Comscore Tracker

Pengin Brewokan dan Terlihat Macho? Simak 6 Kunci Rahasia Suksesnya  

Brewok itu bisa tumbuh asal kita tau cara menumbuhkannya!

Zaman sekarang brewok sudah menjadi tren baru di kalangan pria di seluruh dunia.  Namun masalahnya sebagian besar pria Indonesia tidak memiliki gen brewok yang bagus dan hanya sebagian kecil saja yang memilikinya.

Tentunya hal ini dipengaruhi oleh faktor gen orang asia tenggara yang berbeda jika dibandingkan dengan orang dari daerah lain terutama dari timur tengah. Sehingga mereka tidak akan susah payah untuk menumbuhkan brewok yang lebat.

Jika kamu tahu rahasia cara menumbukannya, brewok pun akan bisa tumbuh di wajahmu walau gen yang kamu miliki kurang mendukung. Simak langkah suksesnya.

1. Menggunakan produk obat penumbuh rambut 

Pengin Brewokan dan Terlihat Macho? Simak 6 Kunci Rahasia Suksesnya  beardresource.com

Obat yang telah terbukti mampu menumbuhkan brewok pada pria dan nama obat tersebut adalah minoxidil. Obat ini sudah terkenal sekali sebagai obat penumbuh rambut untuk pencegahan kebotakan pada kepala. Minoxidil sendiri merupakan jenis obat yang cara penggunaannya dioleskan ke permukaan kulit. Untuk dosis penggunaan yang dianjurkan untuk pria adalah minoxidil dengan kadar 5% dan digunakan 1 atau 2 kali sehari.

Kamu bisa mengoles minoxidil pada pagi dan malam hari setelah tidur. Sebagai catatan, setelah mengoles harus didiamkan selama 3 sampai 4 jam supaya kandungannya meresap maksimal ke dalam kulit, baru setelah itu kamu boleh membersihkannya. Selain menggunakan minoxidil, kamu juga bisa membarenginya dengan mengonsumsi suplemen bernama Biotin yang merupakan jenis vitamin yang banyak manfaatnya untuk kesehatan kulit dan pertumbuhan rambut.

2. Booster pertumbuhan brewokmu dengan beard oil

Pengin Brewokan dan Terlihat Macho? Simak 6 Kunci Rahasia Suksesnya  blog.tefal.co.uk

Penggunaan beard oil dalam proses pertumbuhan brewok akan sangat membantu mempercepat transisi kematangan rambut dari fase vellus menuju fase terminal. Selain membantu proses pertumbuhan brewok, beard oil juga memiliki fungsi lainnya seperti membantu melembapkan kulit dan rambut yang kering akibat penggunaan minoxidil, mengurangi iritasi dan ketombe pada brewok, dan juga menjaga supaya brewok bisa tumbuh dengan sehat.

Lalu bagaimana saya bisa mendapatkan beard oil? Kamu gak perlu khawatir karena sudah banyak sekali produk-produk beard oil yang dijual di internet, baik itu lewat online shop di Instagram maupun market place yang tersedia. Namun sebenarnya kamu juga bisa loh bikin sendiri. Kamu hanya perlu tahu minyak apa saja yang memiliki nutrisi baik untuk rambut contohnya seperti minyak jojoba, argan, castor, sweet almond , dan jenis minyak lainnya.

3. Menggunakan dermaroller supaya brewokmu menjadi lebih sempurna

Pengin Brewokan dan Terlihat Macho? Simak 6 Kunci Rahasia Suksesnya  beardresource.com

Penggunaan dermaroller untuk tujuan menumbuhkan brewok sangat mudah digunakan. Caranya, sebelum kamu menggilas alat tersebut di kulit wajah yang ingin ditumbuhi rambut, dermaroller harus direndam terlebih dahulu dalam cairan alkohol supaya steril dan jangan lupa cuci juga wajahmu sebelum ritual menggilas. Ukuran jarum yang direkomendasikan berukuran 0,2 – 1.0 mm karena ukuran ini sangat aman untuk penggunaan mandiri atau pribadi dan ukuran yang sangat dianjurkan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut baru.

Kamu gilas dermaroller di area brewok yang masih jarang-jarang. Jika telah selesai maka cuci dan rendam dermaroller pakai alkohol supaya tetap steril. Diamkan wajahmu selama 24 jam setelah proses tersebut. Selama 24 jam setelah kamu pakai dermaroller kamu tidak boleh mengaplikasikan minoxidil karena dikhawatirkan akan mengalami efek iritasi yang tidak diinginkan. Setelah menunggu lebih dari 1 hari kamu boleh melanjutkan kembali aktivitas mengoles. Penggunaan alat ini bisa digunakan 1 kali seminggu.

Baca Juga: 5 Tips Menumbuhkan Jenggot dan Brewok, Tambah Maskulin!

4. Pendekin brewokmu pakai trimmer, jangan cukur habis pakai pisau cukur

Pengin Brewokan dan Terlihat Macho? Simak 6 Kunci Rahasia Suksesnya  malesensepro.com

Jika rambut yang tumbuh malah terlihat tidak rapi dan mengganggu penampilan, maka kamu cukup pendekin saja brewokmu menggunakan alat cukur trimmer dengan ukuran yang kamu inginkan. Fungsi lain dari trimming ini selain merapikan adalah membantu supaya pengaplikasian minoxidil dan beard oil jauh lebih mudah menjangkau area kulit yang ditutupi oleh rambut sehingga proses penyerapan menjadi lebih maksimal. Jika rambut sudah mencapai fase terminal akhir atau rambut tebal, tidak akan jadi masalah jika kamu ingin melakukan shaving karena brewokmu sudah dikatakan permanen.

5. Biasakan pola hidup sehat supaya hormon testosteronmu meningkat 

Pengin Brewokan dan Terlihat Macho? Simak 6 Kunci Rahasia Suksesnya  pixabay.com/Shishirpal

Pertama kamu harus mulai rajin berolahraga. Untuk jenis olahraga yang paling direkomendasikan adalah olahraga angkat beban dan interval training. Selanjutnya diet sehat dan makan makanan yang bergizi. Selain itu, kamu juga perlu mendapatkan asupan makanan bergizi yang kaya nutrisi dan mineral yang baik untuk pertumbuhan rambut seperti telur, daging, kacang-kacangan dan jenis makanan lainnya terutama mengandung banyak vitamin D, vitamin E, biotin, zinc, juga boron. Dan tips terakhir adalah dengan istirahat yang cukup serta hindari begadang.

6. Sabar dan konsisten karena tumbuhnya brewok juga perlu waktu 

Pengin Brewokan dan Terlihat Macho? Simak 6 Kunci Rahasia Suksesnya  Unspash/shotbyrez

Kunci sukses paling utama dalam proses menumbukan brewok adalah sabar dan konsisten. Progres menumbuhkan brewok bagi setiap orang itu berbeda-beda, ada yang cepat 3 bulan sudah ada hasilnya, bahkan ada yang sangat lambat sampai memakan waktu lebih dari 1 tahun. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah gen, usia, juga pola hidup sehat.

Kamu hanya perlu sabar dan konsisten dalam menjalankan setiap ritual oles tersebut, walaupun menjenuhkan dan mungkin kamu merasa malas. Jika kamu benar-benar memiliki motivasi dan keinginan yang kuat, impian memiliki brewok akan menjadi kenyataan.

Baca Juga: Selain Terlihat Maskulin, Ini 6 Manfaat Punya Brewok Bagi Kesehatan

Roni Yuliyanto Photo Writer Roni Yuliyanto

Aku Cinta Kamu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya