6 Kesalahan Pria dalam Mencuci Muka yang Bikin Grooming Gagal Total

Kamu pasti sering melakukannya nih! 

Masih banyak kaum pria yang kurang pedulu merawat kesehatan wajah. Banyak dari mereka yang merawat wajah hanya dengan mencuci muka saja. Namun tanpa disadari mereka masih sering melakukan kesalahan-kesalahan sehingga membuat hasil yang didapatkan tidak sesuai harapan.

Jika kamu para cowok rajin menggunakan perawatan wajah, agar gak sia-sia, coba hindari enam kesalahan berikut saat cuci muka. Karena wajah bersih kunci dari kesehatan kulit.

1. Gerakan yang asal-asalan

6 Kesalahan Pria dalam Mencuci Muka yang Bikin Grooming Gagal Totalpinterest.es

Sebenarnya tidak ada gerakan yang dikhususkan ketika kamu mencuci muka. Tapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu memijat-mijat wajah dan bagian yang ingin kamu bersihkan dalam waktu yang agak lama agar kamu pun bisa merasakan manfaat dari mencuci muka itu sendiri.

2. Menggunakan sabun yang salah

6 Kesalahan Pria dalam Mencuci Muka yang Bikin Grooming Gagal Totalkapicor.pw

Saking gak mau ribetnya sebagian pria terkadang memilih cuci muka menggunakan sabun mandi atau sabun yang tidak semestinya dipakai untuk mencuci muka. Padahal meskipun nampak bersih, penggunaan ini tetaplah salah dan justru bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan kulit wajah.

3. Tidak membersihkan tangan sebelum mencuci muka

6 Kesalahan Pria dalam Mencuci Muka yang Bikin Grooming Gagal Totalblog.bulletproof.com

Tujuan kamu mencuci muka pasti untuk membuat wajah bersih bukan? Nah jika kamu menggunakan tangan yang kotor, alhasil bakteri yang bersarang di tangan malah akan pindah ke bagian wajah. Jadi sebelum mencuci muka, pastikan dulu tanganmu bersih dan bebas kuman.

Baca Juga: 6 Rangkaian Skincare Cowok untuk Cuci Muka di Pagi Hari

4. Mengeringkan wajah dengan handuk yang tidak bersih

6 Kesalahan Pria dalam Mencuci Muka yang Bikin Grooming Gagal Totalfairymines.com

Sama halnya seperti tangan yang kotor, handuk yang tidak bersih dan kurang steril juga bisa membuat kuman banyak berpindah ke wajah. Percuma saja kamu membersihkan wajah dengan cuci muka bila setelah itu kamu memberi jalan bagi bakteri untuk kembali masuk saat mengeringkan wajahmu dengan handuk. Mending keringkan muka dengan tisu baru.

5. Menggosok-gosok wajah terlalu kasar dengan handuk

6 Kesalahan Pria dalam Mencuci Muka yang Bikin Grooming Gagal Totalthemanual.com

Setelah mencuci muka, kamu tidak perlu menggosok-gosok wajah terlalu kasar untuk membuatnya cepat kering, karena hal itu malah bisa membuat kulit wajah terkelupas bahkan iritasi. Cukup tepuk-tepuk saja atau gunakan tisu yang bertekstur lembut.

6. Tidak tau waktu

6 Kesalahan Pria dalam Mencuci Muka yang Bikin Grooming Gagal Totalskmen.com

Cuci muka sebenarnya tidak perlu terlalu sering tapi juga tidak bisa semau kamu saja. Minimal lakukanlah pada malam hari sebelum tidur agar bakteri dan minyak yang menempel kala beraktivitas bisa terangkat dan pagi hari agar kulit wajah bersih dan segar.

Dari berbagai kesalahan ini, mana yang sering kamu lakukan? Coba deh diperbaiki agar kulit wajah bersih sempurna.

Baca Juga: 7 Cara Cuci Muka yang Paling Benar Demi Kulit Wajahmu yang Lebih Sehat

Siti Andini Photo Verified Writer Siti Andini

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You