Comscore Tracker

Catat Bro, 5 Cara Meluruskan Rambut Pria dengan Catokan

#IDNTimesMen Pria juga boleh pakai catokan kok, Bro!

Model rambut panjang dan lurus pada pria kini sudah sering kita lihat. Berbagai publik figur pria, baik dari dalam maupun luar negeri, juga dengan percaya diri menunjukkan gaya rambut panjang dan lurus.

Untuk menghasilkan rambut lurus dan panjang yang baik, beberapa perawatan perlu kamu lakukan. Salah satu perawatan yang paling mudah kamu lakukan sehari-hari di rumah adalah dengan mencatok rambut agar terlihat lebih lurus.

Catokan sah-sah saja digunakan oleh pria lho, bro. Sehingga kamu juga dapat memilikinya dan menggunakannya sehari-hari. Namun jika kamu masih bingung bagaimana cara meluruskan rambut pria dengan catokan, maka kamu bisa simak lima caranya di bawah ini!

1. Keramas dahulu sebelum mencatok rambut

Catat Bro, 5 Cara Meluruskan Rambut Pria dengan CatokanPexels/cottonbro

Sebelum mencatok rambut, ada baiknya kamu memastikan rambut bersih dari debu, kotoran, dan minyak berlebih. Sehingga proses penyaluran panas dari catokan bisa lebih merata tanpa terhalangi kotoran pada rambut.

Keramas dan gunakan sampo yang dapat melembutkan rambut. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kondisioner untuk semakin membuat rambut kamu lebih lembut sebelum dicatok.

Setelah keramas, keringkan rambut dengan cara menepuk lembut handuk dan menggosoknya pelan. Hindari menggosok rambut terlalu keras karena bisa membuat rambut kaku dan memperlama proses pelurusan menggunakan catok.

Setelah itu, kamu juga bisa menggunakan vitamin rambut sebelum catokan agar dapat menutrisi rambut terlebih dahulu sebelum meluruskan rambut pria dengan catokan.

2. Lindungi rambut dengan produk penahan panas sebelum mencatok

Catat Bro, 5 Cara Meluruskan Rambut Pria dengan CatokanPexels/Maksim Goncharenok

Setelah langkah awal sudah dilakukan, maka cara meluruskan rambut pria dengan catokan selanjutnya adalah dengan menyemprotkan heat protection hair spray.

Produk ini berfungsi untuk melindungi rambut kamu dari panasnya alat catokan rambut, sehingga rambut kamu terhindar dari kerusakan serta tetap menjaga rambut lembap saat akan dicatok. Produk ini banyak tersedia di pasaran kok, bro.

Baca Juga: Bukan Pakai Catok, Ini 5 Cara untuk Meluruskan Rambut Secara Alami

3. Keringkan rambut dengan hair dryer

Catat Bro, 5 Cara Meluruskan Rambut Pria dengan CatokanPexels/cottonbro

Cara meluruskan rambut pria dengan catokan selanjutnya adalah mengeringkan total rambut kamu sebelum mencatoknya. Cara paling mudah dan efektif adalah menggunakan hair dryer.

Gunakan pengaturan panas yang paling rendah terlebih dahulu sambil meratakannya dengan menyisir rambut menggunakan jari. Jika dirasa kurang panas, tambahkan ukuran panas sedikit demi sedikit. Hindari suhu hair dryer yang terlalu panas karena menimbulkan risiko rambut rusak.

4. Mulai proses mencatok rambut dengan cara ini

Catat Bro, 5 Cara Meluruskan Rambut Pria dengan CatokanPixabay/uniquevschic

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah menghidupkan catokan dan membiarkannya panas terlebih dahulu. Sebaiknya gunakan pengaturan suhu paling rendah terlebih dahulu untuk menghindari rambut rusak karena bersentuhan langsung dengan besi catokan yang panas. Naikkan suhu sedikit demi sedikit hingga dirasa paling tepat untuk rambut kamu.

Pertama, catok bagian depan rambut terlebih dahulu. Mulai dari bagian dekat dahi hingga menuju ke ujung rambut. Gunakan sisir untuk membantu menahan rambut agar lebih mudah dicatok. Catok rambut dengan satu arah agar hasilnya lebih rapi.

Jika ada bagian rambut kamu yang lebih bergelombang atau keriting, kamu bisa menahan catokan di bagian tersebut beberapa detik agar panas lebih terpancar di area rambut yang lebih keriting.

Catok seluruh rambut hingga menjadi lebih lurus, dan pastikan semua rambut tercatok dengan baik. Jangan sampai ada beberapa bagian rambut yang belum tercatok sempurna sehingga masih terlihat agak bergelombang dibanding rambut di area lainnya yang sudah lebih lurus karena dicatok.

5. Gunakan hair spray untuk menyempurnakan rambut lurus kamu

Catat Bro, 5 Cara Meluruskan Rambut Pria dengan CatokanPexels/Thgusstavo Santana

Setelah seluruh rambut kamu sudah dicatok, cara meluruskan rambut pria dengan catokan selanjutnya adalah dengan menatanya menggunakan sisir. Tata rambut lurus kamu dengan sisir agar hasilnya sempurna. 

Lalu untuk sentuhan terakhir, kamu bisa menggunakan hair spray pada rambut yang sudah kamu catok untuk mempertahankan rambut kamu lurus lebih lama, dan mempertahankan gaya rambut yang sudah kamu tata menggunakan sisir.

Jika kamu belum terbiasa, tenang saja. Dengan mempelajari cara meluruskan rambut pria dengan catokan di atas, bisa mudah kamu lakukan di rumah, bro. 

Baca Juga: Jangan Sembarangan, 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Catok Rambut

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya