuk Priaunplash.com/@fangkuan

Oksigen berfungsi membantu sel berkembang dan tetap sehat. Olahraga menjadi salah satu cara untuk memaksimalkan oksigen dalam darah. Kamu bisa melakukan olahraga kardio seperti berlari selama setengah jam dalam 3x seminggu. Selain itu, gerakan memijat kulit kepala saat keramas juga membantu menguatkan sel rambut.

6. Jam tidur teratur  

Gampang Dilakukan, Ini 6 Cara Alami Memanjangkan Rambut untuk Priaunplash.com/@claudiamanas

Tanpa disadari, kebiasaan tidur juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Selama manusia tidur, tubuh dalam keadaan perbaikan alami. Para ahli menyarankan untuk tidur selama 7--8 jam di malam hari. Tidur teratur membuat sel kulit kepala lebih aktif. Selain itu, tidur juga meningkatkan sirkulasi darah di sekitar folikel rambut sehingga membantu rambut tumbuh lebih lebat.

Itu dia enam tips alami memanjangkan rambut bagi pria. Jangan lupa praktikkan dan share, ya!

Baca Juga: 10 Potret Memesona Artis Pria yang Kian Gagah dengan Rambut Gondrong

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya