Comscore Tracker

Bro, 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mencukur

Ternyata shaving gak boleh asal, lho!

Bagi cowok, mencukur atau shaving sudah menjadi kebiasaan yang cukup sering dilakukan. Shaving gak cuma bisa dilakukan di salon saja, tetapi kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Sebenarnya, shaving bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Kamu bisa melakukannya hanya dalam waktu 5-10 menit saja.

Walaupun begitu, ternyata ada beberapa hal yang patut kamu perhatikan sebelum melakukan shaving. Seperti lima hal berikut ini!

1. Kamu harus mengenali jenis kulitmu terlebih dahulu!

Bro, 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mencukurpexels.com/Nick Demou

Setiap cowok, pasti memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang memiliki jenis kulit yang tebal dan kuat. Namun, ada juga yang punya kulit tipis dan sensitif. Ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu jenis kulitmu sebelum melakukan shaving.

Hal tersebut dikarenakan proses shaving dapat membuat kulit terluka akibat gesekan alat cukur. Apabila kulitmu termasuk tipis dan sensitif, ada baiknya menggunakan tambahan krim cukur. Jika tidak, maka proses shaving dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup intens.

2. Perhatikan juga ketajaman alat yang akan dipakai untuk shaving!

Bro, 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mencukurunsplash.com/Supply

Ketajaman pisau dapat mempengaruhi hasil yang akan didapat. Oleh karena itu, kamu juga perlu memperhatikan ketajaman alat yang akan digunakan untuk bercukur. Apabila alat yang digunakan tidak terlalu tajam, maka hal tersebut membuat rambut menjadi susah untuk dipotong.

Alhasil, kulitmu bisa terluka akibat alat shaving yang kurang tajam. Untuk menghindari risiko tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan krim cukur sebelum melakukan shaving!

3. Jika kulitmu terluka akibat proses shaving, sebaiknya ditangani dengan benar, Bro!

Bro, 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mencukurunsplash.com/Supply

Dalam proses shaving, tidak menuntut kemungkinan akan terjadi kesalahan cukur yang dapat mengakibatkan luka di kulit. Apabila hal tersebut terjadi, kamu bisa membersihkannya dengan air ataupun alkohol.

Walaupun lukanya tidak terlalu besar, namun tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan infeksi pada kulit. Oleh karena itu, luka tersebut sebaiknya ditangani dengan benar.

4. Penggunaan krim cukur sangat penting

Bro, 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mencukurunsplash.com/Supply

Sebaiknya sebelum mencukur terlebih dahulu menggunakan krim cukur. Selain bisa mempermudah proses mencukur, krim atau gel cukur juga berfungsi untuk melindungi kulitmu dari goresan pisau cukur. Krim atau gel cukur bisa juga membantu melembapkan kulit, lho. 

Selain itu, jika rambut yang ingin dicukur terlalu panjang, sebaiknya gunting terlebih dahulu hingga tersisa 1 cm. Setelah selesai, jangan lupa untuk mencuci daerah yang telah dicukur. Kemudian keringkan dengan handuk bersih.

5. Selesai mencukur, jangan lupa menggunakan after shave lotion

Bro, 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mencukurpexels.com/Midia

Setelah selesai mencukur, kamu dianjurkan untuk menggunakan after shave lotion. Shave lotion tersebut akan membantu menjaga kelembapan kulit di area yang telah dicukur. Apalagi jika kamu termasuk pria yang memiliki kulit sensitif, maka menggunakan after shave lotion adalah pilihan yang tepat. Selain melembapkan, lotion tersebut juga bisa membuat kulit menjadi halus, lho!

Itulah tadi lima hal yang perlu kamu perhatikan sebelum shaving. Jika kamu melakukan shaving asal-asalan, bisa saja kulit menjadi terluka dan infeksi. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan shaving sesuai prosedur yang benar, ya!

Baca Juga: Tanpa Cukur Alis, 5 Alat Makeup Ini Mampu Tonjolkan Keindahan Alismu

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya