Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pria Saat Mencukur Bulu Kaki

Bulu kaki juga perlu perhatian, bro!

Pria dikenal memiliki bulu yang cukup lebat di bagian kaki. Ada sebagian pria yang merasa risi dengan pertumbuhan bulu yang cepat. Hingga akhirnya, bercukur menjadi pilihan yang bisa dilakukan. Namun, ada beberapa pria yang mencukur bulu kakinya secara asal. Alhasil, kulit menjadi terluka dan iritasi.

Agar cara kamu mencukur bulu kaki tidak keliru, hindari lima kesalahan berikut ini. Baca sampai habis ya, bro!

1. Jarang mengganti pisau cukur

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pria Saat Mencukur Bulu KakiIlustrasi peralatan mencukur (pexels.com/Josh Sorenson)

Kesalahan pertama yang sering dilakukan pria adalah jarang mengganti pisau cukur. Pisau cukur yang jarang diganti justru dapat membahayakan kulit kamu. Selain itu, mata pisau yang tumpul juga dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Jika tidak diganti, pisau cukur tersebut justru membawa bakteri yang menyebabkan infeksi. Sebaiknya, gunakan pisau cukur maksimal 10 kali. 

2. Mencukur terlalu cepat

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pria Saat Mencukur Bulu KakiIlustrasi mencukur bulu kaki (brigitte.de)

Sebaiknya hati-hati ketika mencukur bulu kaki, bro! Walaupun kamu ingin segera menyingkirkan bulu-bulu yang ada di kakimu, sebaiknya lakukan tanpa harus terburu-buru. Terlebih, jika kamu menggunakan pisau cukur baru.

Semakin cepat kamu mencukur, semakin besar potensi kulitmu akan tergores. Ada beberapa bagian di kakimu yang perlu kehati-hatian ekstra ketika mencukur, yakni sekitar lutut dan pergelangan kaki.

3. Menggunakan sabun sebagai pelicin

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pria Saat Mencukur Bulu KakiIlustrasi mencukur bulu kaki (sportaktiv.com)

Memilih sabun sebagai pelicin saat mencukur bulu kaki bukanlah hal yang tepat. Hal tersebut dikarenakan sabun akan menyumbat mata pisau. Sebaiknya, kamu menggunakan krim khusus cukur.

Krim cukur mampu melembutkan bulu, memungkinkan penyerapan air, hingga mengurangi tekanan yang diperlukan untuk mencukur. Dalam keadaan darurat, kondisioner rambut juga bisa jadi pengganti krim cukur.

Baca Juga: 7 Kesalahan Umum ini Biasa Terjadi saat Cukur Rambut Kemaluan, Pernah?

4. Jarang melakukan eksfoliasi

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pria Saat Mencukur Bulu KakiIlustrasi mencukur bulu kaki (fashionhombre.com)

Gak banyak yang tahu jika eksfoliasi dapat mengangkat sel kulit mati. Hal tersebut tentunya dapat mempercepat pembaharuan sel kulit baru yang sehat untuk tumbuh.

Eksfoliasi perlu dilakukan secara rutin sebanyak sekali atau dua kali dalam seminggu. Sebelum bercukur, jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi terlebih dahulu agar proses bercukur lebih mudah.

5. Mencukur dengan arah yang berlawanan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pria Saat Mencukur Bulu KakiIlustrasi mencukur bulu kaki (pexels.com/Sora Shimazaki)

Kamu gak bisa asal mencukur bulu kaki tanpa mengetahui arah pertumbuhannya. Jika kamu mencukur berlawanan arah tumbuhnya bulu, cara tersebut dapat meningkatkan kemungkinan kulit menjadi iritasi. Meski membuat proses mencukur menjadi cepat, namun tindakan tersebut dapat menimbulkan goresan dan luka pada kulit. 

Itulah lima kesalahan yang sering dilakukan pria saat mencukur bulu kaki. Dengan menghindari lima hal tersebut, kamu bisa menjaga kulit kaki agar tetap bersih tanpa meninggalkan bekas iritasi atau luka setelah bercukur, Bro!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Pria Terbaik, Praktis dan Anti Ribet!

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya