Comscore Tracker

5 Cara Merawat Dompet Kulit Pria Agar Awet dan Semakin Bagus

Dompet bahan kulit butuh perawatan khusus, lho #IDNTimesMen

Bahan kulit menjadi sebuah pilihan yang menarik bagi pria. Bahan ini terkenal awet, mewah, dan klasik. Berbagai produk untuk pria banyak yang terbuat dari bahan kulit, termasuk dompet.

Dompet kulit juga dipilih sebagian pria karena terkenal awet, sehingga tak perlu sering berganti dompet. Namun, bahan kulit asli membutuhkan perawatan khusus yang berbeda dengan dompet berbahan lain, seperti berbahan nilon, maupun kulit sintetis. 

Nah, agar dompet kulit kamu lebih awet dan terlihat selalu bagus, berikut 5 cara merawat dompet kulit pria agar awet dan bagus. Yuk, simak di bawah ini!

1. Sesuaikan isi dompet dengan kapasitas dompet kulit kamu 

5 Cara Merawat Dompet Kulit Pria Agar Awet dan Semakin Baguspexels.com/EVG Culture

Dalam menentukan ukuran dompet sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Misalnya jika kamu terbiasa membayar dengan kartu debit atau kredit dan menyimpan uang di dompet digital, maka memilih dompet berukuran kecil bisa jadi pilihan, sehingga tidak memakan tempat di tas maupun saku kamu.

Begitu juga sebaliknya, kamu butuh dompet dengan ukuran yang lebih besar dan berisi banyak kantung jika terbiasa membayar menggunakan uang tunai dan menyimpan uang receh di dompet.

Cara merawat dompet kulit pria yang pertama adalah menyesuaikan isi dompet dengan kapasitas dompet. Jika isi dalam dompet terlalu banyak dari kapasitas dompet kulit, maka lama kelamaan bahan kulit akan melar mengikuti apa yang kamu isi ke dalam dompet kulit. Sehingga sebaiknya atur isi di dalam dompet untuk menghindari bahan kulit melar.

Selain itu lama kelamaan bagian lapisan di dalam dompet juga bisa rusak, karena biasanya dompet berbahan kulit juga masih memiliki lapisan di bagian dalam dengan bahan kain atau nilon.

2. Hindari menindih dompet kulit

5 Cara Merawat Dompet Kulit Pria Agar Awet dan Semakin Baguspixabay.com/JESHOOTS-com

Tak sedikit pria yang menaruh dompet di saku belakang celana. Cara ini umum dilakukan, namun ternyata bisa membuat dompet kulit kurang awet. Saat diletakkan di saku celana bagian belakang, dompet akan tertindih saat kamu sedang duduk dan membuat permukaan bahan kulit menjadi rusak.

Menaruh dompet di saku depan bisa menjadi pilihan sebagai cara merawat dompet kulit pria jika ukuran dompet yang kamu miliki cukup dengan ukuran saku celana kamu. Namun kamu juga harus menghindari mencapur dompet dan benda lain, seperti ponsel atau kunci kendaraan. Hal ini karena barang-barang tadi bisa membuat dompet tertindih dan membuat goresan di permukaan bahan kulit pada dompet kamu.

Jika kamu suka membawa tas kecil saat bepergian, meletakkan dompet kulit ke dalam tas juga pilihan yang baik, lho.

Baca Juga: Ajaib, 6 Hal Ini Akan Terjadi pada Otak Laki-laki saat Jatuh Cinta

3. Bersihkan dompet kulit secara berkala

5 Cara Merawat Dompet Kulit Pria Agar Awet dan Semakin Baguspexels.com/Vlada Karpovich

Beberapa pria menyukai penampilan dompet kulit yang belel dan lusuh, karena melambangkan betapa lamanya dompet tersebut menemani perjalanan hidup seorang pria. Namun, ada juga pria yang menginginkan dompetnya selalu bersih dan mulus.

Jika kamu termasuk yang menyukai penampilan dompet yang terlihat mulus, maka kamu perlu membersihkannya secara berkala sebagai salah satu cara merawat dompet kulit pria.

Salah satu cara paling mudah dan aman untuk membersihkan dompet kulit adalah dengan menggunakan pembersih bahan kulit yang banyak beredar di pasaran. Bersihkan dompet kulit secara berkala tergantung seberapa sering kamu beraktivitas membawa dompet tersebut.

Dompet kamu akan terlihat lebih bersih dan semakin kuat warnanya, karena pembersih bahan kulit biasanya juga sekaligus mampu menutrisi bahan kulit.

4. Gunakan produk pelindung bahan kulit

5 Cara Merawat Dompet Kulit Pria Agar Awet dan Semakin Baguspexels.com/Vlada Karpovich

Bebebapa bahan kulit rentan terhadap goresan dan kelembapan. Jika tergores, maka goresan cukup sulit dihilangkan. Sedangkan jika terkena noda, maka noda akan masuk ke pori-pori bahan kulit dan sulit dihilangkan.

Demi mencegah hal itu untuk merawat dompet kulit pria, kamu juga bisa melapisi dompet kulit dengan produk pelindung bahan kulit. 

Biasanya produk ini bertekstur seperti lilin yang melapisi bahan kulit sehingga lebih tahan terhadap noda cairan, kelembapan, serta mengurangi risiko permukaan bahan kulit yang tergores oleh benda lain.

5. Perhatikan tempat penyimpanan dompet kulit

5 Cara Merawat Dompet Kulit Pria Agar Awet dan Semakin Bagusunsplash.com/Nicolas J Leclercq

Ada kalanya kamu tidak menggunakan dompet kulit karena sedang sering berada di rumah, atau kamu memiliki lebih dari satu dompet kulit yang digunakan bergantian sehingga salah satunya harus disimpan dengan baik.

Cara merawat dompet kulit pria yang terakhir adalah dengan memerhatikan penyimpanannya. Sebaiknya simpan dompet berbahan kulit di tempat yang sejuk, kering, terhindar matahari langsung dan memiliki aliran udara yang baik. 

Jika disimpan di tempat tersebut, dompet akan lebih awet dari perubahan warna akibat lembap serta jamur yang lama-kelamaan dapat merusak produk berbahan kulit.

Itulah 5 cara merawat dompet kulit pria agar lebih awet dan bagus. Sudah siap merawat dompet kulit kamu, Bro?

Baca Juga: Bukannya Keren, 5 Gaya Berpakaian Laki-laki yang tak Disukai Perempuan

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya