Comscore Tracker

Bro, Ketahuilah 5 Gejala Rambut Rontok pada Pria

#IDNTimesMen pahami gejalanya agar segera bisa dicegah

Rambut rontok sebenarnya sangat wajar terjadi pada pria. Akan tetapi, jika rambutnya rontok sangat banyak, maka kamu wajib waspada, Bro. Kamu bisa saja alami kebotakan, karena rambut yang rontok lebih banyak daripada rambut yang tumbuh kembali. 

Memang sih, rambut rontok yang berlebihan dapat dicegah dan masih bisa kembali tumbuh dengan beberapa cara. Namun, sebelum terlalu banyak rambut yang rontok, ada baiknya kamu perlu tahu tentang gejala rambut rontok. Hal ini sangat penting, agar kamu bisa berusaha mencegahnya sebelum kian banyak rambut yang rontok. 

Kira-kira apa saja gejala rambut rontok? Yuk, simak di bawah ini, Bro.

1. Di bagian tertentu rambut semakin menipis

Bro, Ketahuilah 5 Gejala Rambut Rontok pada PriaUnsplash/Gursimrat Ganda

Salah satu gejala rambut rontok pada pria adalah menipisnya rambut di bagian tertentu. Biasanya hal ini terjadi karena rambut rontok hanya di beberapa titik saja. Sehingga, kamu merasa rambut terlalu tipis di beberapa bagian saja dibandingkan dengan bagian lainnya. Selain itu, kamu bisa dengan mudah melihat perbedaan ketebalan rambut di bagian yang rontok tersebut.

2. Belahan rambut terlihat semakin jelas

Bro, Ketahuilah 5 Gejala Rambut Rontok pada PriaPixabay/Free-Photos

Setiap pria memiliki belahan rambut, tempat di mana menentukan arah rambut saat menyisirnya. Belahan rambut ini memang terlihat lebih tipis jika dibandingkan dengan tempat rambut tumbuh lainnya. Sehingga, terkadang para pria tidak sadar jika bagian belahan rambut, ternyata semakin menipis karena terjadi kerontokan rambut.

Kamu patut memperhatikan bagian belahan rambut tersebut setiap menyisir rambut, apakah semakin tipis akibat gejala rambut rontok atau masih terlihat normal? Sehingga, kamu bisa segera melakukan tindakan pencegahan jika terjadi kerontokan rambut yang gak wajar.

Baca Juga: 5 Hal yang Menjadi Penyebab Rambut Rontok, Wajib Tahu!

3. Muncul pola kebotakan, sehingga menyebabkan rambut seperti pitak

Bro, Ketahuilah 5 Gejala Rambut Rontok pada PriaUnsplash/Adib Hussain

Kerontokan rambut juga bisa terjadi di area rambut bagian depan, tepatnya di dekat dahi. Biasanya bagian yang paling awal terjadi kerontokan dan membentuk pola kebotakan adalah bagian samping kanan dan kiri. Sedangkan bagian depan masih menyisakan rambut yang tumbuh, sehingga bentuknya menyerupai bentuk huruf U.

Bagi kamu yang sering menggunakan gaya rambut poni atau gaya rambut lain yang menutupi dahi, kamu bisa selalu mengecek area tersebut. Jika terasa bagian kanan dan kirinya semakin tampak kulit kepalanya dan terlihat seperti pitak, kamu perlu waspada. Ini karena hal tersebut bisa jadi gejala rambut rontok.

4. Kulit kepala terasa sering gatal

Bro, Ketahuilah 5 Gejala Rambut Rontok pada PriaUnsplash/Karina Carvalho

Gejala rambut rontok lainnya adalah ketika merasa kulit kepalamu terlalu gatal. Bukan karena kutu rambut, gatal tersebut disebabkan karena radang yang menyerang kulit kepala. Sehingga di area tersebut rambut terasa lebih tipis karena rontok. Jika sering kamu garuk, maka kulit kepala akan luka dan menyebabkan rambut sulit tumbuh. Jadi, kamu perlu segera konsultasikan ke dokter sebelum terlambat, Bro!

5. Rambut mudah rontok saat diikat atau disisir

Bro, Ketahuilah 5 Gejala Rambut Rontok pada PriaUnsplash/mostafa meraji

Menyisir rambut sudah menjadi kegiatan harian bagi pria untuk menata rambut. Perhatikan kembali, apakah di sela-sela sisir terdapat rambut yang rontok atau tidak? Coba lihat apakah jumlah rambut rontok terlalu banyak atau masih normal? Jika terlalu banyak, bisa jadi hal tersebut adalah gejala rambut rontok.

Selain itu, jika kamu memiliki rambut yang cukup panjang untuk diikat, perhatikan ikatan rambut kamu. Apakah saat diikat rambut kamu cukup banyak yang rontok? Apakah rambut kamu masih kuat meski kamu mengikatnya cukup kencang? Jika banyak rambut yang rontok, maka kamu perlu mewaspadainya

Kini, kamu sudah tahu 5 gejala rambut rontok pada pria, bukan? Semoga kamu bisa lebih cepat menyadari dan mampu mencegahnya ya, Bro!

Baca Juga: Catat Bro, Ini 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Pria

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya