Comscore Tracker

5 Area Dasar Grooming untuk Pria, Biar Penampilan Makin Memikat!

Efektif memperlancar first impression

Merawat diri biasa dilakukan pria untuk menjaga kebersihan dan kerapian. Gak melulu mandi dan menyemprotkan parfum, pria juga butuh yang namanya grooming alias perawatan khusus pria.

Dari sisi kondisi dan kebutuhan, tentunya perawatan kamu pria tidak sama dengan kaum perempuan. Meski grooming penting dilakukan, tahu gak kalau ada area dasar grooming untuk pria yang perlu diperhatikan?

Salah melakukan grooming atau bahkan melakukannya secara berlebihan gak hanya berimbas pada penampilan, tapi juga rasa percaya diri. Tanpa panjang lebar lagi, simak deretan lima area dasar grooming untuk pria berikut ini, Bro!

Baca Juga: 13 Penyebab Ketombe pada Pria yang Wajib Kamu Ketahui, Cepat Atasi!

1. Kulit

5 Area Dasar Grooming untuk Pria, Biar Penampilan Makin Memikat!Kulit sebagai area dasar grooming untuk pria (freepik.com)

Kulit menjadi fokus utama area dasar grooming untuk pria dalam merawat diri sehari-hari. Melakukan perawatan kulit tubuh sama pentingnya dengan perawatan kulit wajah, terlebih wajah cenderung menjadi hal pertama yang diperhatikan.

Beda tipe wajah tentunya beda juga perawatan yang dibutuhkan. Selain rajin mencuci muka, usahakan untuk rutin bercukur dan mengaplikasikan skincare khusus pria.

Adapun perawatan kulit tubuh dapat membuat kulit tampak sehat dan terawat sehingga terkesan lebih muda. Yang penting diingat, kulit terawat gak selalu harus tampil putih kinclong, melainkan tampak bersih dan tidak kusam.

2. Rambut

5 Area Dasar Grooming untuk Pria, Biar Penampilan Makin Memikat!Rambut sebagai area dasar grooming untuk pria (freepik.com)

Meski dikenal sebagai mahkota rambut perempuan, rambut nyatanya juga mempengaruhi penampilan pria. Sebagai area dasar grooming untuk pria, rambut perlu dirawat sesuai dengan jenisnya, yaitu rambut lurus, bergelombang, ikal, dan keriting. 

Gak cuma keramas, kamu juga bisa melakukan hair waxing dan menggunakan produk hair styling, misalnya pomade dan clay, untuk menatanya. Agar kesehatan rambut tetap terjaga, hindari penggunaan produk hair styling yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Baca Juga: 10 Tips Pria Tampil Rapi yang Sayang Dilewatkan, Cobain Bro!

3. Bulu wajah

5 Area Dasar Grooming untuk Pria, Biar Penampilan Makin Memikat!Bulu wajah sebagai area dasar grooming untuk pria (freepik.com)

Tak hanya kulit wajah, penting bagi pria untuk memelihara kerapian bulu wajah. Perawatan area dasar grooming untuk pria ini membuat penampilan lebih terawat sehingga doi nyaman bersamamu, Bro!

Menariknya, area dasar grooming untuk pria ini tidak hanya berlaku untuk kumis dan jambang, tapi juga bulu hidung. Merawat kumis dan jambang idealnya dilakukan dengan mencukur atau merapikannya. Kamu pilih mana, Bro?

4. Tubuh bagian luar

5 Area Dasar Grooming untuk Pria, Biar Penampilan Makin Memikat!Tubuh bagian luar sebagai area dasar grooming untuk pria (freepik.com)

Berbicara soal grooming pastinya gak jauh-jauh dari tubuh yang terlihat di luar. Area dasar grooming untuk pria ini terdiri dari bulu ketiak, bulu dada, bulu kaki, kuku, bibir, gigi, dan pusar.

Meski tidak terlihat secara langsung, bukan berarti kamu bisa mengabaikan grooming tubuh bagian luar. Kaum hawa biasa menilai penampilanmu secara keseluruhan, termasuk detail-detail yang kamu anggap sepele. Karenanya, penting merawat area dasar grooming untuk pria ini demi menarik lawan jenis dan menjaga kesehatan tubuh.  

Baca Juga: 10 Cara Agar Rambut Mudah Diatur untuk Pria, Catat!  

5. Aroma tubuh

5 Area Dasar Grooming untuk Pria, Biar Penampilan Makin Memikat!Aroma tubuh sebagai area dasar grooming untuk pria (canva.com)

Siapa bilang area dasar grooming untuk pria hanya mencakup anggota tubuh? Nyatanya, aroma tubuh juga perlu diperhatikan, Bro! Gimana gak, sekeren apa pun penampilanmu, dijamin gak ada apa-apanya bila badan bau asem.

Area dasar grooming untuk pria ini terbagi dalam tiga kategori, yaitu aroma keseluruhan tubuh, aroma ketiak, dan aroma mulut. Untuk perawatan aroma tubuh dan ketiak, sebaiknya gunakan antiperspirant dan parfum. Adapun perawatan grooming yang ideal untuk aroma mulut adalah menggosok gigi tiga kali sehari, menggunakan mouthwash, dan flossing.

Mengetahui lima area dasar grooming untuk pria ini memudahkanmu dalam menentukan pilihan perawatan yang tepat. Selain menjaga kebersihan tubuh, melakukan grooming mampu menambah kepercayaan diri dan menciptakan kesan pertama yang menarik, lho.

Baca Juga: 6 Perbedaan Clay dan Pomade yang Utama, Jangan Asal Pakai!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya