Comscore Tracker

5 Tips Mencukur Kumis dan Jenggot yang Benar, Gak Bikin Iritasi!

Jangan sampai justru melukai wajah sendiri, ya

Mencukur kumis dan jenggot mungkin sudah menjadi rutinitas yang dimiliki oleh kebanyakan pria. Tentu saja aktivitas tersebut juga sering dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan alat dan perlengkapan yang ada.

Namun, salah-salah justru bisa mengakibatkan iritasi atau luka pada wajah. Lalu, bagaimana cara mencukur kumis dan jenggot yang benar? Intip dulu caranya.

1. Mencuci wajah

5 Tips Mencukur Kumis dan Jenggot yang Benar, Gak Bikin Iritasi!Unsplash/Safia Shakil

Langkah paling awal yang perlu kamu lakukan adalah dengan mencuci wajah terlebih dahulu. Cucilah wajah dengan menggunakan sabun pencuci wajah dengan benar. Selain untuk menjaga kebersihan wajah, namun langkah ini juga bisa meminimalisir kemungkinan iritasi setelah proses mencukur.

2. Gunakan krim cukur

5 Tips Mencukur Kumis dan Jenggot yang Benar, Gak Bikin Iritasi!Unsplash/Supply

Ada pula beberapa jenis krim cukur yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kulit. Penggunaan krim cukur akan mempermudah proses pencukuran sekaligus menghindari iritasi pada wajah. Dengan begitu, maka mencukur kumis dan jenggot pun bisa lebih lancar.

Baca Juga: Bro, 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mencukur

3. Gunakan pisau tajam

5 Tips Mencukur Kumis dan Jenggot yang Benar, Gak Bikin Iritasi!Unsplash/Josh Sorenson

Tentu saja penggunaan pisau tajam lebih enak digunakan bila dibandingkan dengan pisau tumpul. Kamu pun dapat menghemat waktu pencukuran karena bisa lebih cepat mencukur. Selain itu, pisau yang tajam akan meminimalisir kemungkinanmu terkena ruam akibat pisau cukur lama.

4. Mencukur sesuai arah tumbuh

5 Tips Mencukur Kumis dan Jenggot yang Benar, Gak Bikin Iritasi!Unsplash.com/Supply

Kamu harus tahu arah tumbuh dari kumis atau jenggot yang akan dicukur. Hal ini untuk membantu agar pertumbuhannya dapat merata dan tidak berbeda.

Selain itu, jangan sampai mencukur berulang kali pada satu bagian karena bisa menimbulkan luka. Cukup sekali saja cukuran agar hasilnya maksimal.

5. Gunakan pelembap

5 Tips Mencukur Kumis dan Jenggot yang Benar, Gak Bikin Iritasi!Unsplash.com/Supply

Setelah proses pencukuran pun, kamu perlu menggunakan pelembap. Oleskan lotion pada bagian wajah secara merata. Hal ini juga dilakukan agar wajah tetap halus dan juga tak ruam atau iritasi setelah proses pencukuran.

 

Tentu saja dengan cara dan alat yang tepat, mencukur pun bukan jadi hal yang sulit lagi. Jadi makin tampak maksimal!

Baca Juga: 5 Tips Mencukur Rambut Sendiri di Rumah, Mudah Kamu Coba Bro!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya