Comscore Tracker

5 Masalah Grooming Pria yang Malu untuk Diatasi, Jangan Malas!

Bisa membuat orang lain kurang nyaman

Jika dahulu berdandan dan merawat diri identik dengan perempuan, saat ini melakukan perawatan diri atau biasa disebut grooming bagi pria adalah hal yang wajar. Seorang pria juga sah-sah saja untuk merawat tubuh pemberian Tuhan bukan, Bro?

Namun, beberapa pria terkadang masih malu untuk melakukan grooming padahal tak jarang mereka memiliki masalah pada tubuh yang bisa diatasi dengan grooming. Selain itu, masalah ini jika tidak diatasi bisa membuat orang lain kurang nyaman lho, Bro!

Nah, kira-kira apa saja ya, masalah grooming yang sebenarnya sering dimiliki pria, namun mereka masih malu untuk mengatasinya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini, Bro!

1. Bau badan

5 Masalah Grooming Pria yang Malu untuk Diatasi, Jangan Malas!Ilustrasi pria sedang mengatasi bau badan (pixabay/DaModernDaVinci)

Masalah klasik yang hampir semua pria mengalaminya adalah bau badan yang menyengat. Terkadang karena sudah terbiasa dengan bau badannya, seorang pria jadi gak sadar jika bau badannya sudah terlalu menyengat dan bisa mengganggu orang lain. Selain itu, pria juga bisa merasa malu untuk mengakui dirinya memiliki bau badan kurang sedap. Padahal masalah bau badan ini bisa diatasi dengan mudah, namun karena kurang sadar membuatnya jadi terabaikan.

Mandi adalah salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bau badan tidak sedap. Sehingga buat kamu, jangan sampai malas mandi ya, Bro! Selain itu, menggunakan produk deodorant juga terbukti ampuh untuk mengatasi masalah bau badan lho. Jadi jangan sampai absen untuk tidak menggunakan produk penghilang bau badan ya, Bro!

2. Bulu hidung 

5 Masalah Grooming Pria yang Malu untuk Diatasi, Jangan Malas!Ilustrasi pria sedang membersihkan bulu hidung (unsplash/Brittany Colette)

Bulu hidung juga bisa menjadi masalah grooming yang terkadang terlewatkan. Selain itu pria terkadang juga merasa malu untuk mengakui bahwa bulu hidungnya terlalu panjang, sehingga membiarkannya begitu saja. Bulu hidung terlalu panjang dianggap hal yang wajar dan terkadang terlewatkan saat melakukan grooming karena merupakan hal yang sepele.

Padahal bulu hidung terlalu panjang ini bisa mengganggu lawan bicara lho, Bro. Perhatian lawan bicara bisa tertuju pada bulu hidung kamu jika tidak di-grooming. Mencukur bulu hidung pun tidak sulit, Bro. Kamu cukup menggunakan gunting yang cukup kecil untuk memotong bulu hidung yang mencuat ke luar. Tidak perlu memotongnya sampai pangkal, yang penting tidak ada bulu hidung yang terlihat dari luar.

Jika kamu memiliki bulu hidung yang pertumbuhannya cepat, maka membeli alat khusus pencukur bulu hidung juga bisa menjadi investasi grooming kamu, Bro. Serta tidak perlu malu untuk mencukur bulu hidung jika sudah terlalu panjang.

3. Bau mulut

5 Masalah Grooming Pria yang Malu untuk Diatasi, Jangan Malas!Ilustrasi bau mulut pria (pexels/cottonbro)

Bau mulu bisa sangat mengganggu, apalagi saat mengobrol. Lawan bicara kamu bisa jadi ilfeel saat mendapati napas kamu bau. Terkadang masalah bau mulut ini juga susah diakui karena sulit merasakan bau mulut sendiri, bukan?

Tak ada salahnya berusaha menjaga kebersihan mulut meski kamu sudah tidak merasa bau mulut. Jangan sampai kamu melewatkan waktu menggosok gigi karena hal ini adalah cara paling dasar untuk menjaga mulut tetap segar. Kamu juga boleh menggunakan produk-produk penghilang bau mulut.

Terkadang bau mulut juga tak sekadar berasal dari sisa makanan di mulut, namun faktor lain seperti gigi berlubang dan masalah pencernaan juga bisa menjadi penyebabnya. Sehingga jika kamu sudah berusaha menjaga kebersihan mulut namun masih terasa bau kurang sedap, coba cari tahu penyebab lainnya.

Baca Juga: 5 Tren Grooming Pria yang Hits di 2021, Pasti Pernah Kamu Lakukan!

4. Kuku kotor

5 Masalah Grooming Pria yang Malu untuk Diatasi, Jangan Malas!Ilustrasi pria sedang dibersihkan kukunya (pexels/RODNAE Productions)

Seorang pria identik dengan pekerjaan yang menggunakan fisik yang dapat mengotori tangan, misalnya saat membetulkan kendaraan. Sisa-sisa oli dan kotoran bisa masuk ke sela-sela kuku yang membuat kurang sedap dipandang dan terkesan jorok. Hal ini terkadang malu diakui seorang pria karena menganggap wajar bahwa pria kukunya kotor. Padahal kuku yang kotor juga tidak baik bagi kesehatan, bukan?

Mencuci tangan saja tidak cukup untuk menghilangkan kotoran di sela-sela kuku. Kamu perlu membersihkannya dengan alat pemotong kuku. Selain itu, dengan rajin menjaga kuku tetap pendek juga bisa mengurangi kotoran tersimpan di sela-sela kuku.

5. Bulu dada

5 Masalah Grooming Pria yang Malu untuk Diatasi, Jangan Malas!Ilustrasi pria dengam bulu dada (unsplash/Ben Weber)

Beberapa pria memiliki bulu dada yang lebat. Hal ini terkadang juga membuat malu pria untuk mencukurnya, karena bulu dada cenderung tidak terlihat karena tertutup pakaian. Padahal, kamu bisa saja berada pada suatu momen yang harus membuka pakaian seperti saat bermain di pantai atau berenang, dan bulu dada terlalu lebat yang kamu miliki bisa membuat diri kamu canggung saat ada orang yang melihatnya.

Mencukur bulu dada terkadang masih membuat pria bingung. Seringnya para pria merasa takut bulu dadanya justru akan tambah lebat jika sering dicukur, padahal itu hanya mitos, lho. Tak masalah kok untuk mencukur bulu dada. Kamu bisa memotongnya menggunakan gunting atau mencukurnya menggunakan clipper. 

Nah, kini jangan malu lagi untuk mengatasi masalah grooming ini, ya! Selamat mencoba, Bro!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Grooming Cowok yang Tidak Disukai Cewek

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya