Comscore Tracker

Bro, Ini 5 Cara Merawat Rambut Gondrong Ikal Anti Kering dan Kaku

#IDNTimesMen Rambut gondrong dan ikal perlu perawatan khusus

Gaya rambut gondrong kini tengah jadi tren di kalangan pria. Tak hanya wanita, kini pria juga banyak yang memiliki rambut panjang yang bagus dan terawat. Pria yang membiarkan rambutnya gondrong tak melulu memiliki rambut yang lurus, beberapa pria yang memiliki rambut ikal atau keriting ternyata tak jarang yang memanjangkan rambutnya.

Merawat rambut gondrong ikal tentu berbeda dengan merawat rambut gondrong lurus. Jika tidak dirawat dengan baik, rambut gondrong ikal akan kaku dan kering, sehingga cukup mengganggu penampilan kamu bukan, Bro?

Namun kamu tak perlu bingung dalam merawat rambut gondrong ikal lagi, karena IDN Times akan bagikan lima cara merawat rambut gondrong ikal antikering dan kaku di bawah ini, Bro!

1. Agar tidak mudah kering, kurangi sampo dan perbanyak kondisioner

Bro, Ini 5 Cara Merawat Rambut Gondrong Ikal Anti Kering dan KakuIlustrasi kondisioner untuk rambut gondrong ikal (pexels/cottonbro)

Rambut ikal membutuhkan minyak alami dari kulit kepala untuk menjaga kelembapan rambut. Masalahnya, minyak alami pada kulit kepala lebih sulit menyebar ke seluruh rambut jika rambutnya ikal. Ditambah lagi penggunaan sampo yang terlalu sering justru dapat mengurangi jumlah minyak alami pada kulit kepala yang dibutuhkan untuk melembapkan rambut.

Sehingga cara merawat rambut gondrong ikal yang pertama adalah dengan mengurangi intensitas keramas menggunakan sampo. Sebaiknya kamu bisa keramas dengan menggunakan sampo paling sering dua hari sekali, agar minyak alami pada kulit kepala tidak kurang untuk melembapkan rambut.

Agar rambut tetap terjaga kebersihannya, kamu bisa keramas tanpa sampo setiap mandi untuk membersihkan debu dan kotoran namun tidak sampai menghilangkan minyak alami pada kulit kepala.

Selain itu, kamu juga perlu memperbanyak penggunaan kondisioner. Cari kondisioner yang mampu melembutkan rambut keriting seperti kondisioner dengan kandungan kelapa. Kamu bisa gunakan saat merasa rambut kamu sudah mulai kering dan kaku. Kondisioner ini juga mampu membantu melembapkan rambut gondrong dan ikal kamu agar tampil lebih baik, Bro.

2. Jangan gosok rambut dengan handuk!

Bro, Ini 5 Cara Merawat Rambut Gondrong Ikal Anti Kering dan KakuIliustrasi handuk untuk menggosok rambut (pexels/Thomas Cotton)

Mengeringkan rambut setelah mandi, apalagi untuk rambut gondrong, tentu membutuhkan usaha yang lebih banyak daripada rambut pendek. Biasanya para cowok tidak mau ribet saat mengeringkan rambutnya dengan mengusapnya menggunakan handuk. Namun untuk rambut gondrong ikal, kamu perlu memerhatikan cara mengeringkan rambut saat menggunakan handuk lho.

Rambut ikal bisa menjadi kaku dan kering saat digosok dengan handuk karena rambut jenis ini cukup sensitif terhadap gesekan. Sehingga cara merawat rambut gondrong ikal adalah dengan menghindari menggosok rambut dengan handuk. Sebagai gantinya, kamu dapat menempel-nempelkan saja handuk di rambut gondrong kamu sehingga airnya meresap ke handuk. Lalu biarkan rambut kamu kering secara alami.

Baca Juga: Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Styling!

3. Sisir rambut dengan jari atau sisir bergigi jarang

Bro, Ini 5 Cara Merawat Rambut Gondrong Ikal Anti Kering dan KakuIlustrasi sisir bergigi jarang (pexels/cottonbro)

Rambut gondrong ikal tentu butuh dirapikan agar terlihat menakjubkan. Namun merapikannya tidak bisa menggunakan sisir biasa. Sisir biasa dengan gigi rapat memberikan efek yang sama seperti kamu menggosok rambut dengan handuk. Rambut gondrong ikal kamu akan jadi kering dan kaku. Sehingga kamu memerlukan sisir bergigi jarang sebagai cara merawat rambut gondrong ikal selanjutnya.

Selain sisir bergigi jarang, merapikan rambut gondrong ikal juga bisa menggunakan jari saja lho, Bro. Menyisir menggunakan jari akan menghasilkan gaya rambut gondrong yang natural dan sedikit messy yang juga keren lho, serta rambut terhindar dari kekeringan, deh!

4. Hindari produk rambut yang mengandung alkohol

Bro, Ini 5 Cara Merawat Rambut Gondrong Ikal Anti Kering dan KakuIlustrasi produk rambut pria (pexels/Castorly Stock)

Terkadang para cowok berambut gondrong ikal juga perlu menggunakan produk rambut untuk menjaga gaya rambut tetap bagus dan tak banyak berubah. Namun dalam memilih produk rambut, kamu juga jangan sampai salah pilih lho, Bro.

Produk yang direkomendasikan untuk rambut gondrong ikal adalah produk yang tidak mengandung alkohol. Produk ini bisa sekaligus mencegah rambut kering karena tidak ada kandungan alkohol yang bisa menyerap kelembapan. 

Mau apa pun produk rambutnya, mulai dari pomade, gel, hair mousse, hingga hair spray, cari yang alcohol free ya, Bro!

5. Gunakan diffuser saat menggunakan hair dryer

Bro, Ini 5 Cara Merawat Rambut Gondrong Ikal Anti Kering dan KakuIlustrasi hair dryer dan diffuser (philips.co.id)

Jika kamu terpaksa harus mengeringkan rambut gondrong ikal dengan cepat karena terburu-buru ingin melakukan aktivitas, maka kamu masih bisa menggunakan hair dryer kok untuk rambut gondrong ikal kamu, Bro.

Namun kamu membutuhkan satu alat lagi, yaitu diffuser yang biasa dipasang di ujung hair dryer. Alat ini bisa menyebarkan udara yang dikeluarkan oleh hair dryer sehingga panasnya lebih merata dan menghindari rambut jadi kusut. Selain itu tetap pilih level panas yang rendah agar rambut kamu terhindari dari kering dan kaku ya, Bro.

Kalau rambut gondrongmu adalah tipe ikal, bukan berarti ribet dalam merawatnya. Asal telaten dalam setiap langkah perawatan, rambut ikalmu bakal bebas masalah. Semoga penampilan rambut gondrong ikal kamu makin keren dengan cara-cara ini ya, Bro.

Baca Juga: Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut agar gak Rusak karena Pomade

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya