Comscore Tracker

Hindari Kulit Iritasi, Ini 5 Cara Atasi Ingrown Hair pada Pria

#IDNTimesMen rambut yang tumbuh ke dalam bikin iritasi

Beberapa pria mengalami ingrown hair atau rambut yang gagal tumbuh keluar dan justru tumbuh ke dalam kulit. Ingrown hair ini biasanya tumbuh di area dagu, pipi, hingga leher. Jika mengalami ingrown hair, maka kamu akan mengalami peradangan kulit, kemerahan, menimbulkan senasi gatal, dan muncul benjolan kecil seperti jerawat. Hal itu sangat mengganggu, bukan?

Namun jangan khawatir, agar kamu bisa terhindar dari ingrown hair, IDN Times sudah rangkum 5 cara mengatasinya. Yuk, simak artikel di bawah ini. 

1. Cukur rambut pada kulit dengan benar

Hindari Kulit Iritasi, Ini 5 Cara Atasi Ingrown Hair pada PriaPexels/Nick Demou

Salah satu penyebab ingrown hair pada pria adalah proses pencukuran yang kurang benar. Mencukur dengan arah yang berlawanan dari arah tumbuhnya rambut bisa menyebabkan ingrown hair. Nah, cara mengatasi ingrown hair adalah saat mencukur rambut, kamu harus sesuaikan dengan arah tumbuhnya rambut.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan shaving foam sebelum bercukur. Shaving foam ini bisa melembapkan kulit, sehingga proses pencukuran akan lebih mudah dan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya ingrown hair.

Jika kamu menggunakan clipper, sebaiknya hindari memotong rambut pada wajah yang terlalu dekat dengan kulit. Sisakan sedikit, agar rambut tidak tumbuh ke bawah karena terlalu pendek.

2. Kompres dengan air hangat

Hindari Kulit Iritasi, Ini 5 Cara Atasi Ingrown Hair pada PriaPexels/cottonbro

Jika kamu merasa nyeri pada area ingrown hair, kamu bisa meredakan rasa nyerinya dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Cara ini juga dapat membantu melembapkan kulit agar nyeri akibat ingrown hair berkurang. Selain itu, mengompres dengan air hangat dapat membunuh bakteri yang dapat mengiritasi area ingrown hair.

Untuk mengompresnya, kamu bisa menggunakan bantuan handuk wajah yang sudah diberi air hangat. Lalu, tempel-tempelkan di area ingrown hair yang terasa nyeri selama beberapa menit.

Baca Juga: Gak Cuma Wangi, 6 Essenstial Oil Ini Ampuh Membasmi Kutu Rambut 

3. Cabut dengan pinset yang sudah steril

Hindari Kulit Iritasi, Ini 5 Cara Atasi Ingrown Hair pada PriaPixabay/HeungSoon

Jika menemukan ingrown hair yang bagian ujungnya sudah mulai mencuat ke luar, kamu bisa mencabutnya. Agar lebih steril, kamu bisa mencuci terlebih dahulu area ingrown hair menggunakan sabun dan air hangat. Lalu, kompres selama beberapa menit dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat.

Setelah itu, dengan menggunakan pinset yang sudah disterilkan, cabut ujung ingrown hair yang mencuat ke luar. Seusai dicabut, kompres area bekas ingrown hair dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Kemudian, bersihkan bagian tersebut dengan air hangat serta sabun.

4. Lakukan eksfoliasi kulit secara berkala

Hindari Kulit Iritasi, Ini 5 Cara Atasi Ingrown Hair pada PriaPexels/Lucas Vicente

Kotoran, minyak, dan sisa kulit mati bisa menyumbat folikel rambut yang menyebabkan ingrown hair. Untuk mengatasi ingrown hair pada pria akibat kotoran, minyak, dan sisa kulit mati ini, kamu bisa melakukan eksfoliasi secara berkala. Gunakan produk-produk eksfoliasi khusus pria yang beredar di pasaran. Kulit yang bersih dari kotoran, minyak, dan sisa kulit mati bisa mencegah ingrown hair tumbuh, Bro.

5. Jika sudah parah, jangan ragu untuk melakukan perawatan wajah

Hindari Kulit Iritasi, Ini 5 Cara Atasi Ingrown Hair pada PriaPexels/RODNAE Productions

Jika kamu kesulitan untuk mengatasi ingrown hair sendiri, kamu bisa mengunjungi tempat face treatment khusus pria. Konsultasikan masalahmu dan pilih treatment yang tepat. Terutama untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menjadi salah satu penyebab ingrown hair. Di tempat face treatment, kamu juga bisa mendapatkan produk perawatan ingrown hair seperti salep yang dapat mengesfoliasi kulit.

Itulah 5 cara mengatasi ingrown hair pada pria. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, Bro. 

Baca Juga: Gak Cuma Wangi, 6 Essenstial Oil Ini Ampuh Membasmi Kutu Rambut 

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya