Comscore Tracker

5 Tips Merawat Rambut Keriting Pria agar Tetap Sehat, Simpel!

#IDNTimesMen Bye bye rambut kering dan kusut!

Mempunyai rambut keriting, diperlukan perhatian ekstra untuk merawatnya. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh para pemilik rambut keriting adalah kering, kusut dan sulit diatur. Jika tetap dibiarkan, maka lambat laun rambut akan menjadi semakin rusak. Untuk mengatasinya, maka kamu perlu melakukan beberapa serangkaian perawatan pada rambut keritingmu, bro!

Nah, berikut ada lima tips merawat rambut keriting yang bisa kamu praktekkan. Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Rapikan rambut menggunakan sisir bergigi jarang atau detangled brush secara teratur

5 Tips Merawat Rambut Keriting Pria agar Tetap Sehat, Simpel!Pria berambut keriting (unsplash.com/Hamza NOUASRIA)

Seperti yang kita tahu, rambut keriting lebih mudah kusut. Terlebih, dalam keadaan basah. Dalam keadaan basah, batang rambut akan rapuh, kering, dan mudah patah. Oleh karena itu, sebelum keramas atau melakukan aktivitas di luar rumah, lebih baik kamu merapikan rambut menggunakan sisir bergigi jarang atau detangled brush.

Sisir bergigi jarang akan membantumu dalam merapikan rambut. Karna teksturnya yang unik, rambut keritingmu akan mudah rontok jika dirapikan menggunakan sisir bergii rapat. Maka, akan lebih baik merapikannya menggunakan bergigi jarang atau detangled brush.

2. Cuci rambutmu dengan cara yang benar

5 Tips Merawat Rambut Keriting Pria agar Tetap Sehat, Simpel!Pria berambut keriting (unsplash.com/Carlos Arthur M.R)

Keramas merupakan salah satu perawatan rambut keriting yang perlu untuk diperhatikan. Agar rambut keritingmu tidak mudah rusak, sebaiknya gunakan sampo non-sulfate yang mampu mencegah hilangnya minyak alami di kulit kepala. Agar rambut tidak kering, sebaiknya keramas 2-3 kali seminggu.

Keramas dengan cara menggosok kulit kepala dengan kencang berpotensi membuat rambut keritingmu menjadi kusut. Kamu bisa mengaplikasikan shampoo pada kulit kepala. Lalu, bersihkan kulit kepala dengan cara menyekanya perlahan. Setelah merata, bawa busa shampoo ke seluruh rambut dengan cara memijat lembut.

Baca Juga: 5 Tips Perawatan Kulit untuk Pria yang Gemar Traveling

3. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner saat keramas

5 Tips Merawat Rambut Keriting Pria agar Tetap Sehat, Simpel!Pria berambut keriting (unsplash.com/Fineas Anton)

Memastikan rambut keritingmu agar tetap lembap menjadi sebuah keharusan. Jika rambutmu lembab, maka akan mudah diatur. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan kondisioner secara rutin saat keramas. Penggunaan kondisioner mampu membuat rambut tetap terjaga kelembapan dan kehalusannya.

Kamu juga perlu memilih kondisioner dengan hati-hati. Pilihlah kondisioner yang mengandung kelapa. Hindari penggunaan kondisioner yang mengandung silikon. Penggunaan kandungan silikon pada kondisioner, dapat merusak rambut jiga digunakan secara terus-menerus.

4. Keringkan rambutmu yang basah dengan handuk halus

5 Tips Merawat Rambut Keriting Pria agar Tetap Sehat, Simpel!Pria berambut keriting (unsplash.com/Brock Wegner)

Meski terkesan sepele, namun handuk yang kamu pakai untuk mengeringkan rambut ternyata memberikan pengaruh besar. Apabila kamu memakai handuk yang kasar, rambut akan mengembang dan sulit diatur.

Setelah keramas, gunakan kain berbahan katun atau handuk microfiber untuk memeras air berlebih di rambut. Ketika memakainya, usahakan untuk menggosok rambut. Tepuk-tepuk saja handuk tersebut di rambutmu agar kondisi rambut tidak semakin mengembang.

5. Hindari memakai styling tools

5 Tips Merawat Rambut Keriting Pria agar Tetap Sehat, Simpel!Pria berambut keriting (unsplash.com/Roman Shilin)

Jika kamu memiliki rambut keriting, sebaiknya hindari penggunaan alat-alat styling. Panas tinggi pada alat styling bisa menyebabkan rambut rusak, rapuh, dan kehilangan keriting alami. Penggunaan alat-alat styling juga akan membuat rambutmu menjadi kusut dan kehilangan kelembaban rambut. Jika tidak ingin rambut keriting indahmu menjadi kusut dan susah diatur, maka hindari penggunaan hairdryer ataupun catokan.

Itulah tadi lima tips merawat rambut keriting untuk pria. Lima tips di atas mudah banget untuk dipraktekkan sendiri di rumah lho, bro!

Baca Juga: Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Styling!

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya