Comscore Tracker

Wajib Dilakukan, 5 Cara Mengatasi Bibir Kering pada Pria

#IDNTimesMen Pria juga perlu menghindari bibir kering

Para pria zaman sekarang sudah mulai memperhatikan perawatan anggota tubuh mereka mulai dari rambut, kulit hingga wajah. Namun terkadang bibir menjadi bagian tubuh yang sering terlewatkan. Padahal bibir merupakan bagian yang mudah terlihat dan perlu untuk dirawat.

Sementara itu, masalah yang paling sering dialami para pria adalah bibir kering. Sehingga agar tingkat kepercayaan diri kamu semakin meningkat, kamu perlu merawat serta mencegah bibir kering. Sudah tahu bagaimana caranya? IDN Times sajikan lima cara mengatasi bibir kering pada pria di bawah ini, bro!

1. Jangan ragu untuk menggunakan lip balm

Wajib Dilakukan, 5 Cara Mengatasi Bibir Kering pada PriaIlustrasi lip balm untuk pria (unsplash/Enecta Cannabis extracts)

Terkadang para pria merasa sungkan menggunakan lip balm untuk bibir mereka. Ya, lip balm memang identik digunakan oleh para wanita. Tapi, sebenarnya lip balm juga bisa dipakai oleh pria, lho.

Lip balm berfungsi untuk membuat bibir lebih lembap sehingga bibir kamu terhindar dari kekeringan. Bagi pria, kamu bisa memilih lip balm yang tidak berwarna dan mengandung vitamin E yang baik untuk kulit serta SPF untuk melindungi dari sinar matahari. Kamu bisa menggunakannya dua kali sehari sehabis mandi ya, bro!

2. Gosok bibir dengan sikat gigi lembut

Wajib Dilakukan, 5 Cara Mengatasi Bibir Kering pada PriaSikat gigi (unsplash/Superkitina)

Bibir kering bisa menyisakan sel-sel kulit mati di area bibir. Kondisi ini juga bisa memperparah bibir kering kamu, lho. Jadi untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang tertinggal di bibir, kamu perlu melakukan eksfoliasi secara rutin.

Tak perlu kebingungan bagaimana cara melakukannya. Kamu hanya perlu menggosok lembut area bibir dengan menggunakan sikat gigi. Setelah kamu selesai gosok gigi, bilas sikat gigi kamu, lalu gosokkan dengan lembut ke area bibir, ya.

3. Jaga asupan yang masuk ke tubuh kamu

Wajib Dilakukan, 5 Cara Mengatasi Bibir Kering pada PriaIlustrasi pria minum air putih (unsplash/Damir Spanic)

Tak hanya dari luar, namun kamu juga mengatasi bibir kering dari dalam. Caranya adalah dengan menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh kamu. Asupan yang paling sederhana dan ternyata baik untuk kesehatan bibir adalah air putih.

Rajin minum air putih mampu memperhalus kulit termasuk area bibir secara alami. Selain itu, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C juga baik untuk bibir.

Vitamin C bersifat antioksidan yang dapat melindungi bibir dari kerusakan sel. Jadi perhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh ya, bro. Sebaiknya kamu juga hindari rokok karena bisa menyebabkan bibir kering dan menghitam.

Baca Juga: Awas, 5 Kandungan dalam Lip Balm Ini Bikin Bibir Kering 

4. Lakukan perawatan bibir dengan bahan-bahan alami

Wajib Dilakukan, 5 Cara Mengatasi Bibir Kering pada PriaIlustrasi bahan-bahan alami untuk perawatan bibir (unsplash/Upin)

Kamu juga bisa merawat kesehatan bibir dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemui di dapur. Kamu cuma membutuhkan lemon, gula, dan madu. Simpel bukan, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk merawat bibir kering?

Caranya, kamu bisa membuat air perasan lemon terlebih dahulu, setelah itu campurkan madu dan gula secukupnya. Cara menggunakannya pun mudah banget. Kamu bisa mengoleskan larutan tersebut ke bibir kamu dan diamkan hingga 15 menit. Lakukan proses ini setidaknya dua minggu sekali ya, bro.

Selain dengan bahan di atas, kamu juga bisa mengoleskan bibir kamu dengan minyak kelapa atau lendir lidah buaya. Bahan-bahan ini juga baik untuk kesehatan bibir kamu.

5. Hindari kebiasaan sering menjilat bibir

Wajib Dilakukan, 5 Cara Mengatasi Bibir Kering pada PriaIlustrasi pria membasahi bibir dengan lidah (pixabay/Peggy_Marco)

Salah satu kebiasaan yang gak disadari adalah menjilat bibir menggunakan lidah untuk membasahinya. Padahal bukannya bibir jadi lebih lembap, sering menjilat bibir justru bisa membuat bibir kering, lho.

Hal ini dikarenakan bibir kamu jadi basah bukan oleh air biasa, namun air liur yang bisa menghilangkan minyak alami yang sebenarnya sudah bisa membuat bibir kamu lebih lembap. Selain itu, kebiasaan menjilat bibir juga akan meninggalkan bau kurang sedap pada bibir yang disebabkan oleh air liur yang mengering.

Nah, mulai sekarang kamu sudah gak perlu khawatir bibir kering lagi. Kamu bisa mengatasinya dengan mengikuti cara-cara ini. Selamat mencoba!

Baca Juga: Bro, Ini 5 Cara Merawat Rambut Gondrong Ikal Anti Kering dan Kaku

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya