Comscore Tracker

Catat Bro, Ini 7 Tips Berpakaian untuk Cowok Kurus 

#IDNTimesMen Bikin percaya diri makin meningkat, deh! 

Memiliki badan kurus terkadang menurunkan rasa percaya diri, terutama dalam hal berpenampilan. Padahal berpenampilan yang stylish tak perlu mengkhawatirkan ukuran tubuh lho. Karena berbagai bentuk tubuh bisa tetap terlihat memukau jika dapat menyesuaikan berbagai outfit yang dipakai, termasuk bagi pria bertubuh kurus.

Kali ini IDN Times akan berikan 7 tips berpakaian untuk pria kurus, sehingga kamu lebih percara diri meski memiliki tubuh yang kurus, Bro. Yuk, simak di bawah ini.

1. Jangan ragu gunakan pakaian sesuai ukuran

Catat Bro, Ini 7 Tips Berpakaian untuk Cowok Kurus Pexels/Chloe Kala

Terkadang pria kurus justru berusaha menutupi tubuh kurusnya dengan ukuran baju beberapa kali lebih besar dari ukuran tubuh aslinya. Justru cara ini akan membuat tubuh kamu seperti tenggelam ke dalam baju yang ukurannya terlalu besar. 

Jangan ragu untuk memilih ukuran XS maupun S saat membeli baju. Selain itu cobalah potongan baju slim fit yang memang dikhususkan untuk pria berbadan kurus. Biasakan diri kamu dengan penampilan tersebut, maka rasa percaya diri akan muncul dan percayalah, kamu terlihat bagus dengan ukuran baju yang sesuai dengan ukuran tubuh kamu, Bro!

2. Beri kesan tubuh berisi dengan motif garis horisontal

Catat Bro, Ini 7 Tips Berpakaian untuk Cowok Kurus Hm.com

Selain memastikan ukurannya pas, tips berpakaian untuk pria kurus selanjutnya adalah dengan memanfaatkan motif pada baju. Motif garis horisontal bisa kamu pilih karena motif ini seolah-olah membuat tubuh kamu lebih lebar dan mengimbangi bentuk tubuh kamu yang kurus.

Sebaliknya, hindari motif garis vertikal yang justru membuat kamu terlihat semakin kurus karena garis ke atas memberikan kesan tubuh kamu semakin tinggi sehingga terlihat semakin kurus.

3. Gunakan outer, namun tetap perhatikan ukurannya

Catat Bro, Ini 7 Tips Berpakaian untuk Cowok Kurus Pexels/Martin Péchy

Jika kamu masih merasa kurang percaya diri, maka menggunakan outer bisa menjadi tips berpakaian untuk pria kurus selanjutnya. Menggunakan outer seperti denim jacket, hoodie, bomber jacket, maupun kemeja yang tidak dikancing juga bisa memberikan kesan tubuh lebih berisi lho.

Namun hal yang harus kamu perhatikan adalah hindari menggunakan outer yang terlalu besar. Sebaiknya tetap pertahankan potongan outer yang slim dan sesuai dengan ukuran tubuh kamu, sehingga outer hanya sebagai pelapis baju kamu tanpa terlihat terlalu berlebihan untuk membuat tubuh terlihat berisi.

Baca Juga: 6 Kesalahan Umum yang Seharusnya Dihindari Saat Mencuci Pakaian

4. Perhatikan kerah pakaian kamu

Catat Bro, Ini 7 Tips Berpakaian untuk Cowok Kurus Pexels/Andrea Piacquadio

Ternyata memilih kerah yang tepat juga bisa memengaruhi bentuk tubuh kamu dalam berpakaian lho, Bro. Dalam berpakaian, pria kurus sebaiknya menghindari kerah kaus bertipe v-neck. Karena bagian tengahnya yang meruncing ke dalam akan membuat seolah-olah kamu makin kurus. Sehingga saat menggunakan kaus, sebaiknya pilih tipe crew neck atau kaus polo karena memiliki kerah seperti kemeja.

Tentu saja kemeja dengan kerah juga cocok dipakai sebagai tips berpakaian untuk pria kurus agar lebih percaya diri. Kerah pada kemeja akan menutupi tulang selangka yang biasanya menonjol pada pria kurus. Bentuk kerah yang menyebar juga bisa menimbulkan kesan tubuh lebih berisi lho.

Sedangkan untuk outer seperti sweater, kamu juga bisa pilih kerah bertipe turtleneck yang memberikan kesan bagian dada hingga leher yang lebih berisi, karena kerah tipe ini cukup tinggi hingga menutupi leher. Tentunya kamu bisa menggunakan tipe kerah ini saat udara dingin ya, Bro!

5. Potongan celana ini yang cocok untuk pria kurus

Catat Bro, Ini 7 Tips Berpakaian untuk Cowok Kurus Pexels/Thirdman

Tips berpakaian untuk pria kurus selanjutnya adalah memilih celana yang tepat. Pria kurus sebaiknya menghindari celana model skinny maupun pensil, karena modelnya yang terlalu ketat bisa menonjolkan siluet kaki kamu yang kurus.

Selain itu memilih celana dengan model baggy juga kurang disarankan karena kaki kamu akan tenggelam dan kurang proporsional dengan badan kamu yang kurus.

Sehingga kamu bisa memilih celana dengan potongan slim fit yang memang ditujukan untuk pria kurus. Celana dengan potongan slim fit bisa membantu memproporsionalkan ukuran kaki tanpa membuatnya terlihat terlalu kurus maupun terlalu besar. Selain itu juga akan sesuai jika kamu menggunakan baju yang berpotongan slim fit juga.

Kamu tentu boleh menggunakan berbagai jenis celana seperti jeans, chino pants, jogger, hingga short pants dengan potongan slim fit agar pebih proporsional. Kamu juga bisa mencoba potongan slim fit dari berbagai merek celana untuk menyesuaikan mana yang paling cocok denganmu, Bro.

6. Pilihan sepatu yang cocok untuk pria kurus

Catat Bro, Ini 7 Tips Berpakaian untuk Cowok Kurus Pexels/cottonbro

Selain itu, pria kurus juga perlu menyesuaikan sepatunya. Jika kamu menggunakan sneakers, sebaiknya hindari sneakers yang memiliki model high top, dan chunky. Pilih sneakers dengan potongan low cut dan slim. Sneakers tennis seperti Adidas Stan Smith, atau sneakers slim lainnya seperti Converse Chuck Taylor low juga bisa jadi pilihan. Selain itu loafers dan slip on juga akan nampak cocok kamu pakai lho, Bro.

Meski sneakers high top kurang disarankan, namun boots boleh kamu pakai lho, bro. Karena memang desainnya yang manly serta bisa membuat kamu terlihat lebih berisi. Ankle boots dan chukka boots bisa jadi pilihan jika kamu ingin pakai boots tapi dengan bagian atas yang tak terlalu tinggi.

7. Ukuran aksesori yang cocok untuk pria kurus

Catat Bro, Ini 7 Tips Berpakaian untuk Cowok Kurus Pixabay/Free-Photos

Aksesori seperti jam, gelang, dan sabuk yang cocok untuk pria kurus adalah yang memiliki ukuran sedang. Hindari aksesori seperti kepala sabuk yang terlalu besar maupun terlalu kecil. Hindari juga tali sabuk yang terlalu besar maupun terlalu kecil. Sesuaikan dengan ukuran lubang sabuk pada celana kamu dan pilih panjang sabuk yang tak terlalu panjang dimana ujungnya akan berhenti disekitaran pinggang bagian depan kamu saat dipakai.

Sedangkan untuk jam tangan, pastikan lingkaran jam tangannya tidak lebih besar dari pergelangan tangan kamu, dan bagian strap jam tangan juga tidak sebesar lingkaran jam tangannya seperti pada gambar di atas.

Itulah 7 tips berpakaian untuk pria kurus sehingga kamu bisa tampil makin kece dan percaya diri, bro. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Unik! 10 Potret Kocak Waktu Jemur Pakaian Biar Cepat Kering

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial
  • Novaya

Berita Terkini Lainnya