Comscore Tracker

5 Cara Alami Mengatasi Kulit Pria yang Iritasi, Mudah Banget!

Gak perlu bingung untuk mengatasinya! #IDNTimesMen

Iritasi merupakan salah satu masalah kulit yang cukup sering terjadi pada pria. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi. Mulai dari terkena paparan sinar matahari secara berlebihan hingga salah memilih produk perawatan kulit. Jika tidak diatasi secara benar, iritasi tersebut bisa menjadi lebih parah.

Jika kamu sedang mengalami iritasi, gak perlu khawatir! Berikut ada lima cara mudah mengatasinya dengan bahan alami. Yuk, baca pembahasannya sampai habis.

1. Kompres dengan air dingin

5 Cara Alami Mengatasi Kulit Pria yang Iritasi, Mudah Banget!Ilustrasi merawat kulit sensitif (pexels.com/Monstera)

Langkah pertama yang mudah dilakukan saat kulit mulai iritasi adalah mengompresnya dengan air dingin. Selain memberikan sensasi dingin yang menenangkan, cara satu ini ampuh meredakan rasa gatal yang timbul.

Caranya mudah banget, cukup basahi kain atau handuk bersih dengan air dingin. Lalu, kamu bisa mulai mengompres area kulit yang mengalami iritasi selama 5-10 menit. 

2. Soda kue

5 Cara Alami Mengatasi Kulit Pria yang Iritasi, Mudah Banget!Ilustrasi soda kue (pexels.com/Kaboompics .com)

Tahukah kamu jika soda kue dianggap sebagai cara mengatasi kulit iritasi yang efektif? Kandungan zat antijamur pada soda kue dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan penyebab iritasi kulit yang terasa gatal.

Kamu bisa menuangkan baking soda ke dalam bak berisi air hangat sebelum mandi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker dari soda kue. Tinggal campurkan soda kue dan sedikit air, lalu aduk merata hingga menjadi masker. 

3. Minyak Zaitun

5 Cara Alami Mengatasi Kulit Pria yang Iritasi, Mudah Banget!Ilustrasi olive oil (pexels.com/Pixabay)

Gak perlu diragukan lagi, minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit. Salah satunya untuk mengatasi gatal-gatal di wajah akibat efek iritasi. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat membantu menyembuhkan dan meregenerasi kulit.

Caranya, campurkan minyak zaitun dengan madu. Kemudian, oleskan pada kulit wajah yang gatal. Cara ini dapat kamu lakukan dua kali dalam sehari selama kulit wajah masih gatal.

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare Terbaik untuk Pria, Bikin Kulit Makin Cerah!

4. Mentimun

5 Cara Alami Mengatasi Kulit Pria yang Iritasi, Mudah Banget!Ilustrasi mentimun (pexels.com/Angele J)

Mentimun memiliki kandungan air sebanyak 95, 2 persen, potasium serta fisetin pada yang dapat memberikan efek dingin pada kulit. Hal tersebut berfungsi meredakan rasa gatal dan sakit di kulit akibat iritasi.

Kamu bisa mencampurkan mentimun dengan sedikit madu. Apabila cara ini dilakukan secara rutin dan teratur, mentimun juga dapat berfungsi menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah.

5. Lidah buaya

5 Cara Alami Mengatasi Kulit Pria yang Iritasi, Mudah Banget!Ilustrasi lidah buaya (unsplash.com/pisauikan)

Kandungan vitamin C, A, serta E dalam lidah buaya memiliki efek dingin sehingga cocok dijadikan obat untuk atasi iritasi. Selain itu, lidah buaya bermanfaat sebagai antioksidan dalam mencegah radikal bebas akibat paparan polusi udara.

Cara menggunakan lidah buaya untuk atasi iritasi kulit terbilang mudah, Bro. Belah sebatang lidah buaya menjadi dua, kemudian ambil gel yang terdapat di dalamnya. Setelah itu, tempelkan gel lidah buaya pada bagian kulit yang terkena iritasi.

Itulah lima cara alami mengatasi kulit pria yang mengalami iritasi. Kelima cara tersebut mudah banget dilakukan dan bahan yang digunakan pun mudah ditemui. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serum Wajah Pria dengan Niacinamide, Bye Kulit Kusam!

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya