Comscore Tracker

5 Cara Cegah Rambut Lepek dan Bau Apek saat Pakai Helm

#IDNTimesMen Biar rambut tetap bagus meski pakai helm

Jika kamu sangat memerhatikan gaya rambut, tentu kamu akan berusaha agar gaya rambut kamu tetap maksimal kapan pun, bukan? Tapi jika kamu senang naik motor saat bepergian, masalah rambut lepek dan bau apek datang menghantui kamu. Hal ini disebabkan karena penggunaan helm yang bisa bikin rambut lepek dan bau apek karena keringat yang mengumpul ditambah kondisi helm yang kotor. 

Nah, jika kamu ingin rambut kamu tetap maksimal dan terhindar dari masalah meskipun sering memakai helm, IDN Times bakal bagikan 5 cara mencegah rambut lepek dan bau apek saat pakai helm di bawah ini, Bro!

1. Selalu jaga kebersihan busa di dalam helm

5 Cara Cegah Rambut Lepek dan Bau Apek saat Pakai HelmPexels/Giorgio de Angelis

Busa di dalam helm adalah bagian yang paling dekat dengan rambut. Kamu bisa bayangkan, helm yang dipakai setiap hari saat harus bermacet-macetan di jalan raya yang penuh polusi dan debu lama kelamaan busa bagian dalamnya akan semakin kotor. Hal ini yang bisa membuat rambut kamu jadi lepek dan bau apek.

Sehingga cara mencegah rambut lepek dan bau apek saat pakai helm adalah dengan rutin mencuci helm, terutama bagian busa yang menempel langsung ke rambut. Kamu bisa menyesuaikan seberapa sering pencucian dengan seberapa sering kamu menggunakan helm. Jika cukup sering kamu bisa mencucinya paling tidak 2 minggu sampai 4 minggu sekali.

Kamu bisa mencuci helm di tempat pencucian helm yang ada di daerah sekitar kamu. Selain itu, kamu juga bisa mencuci helm sendiri lho. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mencopot busa yang ada di dalam helm, lalu merendamnya dengan sabun atau sampo agar kotoran terangkat. Lalu bilas dan angin-anginkan hingga kering.

2. Jaga kebersihan rambut dengan keramas secara berkala

5 Cara Cegah Rambut Lepek dan Bau Apek saat Pakai HelmPexels/cottonbro

Selain menjaga kebersihan helm, cara mencegah rambut lepek dan bau apek saat pakai helm selanjutnya adalah dengan rajin menjaga kebersihan rambut kamu sendiri. Kamu bisa rutin keramas menggunakan sampo untuk menjaga rambut kamu selalu bersih, dan menghindari debu serta kotoran yang menumpuk karena memakai helm.

Lakukan keramas sesuai dengan kondisi rambut. Jika kamu merasa rambut kamu cepat kering jika terlalu sering keramas, kamu bisa keramas paling tidak dua hari sekali. Namun kamu tetap harus rajin membersihkan rambut dan kulit kepala saat mandi meskipun sedang tidak keramas dengan menggunakan sampo, Bro.

3. Jangan gunakan helm saat rambut masih basah

5 Cara Cegah Rambut Lepek dan Bau Apek saat Pakai HelmUnsplash/Jared Brashier

Saat terburu-buru, terkadang kamu gak sadar langsung memakai helm saat rambut kamu masih basah karena baru saja selesai mandi. Rambut yang masih basah bisa membuatnya jadi lepek dan bau apek karena kondisi lembap bercampur dengan busa helm yang gak selalu bersih. Sehingga bakteri akan menempel dan menyebabkan bau apek pada rambut kamu.

Jadi kamu perlu banget membiasakan diri untuk memastikan bahwa rambut kamu sudah benar-benar kering sebelum memakai helm. Kamu juga bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut dengan cepat sebelum memakai helm jika terburu-buru untuk pergi setelah mandi.

Baca Juga: Cara Bedakan Helm Cargloss Palsu, Mudah Kok

4. Pertimbangkan untuk menggunakan penutup rambut sebelum memakai helm

5 Cara Cegah Rambut Lepek dan Bau Apek saat Pakai HelmPexels/Romina Ordóñez

Karena sulitnya menjaga kebersihan busa helm, kamu juga bisa mencegah kontak langsung antara rambut dengan busa helm yang kotor dengan menggunakan kain pelindung rambut. Pelindung ini bisa berupa hair cap, buff, bandana, hingga cap khusus yang digunakan untuk pengguna motor.

Dengan penutup rambut ini, kamu lebih mudah mengontrol kebersihannya dan lebih praktis mencucinya daripada harus mencuci helm secara rutin. Tips tambahan, kamu bisa pilih bahan yang terbuat dari katun agar gak membuat gerah selama memakai penutup rambut. Jika rambut kamu keriting dan cepat kering, bahan yang halus seperti satin juga bisa jadi pilihan.

5. Gunakan parfum rambut setelah memakai helm

5 Cara Cegah Rambut Lepek dan Bau Apek saat Pakai HelmUnsplash/Curology

Cara mencegah rambut lepek dan bau apek saat pakai helm selanjutnya jika kamu sudah benar-benar menjaga kebersihan helm dan kebersihan rambut adalah dengan membuat rambut kamu harum kembali menggunakan parfum rambut. Parfum ini juga disebut hair mist yang memiliki berbagai aroma yang menyegarkan.

Bawa di dalam tas kamu saat bepergian, dan jangan lupa semprotkan sesaat setelah kamu melepas helm. Maka rambut kamu akan kembali segar dan wangi, sehingga kamu lebih percaya diri karena rambut kamu terhindar dari bau apek.

Itulah 5 cara mencegah rambut lepek dan bau apek saat pakai helm. Mudah bukan, caranya? Bye lepek dan bau apek!

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Helm Sendiri di Rumah, Anti Bau Apek!

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya