Comscore Tracker

5 Cara Merawat Kulit Kepala Berminyak, Sehat dan Bebas Ketombe!

Segera lakukan supaya makin nyaman

Kulit kepala berminyak menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe yang membandel. Tidak hanya dialami oleh cewek, bahkan cowok dengan rambut mereka yang pendek juga sering mengalaminya.

Munculnya ketombe bukan tidak mungkin justru akan membuat kamu tampil tidak percaya diri. Untuk itu, harus ada penyelesaian yang dilakukan secara maksimal supaya kamu terhindari dari hal buruk tersebut.   

Jangan takut, ini ada beberapa cara merawat kulit kepala cowok yang berminyak supaya tetap sehat dan bebas dari ketombe. Mau tahu apa saja? Langsung aja simak penjelasannya di bawah ini supaya makin paham. Baca sampai habis, ya!

1. Mencuci rambut secara teratur

5 Cara Merawat Kulit Kepala Berminyak, Sehat dan Bebas Ketombe!ilustrasi pria (pexels.com/satorutakamatsu)

Memiliki kulit kepala berminyak membuat rambut lebih cepat lepek dan terasa tidak nyaman. Apalagi pada rambut pendek cowok yang akan lebih terlihat sekali jika dibandingkan rambut cewek yang panjang.

Sebaiknya jangan terlalu sering keramas jika kamu memiliki kulit kepala berminyak. Biasanya jika kamu sering keramas, justru produksi minyak pada kulit kepala mudah meningkat.

2. Lakukan pencucian rambut dengan benar

5 Cara Merawat Kulit Kepala Berminyak, Sehat dan Bebas Ketombe!produk shampo cowok (tokopedia.com)

Selain tidak sering-sering mencuci rambut, sebaiknya pada saat pencucian tersebut kamu bisa melakukannya dengan baik dan benar. Pada saat menggunakan sampo, bilas secara bersih setelah beberapa menit didiamkan.

Bila perlu, kamu bisa menggunakan air dingin pada saat keramas supaya tidak memancing produksi minyak berlebih nantinya. Kulit kepala juga nantinya lebih terasa segar dan nyaman jika menggunakan air dingin saat keramas.

3. Siasati dengan sampo kering

5 Cara Merawat Kulit Kepala Berminyak, Sehat dan Bebas Ketombe!ilustrasi pria (pexels.com/treeoflifeseeds)

Dengan tidak sering keramas, pasti ada suatu ketidaknyamanan pada rambut. Kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan jenis sampo kering. Hal ini juga akan membantu kulit kepala kamu terbebas dari ketombe.

Caranya juga gak sulit. Gunakan sampo kering pada saat kamu tidak keramas. Satu minggu bisa saja keramas 2 sampai 3 kali, dan selebihnya bisa menggunakan sampo kering. Yang penting kamu konsisten dalam melakukannya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serum untuk Melebatkan Rambut Pria, Rambut Rontok Lenyap

4. Lakukan perawatan setelah keramas

5 Cara Merawat Kulit Kepala Berminyak, Sehat dan Bebas Ketombe!ilustrasi pria (pexels.com/johndiez)

Walau tidak harus sering keramas, sebaiknya jangan lewatkan untuk melakukan perawatan kulit kepala berminyak tersebut. Lakukan pemijatan setelah keramas dan gunakan pula kondisioner supaya kulit kepala tetap ternutrisi dengan baik.

Jika perlu, pilihlah jenis kondisioner yang mamang mampu menghidrasi kulit kepala dengan baik. Sesekali juga kamu perlu memberikan treatment pada kulit kepala dengan purifying shampoo.

5. Batasi penggunaan produk perawatan rambut supaya tidak berlebihan

5 Cara Merawat Kulit Kepala Berminyak, Sehat dan Bebas Ketombe!ilustrasi konditioner (pexels.com/karolinagrabowska)

Masalah kulit kepala berminyak sebaiknya memang perlu perlakuan khusus yang salah satunya dengan mengurangi penggunaan produk perawatan secara berlebihan. Hal ini demi menghindari kerusakan kulit kepala lebih parah lagi nantinya.

Selain itu, penggunaan hair dryer juga sebaiknya mampu dibatasi dengan baik. Rasa panas yang dihasilkan oleh hair dryer tersebut bisa membuat produksi minyak pada kulit kepala berlebih nantinya.  

Itulah beberapa cara merawat kulit kepala berminyak dengan benar. Tertarik untuk mencobanya? Tidak sulit untuk dilakukan. Semoga berhasil.

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Rambut Pria Supaya Tidak Mudah Berminyak, Cek Bro!

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya