Comscore Tracker

Catat Bro! Inilah 7 Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan Alami

#IDNTimesMen Pakai bahan alami untuk rambut lebih lurus

Sebagian pria ingin memiliki gaya rambut lurus untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menunjang penampilan. Sayangnya, tidak semua pria memiliki rambut yang lurus. 

Ada beberapa pria tak memiliki rambut yang lurus. Jenis rambut mereka ada yang bergelombang, ikal, bahkan keriting. Berbagai cara pun dilakukan agar rambut terlihat lebih lurus.

Nah, berikut ini tujuh cara yang bisa kamu coba untuk meluruskan rambut keritingmu. Tenang saja, bahan yang digunakan alami dan mudah kamu temukan di lingkungan sekitar. Yuk, simak di bawah ini, Bro!

1. Campuran pisang dengan minyak zaitun

Catat Bro! Inilah 7 Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan AlamiPexels/Polina Tankilevitch

Minyak zaitun menjadi bahan yang mampu menutrisi kulit, begitu juga dengan rambut. Kandungan nutrisi pada minyak zaitun bisa membuat rambut lebih lembap dan halus. Sehingga akan mudah terlihat lebih lurus untuk rambutmu yang cenderung bergelombang atau keriting.

Tak hanya minyak zaitun, buah pisang juga mampu menutrisi rambut agar lebih kuat. Sehingga tak hanya lebih lurus, rambut kamu juga akan lebih sehat.

Cara membuat campuran pisang dengan minyak zaitun ini adalah dengan menghancurkan dua buah pisang matang menggunakan blender. Lalu, tambahkan dua sendok minyak zaitun. Kamu juga boleh menambahkan madu agar nutrisi untuk rambutmu semakin banyak.

Oleskan campuran tersebut pada rambut kamu, dan diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

2. Masker rambut dari lidah buaya

Catat Bro! Inilah 7 Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan AlamiPixabay/mozo190

Lidah buaya juga terkenal baik untuk rambut. Kandungan berbagai vitamin, protein, enzim proteolitik, dan mineral mampu menutrisi rambutmu. Hal itu juga membuat rambutmu jadi halus, serta bisa membantu membuat rambut tampak lebih lurus. Cara menggunakannya pun mudah kamu lakukan.

Cara meluruskan rambut keriting dengan lidah buaya adalah dengan mengambil gel yang ada di dalam daging lidah buayanya. Rebus gel lidah buaya hingga mencair dan biarkan dingin.

Setelah itu, oleskan ke rambut dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu, bersihkan rambut dengan air dan sampo.

3. Masker pepaya

Catat Bro! Inilah 7 Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan AlamiPixabay/3centista

Buah pepaya juga tak kalah ampuh untuk menutrisi rambutmu, sehingga rambut menjadi lebih sehat dan terlihat lebih lurus. Cara meluruskan rambut keriting dengan pepaya juga mudah kamu lakukan.

Kamu hanya cukup menghaluskan buah pepaya sampai benar-benar halus. Setelah halus, tambahkan beberapa sendok madu untuk menambah khasiat buah pepaya. 

Oleskan bubur pepaya ke rambut. Lalu diamkan selama kurang lebih 60 menit hingga bubur pepaya benar-benar meresap ke dalam rambut. Setelah itu, bilas dengan bersih menggunakan air dan sampo. Jika sudah, kamu dapat mengeringkan rambutmu menggunakan handuk.

Baca Juga: 10 Gaya Rambut Cowok yang Diprediksi Bakal Populer di Tahun 2020

4. Masker rambut dari santan kelapa

Catat Bro! Inilah 7 Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan AlamiPixabay/moho01

Buah kelapa memang banyak sekali manfaatnya. Salah satunya adalah dapat meluruskan rambut keriting. Santan kelapa adalah bahan alami yang bisa membuat rambut kamu menjadi lurus. Cara menggunakannya pun tergolong mudah.

Caranya, kamu cukup menyiapkan satu gelas santan dari daging kelapa tua yang sudah diparut. Agar baunya lebih menyegarkan, peras jeruk nipis ke dalam santan kelapa, lalu diamkan semalaman.

Pagi harinya sebelum mandi, kamu bisa mengoleskan santan kelapa ini ke seluruh bagian rambut keriting kamu. Lalu, diamkan selama 30 menit. Jika sudah, kamu dapat membilasnya dengan berkeramas.

5. Campuran minyak kedelai dan minyak jarak

Catat Bro! Inilah 7 Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan AlamiPixabay/1737576

Minyak kedelai dan minyak jarak ternyata juga bisa menjadi salah satu bahan yang dapat meluruskan rambut keriting lho, Bro. Penasaran bagaimana caranya? Mudah banget, kok. Kamu hanya perlu menggunakan satu sendok makan minyak kedelai dan dua sendok makan minyak jarak.

Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam sebuah wadah yang tahan panas. Lalu, panaskan sebentar campuran kedua minyak tersebut. Setelah campuran minyak tersebut dingin, kamu bisa mengoleskannya ke rambut dan kulit kepala sambil memberikan pijatan halus. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air.

6. Campuran susu dan madu

Catat Bro! Inilah 7 Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan AlamiPixabay/stevepb

Susu dan madu menjadi bahan yang juga mampu kamu gunakan untuk meluruskan rambut. Kedua bahan ini bisa dengan mudah kamu gunakan.

Lantas, bagaimana caranya? Kamu bisa mencampurkan satu gelas susu murni dan satu sendok makan madu murni. Setelah tercampur dengan baik, oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan sampai 60 menit, lalu bersihkan hingga tak ada lagi susu dan madu yang tersisa di rambutmu. 

7. Memanaskan minyak kelapa

Catat Bro! Inilah 7 Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan AlamiPixabay/DanaTentis

Tak hanya santan, minyak kelapa juga mampu membantu meluruskan rambut keritingmu. Minyak kelapa mampu membuat rambut dapat menyerap minyak dengan baik, sehingga rambut akan lebih lembut dan lurus.

Jika kamu ingin menggunakan minyak kelapa, kamu harus memanaskannya terlebih dahulu. Setelah agak dingin, oleskan minyak kelapa ke rambut dan kulit kepala sambil dipijat lembut. Setelah itu, celupkan handuk ke dalam air panas, peras airnya, dan balutkan handuk panas tersebut ke rambut. Diamkan selama kurang lebih 5 menit.

Setelah itu, masukkan kembali handuk ke dalam air panas, dan balutkan lagi ke rambut. Ulangi apa yang kamu lakukan tadi sebanyak 3 atau 4 kali. Setelah itu, bilas rambut dengan sampo yang ringan. Lakukan rutin selama dua kali seminggu. 

Itulah 7 cara meluruskan rambut keriting pria dengan bahan alami yang bisa kamu lakukan. Semoga cara-cara ini bisa membantu meluruskan rambut kamu ya, Bro!

Baca Juga: Catat Bro, 5 Cara Meluruskan Rambut Pria dengan Catokan

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya