Comscore Tracker

Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Styling!

#IDNTimesMen Bisa kamu praktikkan sendiri di rumah!

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti pernah melakukan styling pada rambutmu. Mulai dari mewarnai, menggunakan hair dryer, hingga menggunakan pomade. Namun siapa sangka jika hal tersebut justru dapat merusak rambut, lho.

Jika tidak diimbangi dengan perawatan rambut yang benar, kondisi tersebut bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Nah, berikut ada lima tips mengatasi rambut rusak akibat styling yang bisa kamu lakukan. Gak perlu repot-repot ke salon, kamu bisa mempraktikkannya sendiri di rumah, bro!

1. Kurangi penggunaan ala-alat styling

Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Styling!Penggunaan alat styling (unsplash.com/delfina pan)

Jika setiap hari kamu menggunakan alat-alat styling seperti hair dryer, maka wajib banget mengurangi frekuensi penggunaannya. Bukan sebuah rahasia, jika alat-alat styling kerap menyebabkan rambut terlihat kering dan rusak. Selain itu, juga dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. 

Menghindari pemakaian alat styling akan membantumu mengurangi kerusakan rambut agar tidak semakin parah. Rambutmu juga membutuhkan perlindungan seperti heat protection spray. Spray tersebut akan menciptakan penghalang yang akan melindungi rambut dari bahaya suhu panas alat styling.

2. Kamu bisa menggunakan sampo khusus rambut rusak

Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Styling!Styling rambut (unsplash.com/Mostafa Meraji)

Diperlukan perhatian khusus saat rambut sedang rusak. Salah satunya dengan menggunakan sampo khusus. Kamu dapat memilih sampo yang memiliki formula untuk mengatasi rambut rusak.

Sebaiknya, gunakan sampo yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti zinc, magnesium, vitamin, dan protein lainnya. Selain itu, cobalah atur frekuesi keramas. Melakukan keramas setiap hari tidak baik untuk rambut. Hal tersebut dapat mengurangi kelembapan rambut dan menjadikannya kering serta mudah rapuh.

3. Rawat dengan menggunakan vitamin rambut

Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Styling!Penggunaan vitamin rambut (unsplash.com/Mostafa Merajai)

Penuhi nutrisi rambutmu dengan menggunakan vitamin. Salah satu cara untuk mencegah agar kerusakan rambut tidak semakin parah karena proses styling adalah mengimbanginya dengan perawatan yang tepat. Kamu bisa menggunakan vitamin rambut nih, bro!

Vitamin tersebut akan menutrisi serta membuat rambut menjadi lebih lembap. Kalau rambutmu rusak akibat styling, coba deh gunakan vitamin rambut sebagai salah satu rangkaian perawatannya.

Baca Juga: Catat Bro, 5 Tips Mencuci Celana Jeans Anti Rusak

4. Gak cukup vitamin, kamu bisa melakukan serangkaian perawatan rambut

Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Styling!Styling rambut (unsplash.com/Louisse Lemuel Enad)

Kamu harus menyeimbangkan antara penggunaan alat styling setiap hari dengan perawatan rutin. Selain vitamin rambut, kamu bisa melakukan creambath, hair mask, conditioner, moisturizer, atau hair serum.

Walaupun rangkaian perawatan tersebut identik dilakukan oleh cewek, namun hal tersebut dapat membantumu mengatasi rambut rusak. Kamu juga bisa mengunakan bahan alami untuk membantu menjaga kesehatan rambut, seperti lidah buaya ataupun olive oil.

5. Jangan lupa untuk trimming rambut secara teratur

Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Styling!Trimming rambut (unsplash.com/Andrew Coop)

Merapikan rambut setiap sebulan sekali bisa meminimalisir rusaknya rambut. Terlebih jika kamu sering menggunakan alat-alat styling, ujung rambutmu akan mudah rusak.

Rambut gondrong atau pendek, sebaiknya lakukan trim secara teratur. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah rambut bercabang. Dengan menggunting atau memotongnya, kerusakan di ujung rambut tidak akan bertambah parah.

Itulah tadi lima tips mengatasi rambut rusak akibat styling yang berlebihan. Coba deh kamu ikuti tips di atas! Dijamin, rambutmu akan sehat lagi, bro!

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Gaya Rambut Ini Ternyata Bisa Merusak Kesehatan Rambut

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya